Nikotin dan Kesehatan

Posted in Tak Berkategori on 11 Agu, 2010

Apa sih nikotin itu?

Nikotin adalah zat yang terkandung di dalam daun tembakau. Setiap kali seseorang menghirup bahan bahan yang mengandung nikotin maka zat ini akan masuk ke dalam tubuh dan bersemayan pada otak. Setiap satu batang rokok mengandung sedikitnya 10 miligram nikotin. Nikotin inilah yang akan membuat seseorang kecanduan merokok.

Meskipun yang terkandung di dalam satu batang rokok sekitar 10 miligram, namun yang benar benar terserap ke dalam tubuh adalah sebanyak 1 sampai 2 miligram saja, sisanya terbuang ke udara. Nikotin dalam jumlah besar sifatnya sangat fatal dan sering digunakan sebagai obat pembasmi hama pada pertanian.

Untuk apa saja nikotin digunakan?

Sampai saat ini rokok dan produk turunannya merupakan penyumbang nikotin terbesar yang dikonsumsi manusia.

Apa saja efek nikotin terhadap tubuh manusia?

Setiap menghisap rokok, nikotin akan masuk ke dalam paru paru dan selanjutnya diserap ke dalam aliran darah. Hanya dalam waktu 8 detik, nikotin ini akan sampai ke otak dan merubah kerja otak. Proses ini berlangsung cepat karena nikotin bentuknya mirip dengan acetylcholine yang normal terdapat di dalam otak.

Nikotin selanjutnya akan meningkatkan denyut jantung dan frekuensi pernafasan. Nikotin juga akan meningkatkan kadar gula darah. Hal ini menyebabkan seorang perokok akan merasa lebih segar setelah merokok.

Nikotin yang terdapat di dalam sel saraf otak juga akan merangsang pengeluaran dopamin. Zat ini merupakan zat yang dapat meningkatkan rasa puas, nyaman dan kesenangan. Pada orang normal, efek dopamin biasanya dicetuskan oleh makanan, rasa nyaman dan kasih sayang dengan orang yang dicintai. Itulah sebabnya mengapa perokok merasakan kenikmatan pada saat menghisap rokok.

Dalam 40 menit, setengah dari efek dopamin akan menghilang. Nah, di saat seperti inilah timbul keinginan untuk menghisap satu batang rokok lagi. Hal inilah mengapa seorang perokok akan terus merokok tanpa putus untuk mendapatkan konsentrasi dopamin yang mereka inginkan di dalam otak.

Nikotin akan menyebabkan ketergantungan yang mirip dengan ketergantungan akan obat obatan narkotika karena nikotin mampu merubah beberapa fungsi otak seperti yang dijelaskan diatas.

Selain nikotin, satu batang rokok mengandung setidaknya 4.000 zat kimia yang berbahaya. Diantara zat zat tersebut yang paling berbahaya adalah tar dan karbon monoksida. Tar dapat menyebabkan kanker paru, empisema dan penyakit saluran nafas lainnya. Karbon monoksida dapat menyebabkan masalah pada jantung.

Perokok juga akan merasakan gangguan pada penciuman dan pengecapan. Menurunkan stamina berolah raga, penuaan dini, dan perubahan warna gigi.

Tulisan ini dibaca: 450 kali

FacebookTwitterGoogle+Share

Merasa terbantu dengan artikel diatas? Mohon peran sertanya disini

  • Endty

    bagaimana dengan kafein yang ada dalam kopi Dok???

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      @Endty : Nanti saya bahas.

  • http://terapifilsafat.blogspot.com/ Filsafat Konseling

    Sejauh laporan soal rokok yang saya baca, terlepas faktor adaptasi fisiologis berbasis geografis dan psikologis, nyaris tidak disinggung soal rokok kretek. Sampai sekarang saya masih mencari satu buku yang ditulis oleh Prof. Dadang Hawari soal rokok kretek yang kesimpulannya cukup berbeda dengan laporan soal rokok selama ini. Apakah rokok kretek dengan rokok putih berbeda dari segi kesehatan?

    Di masyarakat pedesaan, banyak sekali nenek dan kakek yang merokok dan setiap hari turun-naik bukit mengambil kayu bakar sembari merokok. Itu bagaimana?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      @Filsafat Konseling : Pembahasan secara spesifik tentang jenis rokok
      ini termasuk kandungan zat berbahaya yang ada di dalamnya sampai saat
      ini belum saya temukan. Mungkin karena memang rokok kretek ngetopnya
      di Indonesia sedangkan orang Indonesia sendiri malas melakukan
      penelitian ini.

  • Fadilah Adiyanto

    sejauh ini masih berupaya untuk ngejauhin kebiasaan buruk ini , semoga saja nanti joss !

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Semoga berhasil.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Semoga berhasil.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Semoga berhasil.

  • Pingback: ROKOK VS JANIN | ayikkrisna()


  • You Avatar
  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori