Keuntungan Berolahraga

Posted in Info Kesehatan on 17 Jan 2010 Cetak

Tahukah anda bahwa tubuh kita sebenarnya bisa menjadi lebih ramping, sehat dan berumur panjang? Terdengar mustahilkah? Kuncinya adalah olah raga.

Rutin berolah raga tidak hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan tetapi juga menurunkan resiko terkena penyakit khronis yang berbahaya. Tujuan akhirnya tentu untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik di masa yang akan datang.

Penelitian telah membuktikan bahwa berolah raga merupakan aktifitas yang sangat berguna bagi kesehatan. Semakin giat anda berolah raga maka keuntungan yang anda dapatkan juga akan semakin besar. Para ahli menyarankan sebaiknya anda melakukan aktifitas fisik minimal selama satu jam sehari. Aktifitas fisik ini termasuk kegiatan yang anda lakukan sehari hari seperti berjalan, berkebun, mencuci pakaian, menyapu dan lain lain.

Aktifitas fisik merupakan bagian terpenting dari upaya menurunkan berat badan. Selain itu, aktifitas fisik dalam hal ini olah raga juga dapat meningkatkan kondisi kesehatan anda dan mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti :

Penyakit Jantung

Rutin berolah raga akan membuat otot jantung anda lebih kuat, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar HDL kolesterol (kolesterol baik) dan menurunkan kadar LDL kolesterol (kolesterol jahat), memperbaiki sirkulasi darah, dan membuat jantung anda berkerja lebih efisien. Semua itu akan mengurangi resiko terkena stroke, serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

Stroke

Banyak penelitian menyebutkan bahwa aktifitas fisik dapat mengurangi terjadinya stroke. 

Diabetes Tipe II

Saat ini diabetes merupakan penyakit yang paling cepat pertumbuhannya. Pola hidup yang salah dan kurangnya aktifitas fisik di duga menjadi penyebab semakin pesatnya laju penderita diabetes. Di Amerika sana, lebih dari 17 juta orang telah menderita diabetes. Melakukan aktifitas fisik secara rutin akan menurunan berat badan anda sehingga terhindar dari kemungkinan terkena diabetes. Penurunan berat badan akan menyebabkan sensitifitas insulin meningkat, memperbaiki kadar gula darah dan kolesterol, serta menurunkan tekanan darah. Semua itu sangat penting bagi penderita diabetes.

Kegemukan

Kegemukan dapat dicegah dengan berolah raga dan pola makan yang sehat. Olah raga akan mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan massa otot. Dengan mencegah kegemukan, sekaligus anda juga akan mencegah terjadinya berbagai penyakit berbahaya akibat kegemukan.

Nyeri Pinggang

Nyeri pinggang dapat dicegah dengan melakukan latihan penguatan dan pelenturan otot pinggang. Memiliki postur tubuh yang baik dan otot perut yang kuat merupakan cara yang ampuh untuk mencegah nyeri pinggang.

Osteoporosis

Melakukan olah raga beban seperti berjalan, jogging, naik tangga, menari dan angkat beban dapat menguatkan tulang dan sendi untuk mencegah terjadinya osteoporosis di usia tua.  Kombinasikan pula dengan makan makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Psikologis

Olah raga akan meningkatkan kepercayaan diri anda. Saat berolah raga tubuh akan melepaskan zat kimia endorphins yang berguna untuk meningkatkan mood dan perasaan. Olah raga juga akan mengurangi stress dan mencegah terjadinya depresi dan gangguan cemas.

Demikianlah sedikit dari sekian banyak manfaat berolah raga untuk meningkatkan kesehatan anda. Manfaat lainnya seperti mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan lain lain. Jadi, berolah ragalah mulai saat ini.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 I Made Cock Wirawan Dibaca sebanyak 2195 kali. Terima kasih.

Merasa terbantu dengan artikel diatas? Mohon peran sertanya disini

Silakan berdiskusi tentang kesehatan disini : www.medisiana.com

Obat Peninggi Badan Tiens


  • You Avatar
    Blog Ini Ditulis Oleh Seorang Dokter Yang Kebetulan Suka Ngeblog dan Berteman.
  • Klik VSI Yusuf Mansur

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Berlangganan Artikel

    Tulis Email Anda


    Preview | Powered by FeedBlitz
  • Konsultasi Online

  • Komunitas

    Bali
Blogger Community

    Internet Sehat

  • Pengunjung

    web counter

    Klik Untuk Statistik

  • Umur Blog

    Blog ini telah online sejak 7 tahun, 5 bulan dan 30 hari yang lalu.