7 Tips Mencegah Masalah Pada Gusi

Posted in Tips Kesehatan on 31 May 2009 Cetak

Saat membicarakan masalah kesehatan gigi, pasti dibenak anda akan terfokus pada masalah giginya sendiri baik itu gigi yang berlubang, gigi yang tidak rata dan lain sebagainya. Padahal disamping gigi, gusi juga memegang peranan yang sangat penting dalam hal kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Masalah gusi yang paling sering dialami pasien adalah bengkak dan berdarah. Gejala ini bisa jadi merupakan tanda dari penyakit gusi atau penyakit lain yang lebih berbahaya. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah pada gusi antara lain kesalahan cara menyikat gigi, kesalahan cara membersihkan gigi, penyakit gusi dan sebagainya. Namun kali ini kita tidak akan membahas faktor itu satu satu melainkan lebih memfokuskan bagaimana cara atau tips untuk mencegah masalah yang timbul pada gusi anda.

Berikut 7 tips untuk mencegah masalah pada gusi anda :

1. Sikatlah gigi anda sekurang kurangnya dua kali sehari. Pastikan anda menyikat gigi dengan cara yang benar. Jika anda tidak tahu atau tidak memahami cara menyikat gigi yang benar, segera berkonsultasi dengan dokter gigi anda.

2. Bersihkan gigi dengan benang halus setiap hari. Dengan membersihkan sisa sisa makanan yang ada di sela sela gigi dan gusi setiap hari dengan benang halus maka anda dapat mencegah sedini mungkin gangguan pada gusi dan gigi. Benang pembersih gigi ini bisa anda peroleh di apotek terdekat.

3. Makanlah makanan yang bergizi. Makanan yang begizi disini termasuk vitamin C dan kalsium. Kedua zat ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

4. Minumlah cukup air. Minum air yang cukup setelah makan akan sangat membantu membersihkan sisa sisa makanan pada gigi dan gusi. Hal ini tentu akan mengurangi jumlah bakteri yang tinggal disana.

5. Katakan tidak untuk rokok. Berhentilah merokok saat ini juga karena merokok tidak baik untuk kesehatan gigi dan gusi anda.

6. Hindari makanan yang terlalu panas dan dingin. Makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin dapat merusak kesehatan gigi dan gusi anda. Apalagi anda saat ini sedang bermasalah dengan gusi dan gigi maka makanan yang hangat merupakan pilihan yang tepat.

7. Relaksasi. Jika anda stress, penyakit apapun akan timbul dan muncul dengan cepat termasuk penyakit pada gigi dan gusi. Hal ini karena peningkatan hormon stress yaitu kortisol. Hormon ini akan mengacaukan sistem normal tubuh anda dan memancing beberapa penyakit berbahaya.

Demikian sekelumit tips dari saya untuk menjaga gigi dan gusi anda tetap sehat.

Dibaca sebanyak 2664 kali. Terima kasih.

Merasa terbantu dengan artikel diatas? Mohon peran sertanya disini

Silakan berdiskusi tentang kesehatan disini : www.medisiana.com

Obat Peninggi Badan Tiens


  • You Avatar
    Blog Ini Ditulis Oleh Seorang Dokter Yang Kebetulan Suka Ngeblog dan Berteman.
  • Klik VSI Yusuf Mansur

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Berlangganan Artikel

    Tulis Email Anda


    Preview | Powered by FeedBlitz
  • Konsultasi Online

  • Pengunjung

    web counter

    Klik Untuk Statistik

  • Umur Blog

    Blog ini telah online sejak 7 tahun, 4 bulan dan 22 hari yang lalu.