Komputer Lambat? Segera Bersihkan Registry

Posted in Teknologi Informasi on 25 Jun 2008 Cetak

Tidak ada hal yang lebih menyebalkan selain saat menulis blog, komputer tiba tiba hang dan berjalan kayak siput. Selain menghabiskan waktu dengan percuma, kondisi ini juga membuat mood menulis menjadi berantakan.

Berbeda saat komputer baru saja dibeli. Kita tidak usah menunggu lama untuk sekedar membuka suatu program. Semua berjalan dengan cepat dan terbuka  lancar hanya dengan sekali hentakan klik mouse.

Mengapa semua itu bisa berubah?

Salah satu penyebabnya adalah tertumpuknya sampah di registry Windows. Registry Windows menjadi semacam tong sampah dari ratusan bit data yang tidak berguna. Ketika sistem operasi Windows dijalankan, secara otomatis ia akan memanggil semua bagian dari sistem registry termasuk sampah tadi. Bisa dibayangkan berapa waktu yang dibuang percuma untuk sekedar memanggil data sampah yang ada di registry.

Sampah yang tertimbun di registry bisa berasal dari proses uninstall program yang tidak sempurna, driver yang sudah mati alias tidak dipergunakan lagi, virus, spyware dan program lain yang berjalan dibalik layar yang tidak jelas manfaatnya.

Apakah registry Windows itu?

Sejak Windows 95 diluncurkan, sejak saat itu pula Windows berjalan menggunakan registry. Di dalamnya berisi data data yang diperlukan sistem operasi Windows untuk menjalankan komputer. Selain itu, registry juga berisikan perintah perintah yang dibuat oleh pengguna komputer yang menginginkan komputer berjalan sesuai dengan kehendak pengguna. Ketika registry ini sudah dipenuhi oleh sampah yang tidak berguna maka Windows akan berjalan lambat dan bahkan bisa tidak berjalan sama sekali.

Bagaimana caranya mengatasi semua masalah tersebut?

Jawabannya adalah dengan membersihkan registry Windows anda dan membuang semua sampah yang ada disana. Anda bisa melakukan secara manual dengan menggunakan regedit yang disediakan oleh Windows. Sayangnya program ini sangat tidak cocok untuk pengguna awam sebab informasi yang ada di dalamnya sangat terbatas. Salah menghapus registry malah bukan perbaikan performa yang anda dapatkan melainkan Windows anda tidak akan bisa berjalan lagi.

Jika anda tidak yakin menggunakan program bawaan Windows diatas, anda bisa menggunakan program pembersih registry yang banyak bertebaran di jagat maya. Ada yang gratis dan dipergunakan selamanya, ada pula yang mengharuskan kita merogoh kocek untuk menjalankannya. Dengan menggunakan program ini, anda tidak usah terlalu memahami kunci kunci yang ada pada registry Windows, program pembersih registry akan melakukan semuanya secara otomatis. Anda tinggal meng-klik OK dan Finish. :)

Saya sudah mencoba beberapa program pembersih registry dan rata rata mereka mempunyai fungsi yang relatif sama. Tidak ada nilai tambah yang berarti pada program berbayar bila dibandingkan dengan yang gratisan. Yang penting semuanya mampu membuang registry sampah yang menganggu performa komputer secara menyeluruh.

Program pembersih registry yang baik terlebih dahulu akan melakukan backup atau menyarankan anda untuk melakukan backup registry. Setelah itu, ia akan mulai membersihkan sampah registry sampai ke akar akarnya termasuk file yang terfragmen, driver yang sudah mati, shortcut yang tidak berguna, direktori yang salah, font yang salah, spyware dan program yang tidak berguna lainnya. 

Pemecahan komputer lambat dengan membersihkan registry merupakan salah satu solusi dari banyak penyebab komputer lambat jadi seandainya komputer anda masih terasa lambat meskipun registry sudah dibersihkan maka anda harus mencari penyebab lain dari kelambatan itu.

Dibaca sebanyak 1909 kali. Terima kasih.

Merasa terbantu dengan artikel diatas? Mohon peran sertanya disini

Silakan berdiskusi tentang kesehatan disini : www.medisiana.com

Obat Peninggi Badan Tiens


  • You Avatar
    Blog Ini Ditulis Oleh Seorang Dokter Yang Kebetulan Suka Ngeblog dan Berteman.
  • Klik VSI Yusuf Mansur

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Berlangganan Artikel

    Tulis Email Anda


    Preview | Powered by FeedBlitz
  • Konsultasi Online

  • Pengunjung

    web counter

    Klik Untuk Statistik

  • Umur Blog

    Blog ini telah online sejak 7 tahun, 4 bulan dan 26 hari yang lalu.