Eksim (Dermatitis) Penyakit Kulit Yang Menyebalkan

Posted in Tak Berkategori on Des 30, 2007

Eczema Nummular L

Apakah Eksim Itu?

Eksim atau Dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang mana kulit tampak meradang dan iritasi. Keradangan ini bisa terjadi dimana saja namun yang paling sering terkena adalah tangan dan kaki. Jenis eksim yang paling sering dijumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik. Gejala eksim akan mulai muncul pada masa anak anak terutama saat mereka berumur diatas 2 tahun. Pada beberapa kasus, eksim akan menghilang dengan bertambahnya usia, namun tidak sedikit pula yang akan menderita seumur hidupnya. Dengan pengobatan yang tepat, penyakit ini dapat dikendalikan dengan baik sehingga mengurangi angka kekambuhan.

Apa Saja Gejala Eksim?

Dimanapun lokasi timbulnya eksim, gejala utama yang dirasakan pasien adalah gatal. Terkadang rasa gatal sudah muncul sebelum ada tanda kemerahan pada kulit. Gejala kemerahan biasanya akan muncul pada wajah, lutut, tangan dan kaki, namun tidak menutup kemungkinan kemerahan muncul di daerah lain.

Daerah yang terkena akan terasa sangat kering, menebal atau keropeng. Pada orang kulit putih, daerah ini pada mulanya akan berwarna merah muda lalu berubah menjadi cokelat. Sementara itu pada orang dengan kulit lebih gelap, eksim akan mempengaruhi pigmen kulit sehingga daerah eksim akan tampak lebih terang atau lebih gelap.

Apa Yang Menjadi Penyebab Eksim?

Penyebab dari eksim sebenarnya belum diketahui dengan pasti, namun beberapa ahli mencurigai eksim berhubungan dengan aktifitas daya pertahanan tubuh (imun) yang berlebihan. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritan yang sebenarnya tidak berbahaya pada kulit. Oleh karena itu, eksim banyak ditemukan pada keluarga dengan riwayat penyakit alergi atau asma.

Tiap tiap orang mempunyai pencetus eksim yang berbeda beda. Ada orang yang setelah memegang sabun atau deterjen akan merasakan gatal yang luar biasa, ada pula yang disebabkan oleh bahan atau alat rumah tangga yang lain. Gejala yang timbul pun bervariasi, ada yang gatalnya ringan tetapi rasa panas yang dominan, ada pula yang sebaliknya. Infeksi saluran nafas bagian atas atau flu juga bisa menjadi pencetus timbulnya eksim. Stress yang dialami penderita akan membuat gejala menjadi lebih buruk.

Meskipun penyembuhan eksim sangat sulit dilakukan, namun pada banyak kasus, pasien dapat mengurangi terjadinya kekambuhan dengan melakukan pengobatan yang tepat dan menghindari iritan/alergen yang menyebabkan eksim. Perlu diingat, penyakit ini tidak menular dan tidak akan menyebar dari satu orang ke orang yang lain.

Bagaimana Cara Pengobatannya?

Tujuan utama dari pengobatan adalah menghilangkan rasa gatal untuk mencegah terjadinya infeksi. Ketika kulit terasa sangat kering dan gatal, lotion dan krim pelembab sangat dianjurkan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab. Tindakan ini biasanya dilakukan saat kulit masih sedikit basah, seperti saat habis mandi sehingga lotion yang dioleskan akan mempertahankan kelembaban kulit. Kompres dingin juga diduga dapat mengurangi rasa gatal yang terjadi.

Salep atau krim yang mengandung kortikosteroid seperti hydrokortison diberikan untuk mengurangi proses inflamasi atau keradangan. Untuk kasus kasus yang berat, dokter akan memberikan tablet kortikosteroid dan apabila pada daerah eksim telah terinfeksi maka bisa diberikan antibiotika untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Obat lain yang dibutuhkan adalah antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang terlalu berat, dan cyclosporin untuk penderita yang tidak berespon terhadap semua jenis pengobatan yang diberikan.

Scratchy4

Bagaimana Cara Pencegahannya?

