Cara Aman Menggemukan Badan

Posted in Tips Kesehatan on 21 Dec 2008 Cetak

Menjadi gemuk adalah idaman orang yang kurus dan menjadi kurus adalah idaman orang yang gemuk. Setelah beberapa kali saya membahas tips untuk menjadi kurus, kali ini saya akan memberikan tips cara aman untuk menggemukan badan.

Memiliki tubuh yang terlampau kurus memang bisa membuat orang rendah diri. Mereka takut dikatakan berpenyakitan atau kurang gizi, padahal setiap hari mereka merasa telah mengkonsumsi makanan yang bergizi. Terlalu kurus juga membuat penampilan kurang bagus, tonjolan tulang tampak disana sini yang sangat tidak sedap untuk dipandang mata.

Bagi mereka yang ingin membuat tubuh lebih berisi, berikut beberapa tips cara aman untuk menggemukan badan :

1. Seimbangkan gizi makanan. Memilih makanan yang tepat merupakan hal yang sangat penting dalam upaya menggemukan badan sebab makanan merupakan sumber zat gizi, vitamin dan mineral yang masuk ke dalam tubuh. Untuk menambah berat badan, seseorang harus memperbanyak konsumsi kalori. Mereka harus mengkonsumsi kalori yang berlebihan guna menyisakan kalori untuk disimpan dalam bentuk lemak saat kalori ini dibakar pada akitifitas normal.

Makanan yang bagus untuk dikonsumsi termasuk sayuran, buah buahan, kacang kacangan, tepung tepungan, daging, makanan laut, unggas, dan telur. Yang perlu diingat, tidak semua jenis makanan bagus untuk menambah berat badan sebab saat ini banyak makanan terutama makanan kalengan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan.

2. Lakukan olah raga dengan teratur. Menambah berat badan tidak hanya berkutat pada masalah makanan tetapi juga bagaimana membentuk otot yang berisi dan sehat. Latihan penguatan otot dan pembakaran lemak secara rutin merupakan cara terbaik untuk menambah berat badan sebab aktifitas ini akan mengatur seberapa cepat/lambat anda membakar apa yang anda makan. Untuk dapat menambah berat badan secara sehat, lakukan olah raga secara teratur sehingga yang membesar adalah otot anda dan bukan sebaliknya otot makin mengecil sementara lemak yang makin menebal.

3. Jangan terlalu memaksa diri. Walaupun mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori merupakan anjuran banyak ahli, tapi anda tidak boleh terlalu memaksa diri untuk memakannya. Orang yang ingin menambah berat badan dianjurkan untuk mengkonsumsi sedikitnya 300 sampai 500 kalori setiap hari. Jika anda termasuk orang yang tidak hobi makan, anda bisa memasukan makanan tinggi kalori pada menu harian anda. Intinya, anda sendiri yang mengatur diet sesuai dengan kehendak dan kesukaan anda. Hal ini terutama untuk membuat anda lebih disiplin dalam menjalankan diet.

4. Jika memungkinkan, lakukan latihan secara teratur setiap hari kurang dari sejam. Saat anda di kantor atau di rumah, lakukan gerakan kecil yang tidak terlalu membutuhkan waktu. Saat anda melakukan latihan ini, utamakan pada bagian bagian tertentu dari tubuh, misalnya penguatan otot lengan dengan barbel, penguatan otot otot perut dan lain sebagainya. Para ahli percaya bahwa dengan melakukan latihan yang pada area tertentu pada tubuh akan membuat anda lebih memperhatikan bagian tubuh tersebut. Dengan melakukan latihan ringan, anda tidak terlalu banyak membakar kalori yang telah anda konsumsi. Selain itu, latihan ringan ini juga membuat tubuh anda tidak terlalu lelah untuk beraktifitas.

Akhirnya, selamat menambah berat badan.

Dibaca sebanyak 11055 kali. Terima kasih.

Merasa terbantu dengan artikel diatas? Mohon peran sertanya disini

Silakan berdiskusi tentang kesehatan disini : www.medisiana.com

Obat Peninggi Badan Tiens


  • You Avatar
    Blog Ini Ditulis Oleh Seorang Dokter Yang Kebetulan Suka Ngeblog dan Berteman.
  • Klik VSI Yusuf Mansur

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Berlangganan Artikel

    Tulis Email Anda


    Preview | Powered by FeedBlitz
  • Konsultasi Online

  • Pengunjung

    web counter

    Klik Untuk Statistik

  • Umur Blog

    Blog ini telah online sejak 7 tahun, 4 bulan dan 27 hari yang lalu.