Meningkatkan Kesuburan Dengan Cara Sederhana

Posted in Tips Kesehatan on 03 Oct 2008 Cetak

Pada masa kini dimana ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran sudah sangat maju, banyak pilihan yang bisa digunakan pasangan suami istri untuk meningkatkan kesuburan. Berbagai macam obat dan teknik operasi ditemukan. Meskipun biaya yang harus dikeluarkan juga semakin banyak, hal ini tidak menyurutkan keinginan pasangan yang tidak subur untuk mendapatkan kesuburannya lagi.

Sebelum anda mengeluarkan kocek yang besar untuk membeli obat penyubur, ada baiknya anda membaca dahulu beberapa tips sederhana berikut untuk meningkatkan kesuburan. Siapa tahu masalah yang selama ini membuat anda stress ternyata bisa diatasi dengan cara yang simpel dan bisa dilakukan dengan mudah dan murah.

Pengaturan Diet dan Olah Raga.

Tidak semua orang suka mendengar anjuran untuk mengatur diet dan berolah raga. Kenyataannya kegemukan atau obesitas mempunyai kecenderungan untuk menjadi infertil atau mandul. Kegemukan juga menyulitkan pasangan tersebut untuk menikmati hubungan seksual. Jadi cara sederhana membuat anda tetap subur adalah mengkonsumsi makanan yang sehat dan rutin berolah raga.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa angka kesuburan akan meningkat pada pasangan yang rajin mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar antioksidannya. Vitamin C juga ditenggarai mampu meningkatkan jumlah sperma sampai dengan lebih dari 140%. Vitamin E dipercaya mampu meningkatkan kemampuan sperma untuk bergerak mencapai sel telur.

Berhenti Merokok

Merokok adalah pekerjaan yang paling buruk yang dilakukan manusia untuk tubuhnya. Racun dari rokok akan diserap ke dalam aliran darah yang salah satunya mengalir ke sistem reproduksi. Pada laki laki, merokok akan membunuh sperma dan terkadang menyebabkan gangguan pertumbuhan sperma. Pada perempuan, merokok akan mengurangi kemampuan untuk berovulasi atau mengelurakan sel telur dari indung telur ke saluran tuba.

Memang benar tidak semua perokok itu mandul, tapi jika anda memang ingin melakukan yang terbaik dari kemampuan anda bereproduksi tidak ada salahnya anda berhenti merokok. Kesempatan anda untuk mempunyai anak jauh lebih besar bila anda tidak merokok.

Hindari Stress

Stress akan merampok vitamin, mineral, oksigen dan beberapa zat penting dari sistem reproduksi. Jangan jadikan masalah tidak mempunyai keturunan mengiang ngiang di kepala anda yang membuat anda stress. Keadaan ini tidak akan membuat sesuatu menjadi lebih baik malah sebaliknya akan tambah memperburuk. Jauhi stress mulai saat ini.

Dibaca sebanyak 1255 kali. Terima kasih.

Merasa terbantu dengan artikel diatas? Mohon peran sertanya disini

Silakan berdiskusi tentang kesehatan disini : www.medisiana.com


  • You Avatar
    Blog Ini Ditulis Oleh Seorang Dokter Yang Kebetulan Suka Ngeblog dan Berteman.
  • Klik VSI Yusuf Mansur

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Berlangganan Artikel

    Tulis Email Anda


    Preview | Powered by FeedBlitz
  • Konsultasi Online

  • Komunitas

    Bali
Blogger Community

    Internet Sehat