Munculnya eksim dapat dihindari dengan melakukan beberapa tips dibawah ini :
Jaga kelembaban kulit.
Hindari perubahan suhu dan kelembaban yang mendadak.
Hindari berkeringat terlalu banyak atau kepanasan.
Kurangi Stress.
Hindari pakaian yang menggunakan bahan yang menggaruk seperti wool dan lain lain.
Hindari sabun dengan bahan yang terlalu keras, deterjen dan larutan lainnya.
Hindari faktor lingkungan lain yang dapat mencetuskan alergi seperti serbuk bunga, debu, bulu binatang dan lain lain.
Hati hati dalam memilih makanan yang bisa menyebabkan alergi.

Tulisan ini dibaca: 6198 kali

FacebookTwitterGoogle+Share
  • Pandedaryana

    trimakasih atas infonya.

    • andry zopano

      dok..ibu saya menderita sakit kulit dibagian wajah.kulitnya kering,gatal dan bersisik.hampir semua makanan mengakibatkan sakit itu.sampai sekarang belum teridentifikasi apa jenis penyakitnya.pengobatan menggunakan cream oil hanya sembuh sesaat.sdh hampir 4 th ibu saya menderita penyakit itu.mohon solusinya dok…!!makasih..

      • http://www.blogdokter.net dokter Made

        Sudah ke dokter? Gangguan kulit sebaiknya dilihat langsung.

  • Dadduwi

    Saya ingin tanya. Saya kena eksim sejak satu tahun yang lalu. Apa obatnya sehingga eksim tersebut sembuh total ?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Cari dulu penyebabnya, kalau karena alergi ya hindari penyebab
      alerginya. Selama penyebab belum diketahui maka sulit untuk mengobati
      eksim.

      • Dadduwi

        Bagaimana untuk mengetahui alergi itu, dok ? Sementara kehidupan saya sangat tentram (tidak stres) dan selera makan saya sangat bagus apapun menunya ?

        • http://www.blogdokter.net dokter Made

          Cara mengetahuinya ya dengan memeriksakan alerginya ke laboratorium.

      • anggrek

        terakhir ini aku pakai baycuten N sembuh lho

        • http://www.blogdokter.net dokter Made

          Semoga tidak kambuh lagi. :)

  • putri

    saya mau nanya, saya tidak yakin penyakit kulit jenis apa yg saya alami. tp penyakit kulit ini sering kambuh. apalagi kalo cuaca panas yg membuat kulit berkeringat. ciri2 mirip seperti yg disebut diatas(sangat kering, menebal atau keropeng & menghitam). awalnya karena kancing celana jeans yg trbuat dr besi. saya memang alergi terhadap besi2an & sejenisnya. tp lama2 semakin meluas & banyak & sangat gatal. saya sendiri sudah bosan ke dokter kulit. krn setelah sembuh kemudian hari kambuh lagi.
    obat apa yg harus saya gunakan?? & bagaimana cara menghilangkan bekasnya. krn kelihatan sangat buruk :(
    trima kasih sebelumnya.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Selama penyebab belum dihindari maka eksim akan tetap ada.

      • Dadduwi

        Kira-kira apa penyebab utama timbulnya eksim ? Kalau untuk mengetahui alergi, bagaimana caranya, dok ? Lantas apa obat yang paing mujarrob ?

  • Muhsin

    Yang saya tanyakan, kira-kira saya alergi dengan apa ? Masalahnya semua makanan, semua ikan laut, daging biasa saya konsumsi dan tidak menimbulkan reaksi apa-apa pada tubuh saya ? Mungkin dapat dijelaskan alergi itu timbulnya dari apa saja, Dok ?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba periksakan diri ke laboratorium untuk mengetahui jenis alerginya.

  • Dina Adez

    Saya sudah menderita Eksim bertahun-tahun.Biasanya saya mengalami Eksim yang membuat kulit saya kering. Tapi, belakangan ini muncul bintik2 yang berisi nanah atau semacamnya. Apa itu juga termasuk Eksim juga?

  • dina

    saya salah satu penderita penyakit dermatitis, saya sudah sangat bosan ke dokter krn tidak bisa menyembuhkan penyakit yang saya derita. pleace donk saya dibantu solusinya n saya harus pake obat apa? thx

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba cari tahu penyebabnya dan hindari. Eksim yang dasarnya alergi memang sulit diatasi.

