Tips Mencegah Anak Gemuk

Posted in Tips Kesehatan on 15 Mar 2008 Cetak

2334579482 A80ac4c992 O

Memiliki anak gemuk dan montok merupakan idaman tiap orang tua. Masih banyak anggapan yang beredar di masyarakat kalau anak yang sehat ditandai dengan bertambahnya berat badan. Sayangnya bila pertambahan berat badan terlalu drastis akan menimbulkan masalah baru bagi anak tersebut.

Anak akan merasa rendah diri di lingkungannya karena terus diejek oleh temannya. Anak akan kesulitan melakukan aktifitas yang mengutamakan fisik. Anak juga akan mudah terserang beberapa penyakit seperti sesak nafas dan lain lain. Semua itu tentu akan menganggu prestasi anak tersebut di sekolah.

Berikut beberapa tips untuk mencegah anak menjadi terlalu gemuk :

1. Berilah anak contoh bagaimana gaya hidup yang sehat. Anda tidak akan dapat mengajari anak anda kebiasaan hidup sehat sementara kebiasaan hidup anda sendiri acak acakan. Sebagai orang tua, anda harus bisa menjadi teladan. Beberapa orang tua ada yang berperilaku sehat saat berada di depan anak anak, padahal bisa jadi sang anak tahu trik yang dilakukan oleh orang tua mereka tersebut. Dengan berperilaku sehat, anda tidak hanya mengajari anak anda bagaimana hidup sehat, namun perilaku itu juga berguna untuk kesehatan anda sendiri.

2. Mulailah sejak dini. Mulailah mengajari anak hidup sehat sedini mungkin. Kebiasaan ini akan lebih mudah diajari pada usia dini karena anak anak belum terlalu banyak pilihan. Sayangnya banyak orang tua belum menyadari hal ini sehingga beberapa diantara mereka telat mengajari anak makan sayuran misalnya. 

3. Biasakan makan dengan anak anak. Akhir akhir ini banyak keluarga yang sudah meninggalkan kebiasaan makan bersama. Mereka lebih memilih makan sendiri sendiri pada tempat yang berbeda beda. Bagaimana para orang tua bisa memberi contoh makanan yang sehat sementara mereka makan terpisah dari anak mereka. Dengan makan bersama, anda sebagai orang tua bisa memonitor apa yang dimakan oleh anak anda dan bisa menjelaskan kegunaan dari makanan itu. Anda juga bisa mengajari mereka bagaimana cara makan yang benar.

4. Doronglah anak untuk beraktifitas. Banyak orang tua yang melarang anaknya terlalu banyak beraktifitas dengan berbagai alasan. Terkadang alasan tersebut hanya berdasarkan kepentingan orang tua, padahal anak membutuhkan banyak gerak untuk membakar energi yang tersimpan dalam tubuhnya. Menumpuknya energi dalam tubuh akan menyebabkan anak menjadi gemuk. Ajaklah anak berolah raga, bermain dan beraktifitas yang menggerakan tubuh lainnya.

5. Bantulah anak untuk mencari teman. Pertemanan akan membuat anak lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain. Dengan banyak bermain akan terbakar lebih banyak energi sehingga anak tidak menjadi gemuk. Pertemanan juga akan meningkatkan sosialisasi anak kita.

6. Berikan penghargaan. Jika anak anda telah melakukan gaya hidup yang sehat, perlihatkan pada mereka kalau anda merasa senang dan bangga. Sebaliknya, berikanlah hukuman bila anak anda melakukan kebiasaan yang buruk. Hal ini akan mendorong perilaku yang sehat pada diri anak anda.

7. Belajarlah untuk berkata tidak. Ingatlah kalau anda mengajari anak anda untuk hidup sehat adalah karena anda mencintai mereka. Beranilah mengatakan tidak jika anda merasa apa yang diminta anak anda tidak sesuai dengan tujuan anda untuk mengajari mereka cara hidup sehat. Jangan terlalu mengikuti kemauan anak anda.

8. Tambahan vitamin. Harap diingat bahwa makanan yang dikonsumsi anak anda tidak selalu mengandung cukup nutrisi yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, berikanlah mereka tambahan vitamin dan mineral. Berikanlah sediaan vitamin yang mereka sukai baik dari segi rasa maupun kemasan guna menjamin kedisiplinan mereka mengkonsumsinya.

9. Pemeriksaan kesehatan. Anda harus selalu yakin kalau anak anda dalam kondisi yang sehat. Bila tidak, segeralah ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Lebih bagus lagi bila anda memeriksakan kesehatan anak anda secara teratur ke dokter keluarga dan dokter gigi. Dengan pemeriksaan teratur, anda juga bisa mendapatkan nasihat bagaimana membesarkan anak yang benar agar anak anda tumbuh sehat.

10. Berikan tantangan. Bila ada kesempatan berikanlah anak anda makanan sehat yang belum pernah mereka konsumsi sebelumnya. Anak sangat menyukai tantangan. Dengan demikian anak anda akan memiliki banyak pilihan makanan sehat dalam hidupnya.

Semoga membantu.

Dibaca sebanyak 2773 kali. Terima kasih.

Merasa terbantu dengan artikel diatas? Mohon peran sertanya disini

Silakan berdiskusi tentang kesehatan disini : www.medisiana.com

Obat Peninggi Badan Tiens


  • You Avatar
    Blog Ini Ditulis Oleh Seorang Dokter Yang Kebetulan Suka Ngeblog dan Berteman.
  • Klik VSI Yusuf Mansur

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Berlangganan Artikel

    Tulis Email Anda


    Preview | Powered by FeedBlitz
  • Konsultasi Online

  • Komunitas

    Bali
Blogger Community

    Internet Sehat

  • Pengunjung

    web counter

    Klik Untuk Statistik

  • Umur Blog

    Blog ini telah online sejak 7 tahun, 6 bulan dan 22 hari yang lalu.