Seluk Beluk Masturbasi

Posted in Info Kesehatan on 13 Sep 2008 Cetak

masturbation.gif

Apakah masturbasi itu?

Masturbasi adalah suatu aktivitas seksual yang dilakukan secara mandiri. Masturbasi bisa dilakukan dengan atau tanpa alat bantu. Rangsangan dilakukan pada area sensitif dari alat kelamin sehingga si pelaku mendapatkan kepuasan secara seksual. Aktivitas masturbasi diawali dengan merangsang alat kelamin sampai ereksi kemudian dilanjutkan sampai tercapai kepuasan atau orgasme.

Beberapa pelaku masturbasi menganggap apa yang mereka lakukan sama nikmatnya dengan melakukan aktivitas seksual bersama lawan jenis. Bahkan ada yang beranggapan jika masturbasi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stress. Beberapa mitos tentang masturbasi beredar di masyarakat namun sampai detik ini tidak satu pun terbukti secara ilmiah.

Beberapa penelitian masih belum dapat menemukan dampak berbahaya dari kegiatan masturbasi secara fisik, namun yang baru terang benderang adalah dampak secara psikologis. Mereka yang hobi masturbasi akan merasa bersalah, berdosa terhadap apa yang mereka lakukan.

Survei membuktikan bahwa masturbasi lebih banyak dilakukan oleh kaum laki laki bila dibandingkan dengan perempuan. 98 dari 100 orang laki laki muda yang disurvei mengaku sering melakukan masturbasi. Sedangkan pada kaum perempuan hanya 70 dari 100 yang mengaku melakukan masturbasi secara rutin.

Mengapa orang suka masturbasi?

Masturbasi merupakan kebiasaan seksual yang didapat sejak anak anak. Kebiasaan ini normalnya akan menghilang begitu menginjak usia dewasa. Sayangnya hanya sedikit yang mampu untuk melepas kebiasaan ini. Mereka yang masih hobi melakukan masturbasi rata rata beralasan :

  1. Terlambat menikah. Mereka yang belum menikah dan belum mampu menyalurkan hasrat seksualnya secara normal akan memilih jalan masturbasi untuk memuaskan kebutuhan seksualnya.
  2. Hidup sendirian. Hasrat seksual mulai muncul sejak usia remaja. Nah kebanyakan dari mereka hidup sendirian sehingga hasrat seksual itu disalurkan dengan cara masturbasi.
  3. Materi seksual. Dengan berkembangnya media komunikasi maka material seksual dapat dengan mudah di dapat. Material ini dapat berupa buku atau majalah porno, video mesum dan lain lain. Material ini akan menyebabkan seseorang terbangkit hasrat seksualnya.
  4. Tidak ingin terikat dalam ikatan perkawinan.
  5. Ketakutan tertular penyakit menular seksual.
  6. Ketakutan akan kehamilan yang tidak diinginkan.
  7. Kegagalan membina hubungan sebelumnya.
  8. Kegagalan untuk mendapatkan pasangan hidup dengan berbagai alasan.

Bagaimana teknik masturbasi pada laki laki?

Tangan merupakan alat yang umum dipakai laki laki. Pada laki laki, penis akan diurut dengan satu atau dua tangan sehingga tercapai ereksi maksimal. Terkadang ereksi sudah dapat dicapai hanya dengan melihat obyek perempuan cantik. Laki laki sering membayangkan perempuan yang dilihatnya beraksi di tempat tidur. Ereksi akan terus dipertahankan dengan bantuan tangan sampai dengan tercapainya ejakulasi.

Beberapa laki laki menggunakan pelicin seperti sabun, krim dan lain lain supaya tangan terasa lebih licin saat melakukan gerakan maju mundur sambil memegang penis. Pelicin ini sekaligus berguna untuk mencegah lecet pada kulit penis. Selain menggunakan tangan, beberapa ada yang mencoba menggunakan objek atau benda yang menyerupai vagina perempuan.

Kepuasan atau orgasme dicapai dengan ditandai keluarnya sperma dari ujung penis/ejakulasi. Setelah orgasme biasanya mereka akan merasa rileks seperti lazimnya pada hubungan seksual yang normal.

Bagaimana teknik masturbasi pada perempuan?

Pada perempuan, tangan juga merupakan alat yang paling sering digunakan. Klitoris akan dipijit pijit untuk membangkitkan respon seksual. Selanjutnya klitoris akan membengkak diiringi dengan keluarnya cairan pada liang vagina. Mekanisme ini tentu saja diikuti dengan perasaan senang atau nikmat. Bibir vagina menjadi sasaran berikutnya sehingga liang vagina menjadi tambah basah. Selanjutnya jari tangan akan digerakan keluar masuk liang vagina sampai dengan tercapai kepuasan seksual atau orgasme.

Tentu saja orgasme pada perempuan lebih sulit dideteksi bila dibandingkan pada laki laki. Pada perempuan lebih kepada sensasi emosional bila dibandingkan dengan penampakan fisik. Bisa saja terdapat gerakan ritmis pada otot otot disekitar vagina dan anus tetapi tidak semua perempuan mengalaminya. Jika sudah menjadi kebiasaan, biasanya perempuan akan mencari objek atau benda lain sebagai alat bantu. Lilin merupakan objek yang sering dipakai disamping dildo yang memang dirancang berbentuk seperti penis laki laki. Alat yang lebih canggih lagi adalah vibrator. Alat ini mampu bergetar saat digunakan dengan tenaga baterai.