  • Sfredy44

    saya mau tanya dok,sudah hmpir 3 bulan pnyakit kulit saya tidak sembuh2 juga,bintk kcil yang berair dan air nya tu lama2 kalau dibiarin bisa menjadi nanah…penyebab nya itu apa she dok dan apa obat yang bagus untuk mengatasinya dok?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kemungkinan eksim yang disebabkan alergi, coba kontrol ke dokter kulit untuk memastikan dan mendapatkan pengobatan yang pas.

  • http://pulse.yahoo.com/_MYBM62VKMNQG7QMPH6CXPOIW4A Dhinie Swidly

    hai dok..saya mau tanya nie dok,kulit sya minggu2 ini gatal2 bundar bintik2 kecil, pertama yg terkena pnyakit itu kk ku.. tapi gk lama kmudian aku.. trus apa penyakit itu menular atu tidak dok?dan apa obat nya dok???

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kemungkinan karena alergi dan biasanya alergi memang bisa terjadi dalam satu keluarga.

    • Henryprayudha

      scabies tuh mbak

  • http://www.facebook.com/people/Difa-Qu/100001400044461 Difa Qu

    yang saya tanyakan wajah saya habis melahirkan timbul kemerah merahan agak gatal, anak saya umur 8 bln, saya udah periksa ke dokter kulit, di kasih obat anti biotik dan obat gatal tapi tetap merah gimana dok, cara mengatasinya, dan apa penyakit kulit saya mohon penjelasannya ?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Saya tidak bisa memastikan kelainannya tanpa memeriksa langsung, coba kontrol kembali ke dokter kulit.

  • Rudi

    setiap kali beraktifitas dan berkeringat di siang hari,pasti kulit saya terasa perih dan kemerahan,apakah ini exsim dok,dan obatnya apa,cream atau obat untuk diminum namanya apa..

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Yap, kemungkinan karena alergi keringat dan kepanasan.

  • http://www.facebook.com/people/Gina-Nur/100000154720898 Gina Nur

    suami saya dah 3 tahun kena dermatitis kontak. kdg timbul bintik2 bernanah di tangan dan kaki. apakah murni penyakit tersebut atu ada yg lain?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Yap, kemungkinan iya. Coba hindari bahan bahan yang menyebabkan alergi.

  • kevin_achmad

    Dok dari sekitar sebulan yang lalu sampai sekarang kok alergi saya di tangan gak ilang ya dok.pdahal udah ke dokter umum awalnya sih ilang trus muncul lagi malah sekarang di bahu ada bintik2 merah banyak,kira kira obatnya apa ya dok..makasih

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Berarti anda masih terpapar penyebab alerginya.

  • adheajha

    saya laki2 umur 23 thun. pada kelamin saya, terdapat seperti luka yang selalu berair, apakah itu eksim ?? terdapat d bagian ujung kemaluan, perih ketika d sentuh dan sedikit membengkak, ap yg harus saya lakukan ?? kalo ke dokter saya malu sekali… mohon bantuanya T_T

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Bisa, ada kemungkinan namun untuk kelainan kulit sebaiknya dilakukan pemeriksaan langsung.

      I Made Cock Wirawan
      http://www.blogdokter.net
      Powered by BlogDokter.Net BlackBerry®

  • http://pulse.yahoo.com/_LW6UPE5GHBU27UEDVF3V3J3OMI Nur laily Hayatunufus

    dok,saya sekarang lagi kena dermatitis di muka ,jd gak pede keluar rumah,yang saya tanyakan:
    1.apakah dermatitis itu selalu krn temperatur yang extrim(terlalu panas or dingin),bkn alergi makanan?kl emang alergi makanan apa yang hrs saya lakukan soalnya saya udah mkn pke tempe n tahu aja kenapa kok dermatitisnya makin banyak.
    2.gmn perawatan kulit yang tepat untuk saya agar dermatitis saya gak muncul lagi,soalnya tiap 2 thn sekali pasti muncul lagi n gak sembuh2,n kl udah sembuh pasti ada bekasnya putih2,apa ada salep untuk menghilangkan putih2 tersebut?dulu saya pernah punya salep dr dokter kulit saya tp setelah saya pake dermatitisnya malah kemana2,sampek ke mulut juga…..tolong ya dok bantuannya,trimakasih

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Untuk memastikan penyebab dermatitis saran saya adalah lakukan pemeriksaan alergi secara lengkap sehingga bisa dicegah makanan/faktor pencetus secara pas.

      I Made Cock Wirawan
      http://www.blogdokter.net
      Powered by BlogDokter.Net BlackBerry®

  • http://pulse.yahoo.com/_LW6UPE5GHBU27UEDVF3V3J3OMI Nur laily Hayatunufus

    saya sekarang lagi kena dermatitis di muka,kmrn udah ke dokter kulit,ktnya saya gak tahan sama suhu extrem(terlalu panas or dingin),apakah penyebab dermatitis selalu krn suhu yang extrem?bkn krn alergi makanan?krn sering muncul 2 tahun sekali saya sebenarnya pengen tau pasti penyebabnya,mohon tolong bantuannya dok,trimakasih

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Bisa, sinar matahari juga bisa, tidak melulu karena alergi makanan.

  • QQmuanizt

    Dengan Hormat,

    Saya ingin bertanya mengenai kasus yang menimpa saya..

    Setelah melahirkan anak pertama saya suntik KB dan terjadi
    gatal2 di tangan saya dan itu terjadi selama 3 tahun(selama KB), lalu saya
    hamil anak ke 2 dan selama hamil saya tidak mengalami gatal2 tersebut. Tetapi
    setelah saya melahirkan saya tidak menggunakan KB suntik 3 bulan lagi karena
    takut gatal2 lagi dan sayapun ganti ke pil tetapi 2 bulan setelah melahirkan
    saya kembali menderita gatal2 tersebut tetapi hanya di tempat yang sama dengan
    yang sebelumnya, saya sudah coba konsultasi ke dokter dan terakhir katanya saya
    memang tidak cocok menggunakan KB. Beberapa hari yang lalu saya coba ke dokter
    lagi, trus saya di kasih obat dan salep dan saya coba pakai tetapi sekarang
    tangan saya malah jadi bernanah dan terasa perish dan berbau busuk.

    Pertanyaan saya, apakah obat atau salep atau apa saja yang bias
    menyembuhkan tangan saya ini?? Atau minimal bias seperti yang kemarin saja,
    meski gatal2 tapi tidak luka sampai berair dan bernanah seperti sekarang ini.

    Mohon bantuannya ke email terserah_gue_dong@yahoo.com atau
    ke FB atau ke telepon 085240992987, saya sangat mengharapkan para dokter  untuk bias membantu saya.

    Terima Kasih
     

  • http://pulse.yahoo.com/_N7U4F2OY5FK2T3EHWRLDT53XEM Mira Amalia

    dok kaki saya sudah lama sekitar 7 tahun yg lalu keluar bintik” merah dengan sendirinya….sampai sekarang belum sembuh juga malah makin menjalar kebagian betis sampai dengkul,,apa yang hrus saya lakukan dok untuk menghilangkan bintik” ini??

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Untuk kelainan kulit ada baiknya diperiksa langsung agar dpt dilihat kelainannya.

  • http://www.facebook.com/people/Andy-Yusmi-Chalim/100002006425055 Andy Yusmi Chalim

    saya Andy di Depok. umur 32 Tahun. saya udh lama mengidap penyalit eksim ini dok. dan kalau sudah luka susah untuk keringnya dok. yang paling gak saya tahan kalau udh berkeringat ditambah gatal lagi bisa gak tolong bantu saya dlm pengobatannya dok.  Tolong e-mail  cara pengobatannya  ke E-mail saya Di AndyYusmi@Gmail.com. Terima kasih sebelumnya dok.

  • http://www.facebook.com/people/Bambang-Genjik-Sumartono/100000235398709 Bambang Genjik Sumartono

    saya sudah coba dengan salep yang mengandung hidrokortison kadang seperti mau sembuh tap kambuh lagi aakah nasih ada obat yang lainnya.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Apakah ada riwayat alergi?

