Cara Sederhana Menurunkan Kolesterol

Posted in Tips Kesehatan on 28 Oct 2010 Cetak

Apakah dokter mengatakan bahwa kadar kolesterol anda tinggi atau sering disebut hiperkolesterolemia? Selanjutnya tentu anda akan memikirkan cara untuk menurunkannya sehingga anda terbebas dari resiko penyakit jantung. Meskipun dokter akan memberikan anda resep obat obatan penurun kolesterol bukan berarti anda lalu mengabaikan masalah makanan dan aktifitas fisik. Berikut beberapa tips sederhana yang dapat anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Apa sih kolesterol jahat dan baik itu?

Tubuh membutuhkan kolesterol dalam jumlah tertentu agar dapat berfungsi dengan baik. Ironisnya, kita memasukan begitu banyak lemak jenuh dan kolesterol ke dalam tubuh lewat makanan yang kita konsumsi sehari hari. Kondisi ini akan menaikan kadar LDL kolesterol atau kolesterol jahat di dalam tubuh. Timbunan LDL kolesterol di dalam pembuluh darah akan membentuk plak yang akan menyumbat saluran darah sehingga mengakibatkan terjadinya penyakit jantung. Sementara itu, HDL kolesterol atau kolesterol baik membantu membersihkan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah. Maka dari itu, jika anda ingin menaikan kadar HDL kolesterol dan menurunkan LDL kolesterol, mulailah dari mengatur diet.

Mengantur porsi makanan

Suka nambah saat makan? Coba pikirkan kembali sebab banyak diantara kita yang porsi makannya melebihi dari jumlah makanan yang dapat dikatakan sehat. Perilaku ini menuntun anda untuk menambah berat badan dan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Coba gunakan tangan anda untuk menakar porsi makan anda sehari hari. Gunakan ukuran telapak tangan saat anda memilih daging atau ikan. Gunakan kepalan tangan saat anda ingin mengukur porsi buah yang akan anda makan dan gunakan tangkupan kedua tangan untuk mengukur banyaknya nasi dan sayuran yang akan anda ambil.

Menghidangkan makanan yang bersahabat dengan jantung

Penuhilah piring anda dengan buah buahan dan sayuran minimal 5 kali sehari guna membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Tidak hanya itu, antioksidan yang terkandung di dalam makanan itu juga mempunyai manfaat yang lain bagi kesehatan. Dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran, akan mengurangi jatah makanan berlemak yang ingin anda makan. Keuntungan lain, anda juga akan menjaga tekanan darah selalu dalam kondisi normal demikian juga halnya dengan berat badan yang akan selalu berada dalam kondisi ideal.

Untuk kesehatan jantung, berpalinglah ke laut

Menu makanan yang sehat buat jantung minimal mengandung ikan pada setiap kali dihidangkan. Mengapa? Karena ikan mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi dan rendah kadar lemak jenuhnya. Asam lemak omega 3 membantu menurunkan kadar lemak jahat di dalam darah dan menghambat pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah.

Jangan lupakan kacang untuk kesehatan jantung

Ingin ngemil? Cobalah ngemil kacang yang sangat bagus untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Kacang sangat tinggi kandungan lemak tak jenuhnya, yang berperanan menurunkan kadar kolesterol jahat dan memelihara kadar kolesterol baik tetap terjaga. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang satu ons setiap hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Lemak tak jenuh melindungi jantung anda

Memang kita harus membatasi konsumsi lemak setiap hari tapi bukan berarti semua jenis lemak kita kurangi. Lemak tak jenuh seperti yang berasal dari minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan sebagainya sangat penting buat menurunkan kadar LDL kolesterol dan meningkatkan kadar HDL kolesterol. Sebaliknya lemak jenuh seperti yang bersumber dari palm oil malah meningkatkan kadar LDL kolesterol.

Bergeraklah

Meskipun hanya melakukan aktifitas fisik selama 30 menit, lima hari seminggu, sudah cukup untuk membantu menurunkan kadar LDL kolesterol dan meningkatkan kadar HDL kolesterol. Tetapi harus diingat bahwa, makin sering berolah raga maka semakin besar keuntungan yang didapat. Dengan berolah raga anda juga akan dapat menurunkan berat badan dan mencegah kekakuan pembuluh darah.

Dibaca sebanyak 6388 kali. Terima kasih.

Merasa terbantu dengan artikel diatas? Mohon peran sertanya disini

Silakan berdiskusi tentang kesehatan disini : www.medisiana.com


  • You Avatar
    Blog Ini Ditulis Oleh Seorang Dokter Yang Kebetulan Suka Ngeblog dan Berteman.
  • Klik VSI Yusuf Mansur

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Berlangganan Artikel

    Tulis Email Anda


    Preview | Powered by FeedBlitz
  • Konsultasi Online