Apa akibatnya bila sering masturbasi?

Seperti telah saya sebutkan diatas, saat ini banyak sekali berkembang di masyarakat pendapat tentang efek buruk dari masturbasi. Entah dari mana asalnya pendapat pendapat ini, tetapi para ahli berpendapat mungkin saja pendapat ini berasal dari kepercayaan yang berlaku di masyarakat.

Ada juga yang berpendapat bahwa masturbasi dapat menganggu kesehatan dan menyebabkan gangguan mental. Pada perempuan bisa menyebabkan pembengkakan pada organ seksual internanya akibat dari terakumulasinya darah pada organ tersebut. Beberapa juga mempercayai bahwa pembesaran pada bibir mulut vagina perempuan disebabkan oleh masturbasi. Semua pendapat itu adalah KELIRU.

Tidak ada bukti maupun fakta yang menyebutkan jika melakukan masturbasi secara rutin akan menyebabkan gangguan kesehatan. Efek masturbasi terhadap perkembangan mental saat ini mulai banyak diteliti oleh ahli di bidang psikiatri dan psikologi.

Apa untungnya melakukan masturbasi?

Penelitian terakhir menyebutkan bahwa orang yang rajin melakukan masturbasi cenderung memiliki libido atau nafsu seksual yang lebih besar bila dibandingkan dengan mereka yang jarang melakukannya. Jadi kesimpulannya, masturbasi dapat meningkatkan gairah seksual seseorang.

Ada juga orang yang karena alasan tertentu takut untuk melakukan hubungan seksual dan memilih masturbasi sebagai sarana untuk menyalurkan hasrat seksualnya.

Masturbasi dapat menjadi alternatif hubungan seksual yang hemat dan sehat bila dibandingkan harus mencari pekerja seks komersial. Bebas dari penyakit menular seksual, HIV/AIDS dan bebas dari kehamilan yang tidak diinginkan. Masturbasi bagi seorang perempuan dapat dipakai sebagai sarana untuk mengetahui respon seksualnya sedangkan bagi laki laki dapat digunakan sebagai upaya untuk mengurangi ketegangan dan keinginan seksual dengan lawan jenis yang gagal dipenuhi oleh karena suatu sebab.

Masturbasi dapat membantu mereka yang kesulitan untuk menemukan area sensitif pada tubuhnya terutama yang berhubungan dengan rangsangan seksual. Hal ini nantinya bisa dikomunikasikan dengan suami atau istri saat menikah.

Lalu apa keburukan masturbasi?

Kebanyakan orang yang masturbasi memiliki rasa bersalah atas apa yang telah mereka perbuat. Perasaan ini lebih dihubungkan kepada norma norma agama yang dianut.

Perlukaan pada daerah kelamin sering terjadi terutama bagi mereka yang tidak menggunakan pelumas dan ber-masturbasi secara kasar. Jika memang terjadi luka maka harus secepatnya dibawa ke dokter sebelum menimbulkan infeksi yang lebih parah.

Seperti halnya kebiasaan lain, masturbasi juga sangat sulit untuk dihentikan. Kecenderungan ini terus berlangsung dari usia muda sampai dengan saat menikah. Karena keasyikan masturbasi, mereka jadi lupa untuk melakukan kegiatan positif lainnya padahal hidup ini tidak hanya untuk masturbasi.

Masturbasi dapat mengganggu kehidupan seksual seseorang bila dengan masturbasi mereka jadi melupakan bahwa hubungan seksual yang semestinya dengan suami atau istri.

Pada laki laki, masturbasi dapat pula menyebabkan ejakulasi dini bila dilakukan serampangan atau buru buru. Jika sudah ada tanda tanda seperti ini lebih baik segera ke dokter.

Apakah masturbasi bisa menyebabkan hilangnya keperawanan pada seorang gadis?

Tidak, sebab untuk hilangnya keperawanan seseorang harus melakukan hubungan seksual. Masturbasi bukan hubungan seksual. Masturbasi juga tidak akan menyebabkan selaput dara rusak bila dilakukan dengan benar.

Dapatkah masturbasi menjadi kebiasaan?

Yap, masturbasi bisa menyebabkan orang kecanduan dan sangat sulit untuk dihentikan.

Apakah masturbasi wajar pada orang yang menikah?

Yap, beberapa orang yang sudah menikah sering masih suka masturbasi oleh karena beberapa sebab. Sang istri sedang sakit atau hamil sehingga dilarang untuk melakukan hubungan seksual. Sedang berjauhan dengan pasangannya. Keinginan seksual yang gagal terpenuhi tetapi takut untuk melakukan affair.

Apakah anda suka masturbasi?

Dibaca sebanyak 2725 kali. Terima kasih.

Merasa terbantu dengan artikel diatas? Mohon peran sertanya disini

Silakan berdiskusi tentang kesehatan disini : www.medisiana.com


  • You Avatar
    Blog Ini Ditulis Oleh Seorang Dokter Yang Kebetulan Suka Ngeblog dan Berteman.
  • Klik VSI Yusuf Mansur

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Berlangganan Artikel

    Tulis Email Anda


    Preview | Powered by FeedBlitz
  • Konsultasi Online

  • Komunitas

    Bali
Blogger Community

    Internet Sehat