  • http://pulse.yahoo.com/_LFLB4TLTXSSMO4WGXM3EVQ5KWU Anisa Eliana

    halo selamat malam. Saya Anisa saya masih duduk di bangku SMA dulu berbagai pengobatan saya telateni. ada dokter yg memberikan saya salep, sembuh cuma kalo salep nya abis gatel lagi dan malah ga sembuh. dulu eksim saya sudah kaki dan tangan saya penuh. nah saya pake obat herbal jamu gitu di daerh ciwidey berobatnya, cuma saya ga kuat kalo minum jamu. akhirnya saya stop. ibu saya mencarikan alternatif lain dia menyaarankan memakai obat dari ludah lebah(obat sensor) nah kalo di oleasin tuuuh perihhhh nya naujubilah, sakit banget. nah kulit eksim saya jadi warna hitam. karena sakit saya stop lagi. akhirnya bude saya yg menderita eksim pun menyarankan memakai obat salep. alhamdulillah sekarang “kerak” itu udah ga ada, gatelnya juga udah ilang. kalo di pake salep itu tidak perih. sekarang saya tinggal pemulihan saja. jadi yang menderita eksim saya sarankan jangan stress, harus selalu mandi yah walaupun perih, teratur memakai obat, tetap berdoa kepada yang maha kuasa supaya cepet sembuh 😀 semoga bermanfaat ya. para penyindap eksim jangan digaruk kalo gatel :( TETAP BERJUANG MELAWAN EKSIM YA! PASTI BISA SEMBUH! amiin 😀 SEMANGAAT ;o

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Semoga berhasil. :)

    • http://pulse.yahoo.com/_IVKGTEA55LIBBDWJMJLJQXWK6M Via Tasya

      maaf mbak, kalo boleh boleh tau…itu salep yang di kasih sama bude nya mba anisa..salep merek apa yah?? saya juga kepingin coba…

    • kristina

      bisa di bagi gak pengalamannya,memakai salep apa yaa yg akirna sembuh total?
      terutama yang dari budenya… trims infonya….

  • http://profile.yahoo.com/MO7I4GH3N57WM3CNNMPKOPBKIU Diwa Perkasa

    saya udah pake betametason tp masih terus aja meluas. gimana dong solusinya?
    tolong banget komentarnya mengenai ini, soalnya ngga nyaman banget

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Jika eksimnya disebabkan oleh alergi maka akan tetap meluas jika penyebab alerginya tidak dihindari.

  • http://twitter.com/faimasta faima shahnai tahira

    sok eksim itu nular ga? kalo nular lewat perantara apa? makasih dok :)

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Eksim tidak menular.

  • http://www.facebook.com/people/Pey-Adietya/100000674720658 Pey Adietya

    ia,sya jg ad dok.dikaki,gtal bgt,dari kecil smpai skrg umur sya 23 thn.kulit nya agak menebal n kering.kdg2 dgaruk mpe lecet kakinya.obatnya apa ya,ktnya dgn makan dging ular bs smbuh.bnr g dok?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Eksim didasari oleh alergi, selama pencetus alergi belum dihindari maka selama itu pula keluhan eksim akan tetap ada. Saran saya, coba diskusikan dengan dokter anda tentang masalah ini. Mengenai daging ular, saya tidak tahu.

      On Thu, 08 Mar 2012 18:07:27 +0800, Disqus

  • http://www.facebook.com/jemblonk.boromania Danta Sie Bolang

    dok knp kulit sy kering,kasar,bersisik,memerah dan mnebal stelh pkai selsun shampo orange..
    wkt itu punggung saya gatal dan bercak wrn putih ky panu gt dok,kt tmn sy klo srh ksh selsun sampo orange sbg saleb.stelah sy pakai slma 1mnggu kulit saya mlh jd ky gt dok…
    pa itu iritasi / gmn dok ????
    trus cr mngobati nya gmn dok….
    terima kasih sbelum nya dok

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Yap, kemungkinan iritasi dan harus dipastikan ke dokter sebelum diberikan obat.

      On Sun, 18 Mar 2012 19:45:00 +0800, Disqus

  • http://profile.yahoo.com/MO2XKWWLV5YAAZVV44TC3QJO4M Norma

    apaah penyakit sejenis ini bisa dihilangkan secara permanen dan tidak ada kemungkinan untuk kambuh lagi?? bisakah pengobatan medis seperti laser atu sejenisnya dapat memberikan penyembuhan total?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Bisa, prinsipnya adalah menghindari penyebab.

      On Fri, 23 Mar 2012 13:49:06 +0800, Disqus

  • http://profile.yahoo.com/AEWG5WKSTGRXUEMNGCKK3V7FJ4 ,

    dok tangan dan kaki saya 2 hr blakang ini terasa sangat amat gatal rasanya ingin selalu mengaruk,,kmudian saya lihat adan bintik2 kecil berwarna bening sprt kumpulan telur serangga ,,d dalam kulit jari kelingking saya terumatamanya,kini saya menyadari bintik2 itu sprti gelombang ,ruam,mnyebar k sluruh telapak tangan saya yg sblah kiri..dok apakah ini d namakan dermatitis atau eksim?
    lalu apakah ini brbahaya bgi saya.
    saya takut sekali hal ini akan mengganggu aktivitas saya khawatir karna takut nya mengganggu kshtan saya sedangkan sbntar lagi saya hendak ujian nasional

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Yap, kemungkinan anda menderita eksim, berbahaya sih tidak cuma memang sangat menganggu bila tidak diobati.

      On Wed, 04 Apr 2012 14:43:01 +0800, Disqus

  • http://www.facebook.com/yeAndrySanU Yeandry Sanu Ack

    dokter bagaimana caranya kami mendapatkan obat seperti yang di anjurkan?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Disqus generic email templatedelete

  • http://www.facebook.com/yeAndrySanU Yeandry Sanu Ack

    dokter bagaimana kami mendapatkan obat yang di anjurkan??

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Disqus generic email templateTentu harus ke dokter untuk dilakukan pmeriksaan secara lengkap.

  • Happyfee

    Dok, kira-kira seminggu yang lalu saya merasa gatal di (maaf) pantat sebelah kanan. Ketika diraba seperti bintik-bintik kecil yang berjejer. Saya pikir iritasi biasa, karena mungkin lembab. Sementara saya cuma kasih minyak kayu putih dan bedak salicyl, dan setelah beberapa hari memang kering. Tapi kemudian, sekitar 2-3 hari yang lalu, saya merasa gatal-gatal lagi di sekitar bekas gatal yang lama, dan juga di sebelah kiri. Bahkan yang sebelah kiri gatalnya sampai ke paha. Karena penasaran, saya lihat lewat cermin. Yang di paha seperti ada dua bintik kecil mirip jerawat, tapi gatal sekali. Kemudian ada lagi di (maaf) pantat sebelash kiri dan sebelah kanan. Sementara ini saya masih pakai bedak salicyl sehabis mandi.
    Kira-kira ini apa ya, Dok? Dan apa yang Dokter sarankan untuk saya?
    Terima kasih banyak sebelumnya.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Disqus generic email templateSulit bagi saya untuk menentukan kelainan kulit tanpa melihat langsung, maaf ya.

  • Happyfee

    Yth. Dokter Made,
    Kalau seperti ini kenapa, ya, Dok? Maaf kalau mungkin gambarnya mengganggu.
    Terima kasih banyak sebelumnya.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Disqus generic email templateSaya tidak melihat gambarnya, bisa mengirimkannya via email ke blogdokter@gmail.com?

  • http://profile.yahoo.com/VZJ4RS3VSTFCBYCMDLGUEOTY2Y heni

    Yth. Dokter Made,
    saya mau taya, mengenai maslah kulit. kulit kaki saya hususnya daerah jempol kanan dan kiri sangat kering, hingga mengelupas seperti melepuh, saya sdh coba menggunakan salep kulit. tetapi tak kunjung sembuh juga. daerah penggir jempol terus mengelupas berwarna ruam kemerahan, hingga merusak kuku.
    menurut dokter infeksi kulit ini disebabkan krn ap?
    proses penyembuhannya? dan obat yang bisa memulihkan keadaan kulit jempol yang sehat? trmksh

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Saya menduga karena jamur tapi harus dipastikan dengan melihat langsung ke dokter.

  • http://twitter.com/melysari4 melysari

    Yth. Dokter Made,saya mau nanya mengenai masalah kulit.saya sering merasa gatal gatal kalau suhu badan saya tiba tiba berubah ,misalnya saya keringatan terus karena saking kepanasan saya langsung kekipas dan tak berapa lama kemudian kulit gatal gatal dan merasa panas apa bila digarukk
    saya sudah hampir setahun mengalaminya?
    bagaimana cara mengatasinya dok ??
    terima kasihh

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Khusus untuk alergi yang bisa dilakukan adalah menghindari penyebab.

  • http://www.facebook.com/marcboeday Marc Boeday

    Dok sudah sekitar sebulan badan saya merasa gatal-gatal.
    gatalnya sangat mengigit sekali dan terasa panas,setiap saya garuk kulit saya akan timbul dan memerah tapi setelah itu gatal tersebut hilang dan kulit kembali normal.Setelah beberapa jam timbul lagi gatalnya di tempat lain dan terjadi berulang-ulang dan berpindah-pindah.Jenis penyakit gatal apa yang saya alami sekarang ini dok? Dan apa solusinya? Terima kasih…

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kemungkinan alergi, coba pastikan dengan mengunjungi dokter kulit.

  • http://profile.yahoo.com/USBHJGEEU5CZ3JZSUEE7G5YMAY asmar

    dok, ada referensi tentang jenis2 penyakit kulit, gejalanya serta obat dari jenis2 penyakit kulit 
    kl ada bsa tolong kirim ke email cuca89@ymail:twitter .com
    terima kasih sebelumnya

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Banyak banget, di toko buku gramedia ada buku yang membahas penyakit kulit, silakan dicari.

  • http://dedepradana.org/ Dede Pradana

    wew.. ternyata kulit binatang jg bs jadi penyebab ya?? :'(

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Iya, alergi.

  • http://profile.yahoo.com/R766B27T6PKGPKQ5DMMOPKJK2Y gbio

    dok saya menderita penyakit eksim,udah besar dan belum sembuh” ada gak cara alaminya dok ?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Agar eksim tidak kambuh harus dicari penyebab atau pencetusnya untuk dapat dihindari.

  • http://profile.yahoo.com/76ZKRY5R5R5PXNRBQOGSJJ4L6Y Tsalits Taufiqillah

    dok, slm kenal nm sy taufik sdh 1 thn bibir saya gosong dan luka pdhl sy tdk merokok stlh sempat sy periksa k dokter umum sy di fonis mengalami alaergi obat,,dan saat itu sy di beri obat dan salep (kenalog)
    namun sampai saat ini gangguan yg sy alami tdk kunjung hilang..dan
    kadang2 gatal trus gosong dan kering sehingga sy trus gunkn salep trsbt
    setiap hari agar bibir tdk kering mskpun msh trlihat gosong sy ingin bibir sy kembali sprti dlu dan tidk tergantung pd obat atau salep trsbt.. ada solusi gag dok..
     

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Untuk kelainan kulit sebaiknya diperiksa langsung, sulit bagi saya untuk menebak dari jauh.

  • http://profile.yahoo.com/N6DNT63E3B5VKJF7YJ4A3LZ2GM Aly

    apa kb implan bisa menyebabkan dermatitis?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Bisa, jika terjadi reaksi alergi.

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000201607728 Aditriyan Andhenk

    ciri ciri eksim kalau mau sembuh apa aja???
    thanks:)

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Gatal berkurang dan luka mulai mengering.

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000201607728 Aditriyan Andhenk

    dok, cara mencegah penyakit eksim apa saja???

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Temukan penyebabnya.

  • http://profile.yahoo.com/WNICQLBNJAPXU6TFV7RLPS4FVQ Dewi

    suami saya menderita eksim sudah beberapa tahun, makanan apa saja yg harus di hindari dok? karena eksimnya itu sampai ada nanah nya.. 

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kira kira habis makan apa eksimnya tambah parah? Maka makanan itu yg hrs dihindari.

  • http://profile.yahoo.com/FF6LUP5CTZCEMEKKEOMNMAXLNU nad

    dok  teman saya menderita penyakit eksim dan kulit yg terkena penyakit tersebut terkadang suka keluar darah, tapi katanya ga sakit dan ga gatal, kira-kira cara ngobatinnya gi mana ya dok?

  • http://www.facebook.com/rudi.riyanto.731 Rudi Riyanto

    Maaf Dok mengganggu, saya menderita exim basah di telapak kaki dan
    sudah menahun lamanya, saya sudah berobat kesana kemari namun belum
    sembuh juga, saya sangat butuh sekali bantuan info dari Dokter mengenai
    obat yang bisa menyembuhkan penyakit saya ini, soalnya aktivitas saya
    sangat terganggu, bahkan untuk jalan saja saya merasa susah dan sakit
    yang saya rasakan. Terima kasih sebelumnya Dok. 

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Sudah ke dokter kulit? Menuntaskan eksim perlu dicari penyebabnya.

  • http://www.facebook.com/ellin.rakhadzakyen Ellin Rakhadzakyen

    dok, ka2k q kulitnya merah bintik2 dn gatal, gol drahnya AB + dn matanya brwarna kuning itu apa ada hubnya dok ?
    dn obatnya apa ya dok ?
    trms

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kemungkinan ada masalah pada liver. Coba kontrol ke dokter.

  • http://profile.yahoo.com/CPBTLE7ZDJWX5UMSHQUYU6X3IQ LalaDylann

    apa eksim sama dengan lupus?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Tidak.

  • no name

    dok, keponakan saya kemaren didiagnosis kena kutu, umurnya 5bulan. penuh semua badannya, bahkan telapak kaki sudah berkerak dan berisi air, sudah konsultasi dan berobat ke dokter kulit. dikasih salep racikan dan antibiotik, saat kuliltnya mulai bersih… dia kena sesak nafas dan meninggal. yang ingin saya tanyakan, apakah ada hubungan antara infeksi kutu yang dideritanya dengan penyebab kematiannya dok???

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Saya tidak berani menyimpulkan sebelum memeriksa riwayat penyakitnya dengan lebih mendalam. Maaf ya.

  • Pingback: Dampak Pakaiaan Ketat bagi Kesehatan « wiwirahayu19()

  • christopher adrian

    dok nama saya Christopher. saya masih kelas 1 SMA udah 6 bulan terjangkit penyakit ini. timbulnya sih masih sedikit di jari2 tangan, jari kaki serta betis kaki. bener gak sih dok kalo penyakitnya itu timbul gelembung berair mirip cacar ? kalo benar apa ya solusinya ? terimakasih

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Bisa seperti itu namun untuk penyakit kulit sebaiknya diperiksa langsung.

  • http://www.facebook.com/tai.meily Tai Meily

    dok,klo gatalnya bentuknya bentol bentol seperti di gigit nyamuk itu karna apa dok?apa ada obatnya dok?soalnya saya ud ke dokter kulit tapi ga sembuh juga.thanks.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kemungkinan karena alergi, agar tidak muncul harus diketahui penyebab alerginya untuk bisa dihindari.

  • vivi gunadi

    Dok… Saya udah 1 thn bulak balik dokter tp tdk kunjung sembuh…. Selalu muncul merah2… Dan gatrl… Saya sudah menyerah… Mohon bantuannyauntuk penyembuhan eksim nie

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Sudah mencoba mencari penyebabnya? Eksim karena alergi memang baru bisa disembuhkan bila penyebab alerginya bisa dihindari.

  • dwi

    dok ada obat herbal untuk menghilagi penyakit eksim?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Saya tidak terlalu mengetahui tentang pengobatan herbal.

  • Ulis

    Dok saya penderita kulit atopik d wajah ud bolak balik k doktr sembuh tp kambuh lg dlm setelah sebulan/2 bln.
    Kl saya baca dr tanya jwb d bawh,, dokter menyarankan agar d temukan pencetus alergi’y.
    Yg mo saya tanyakan bgm cara utk menemukan’y ??
    Mohon jwb’an nya.
    Trmksh..

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Cari sendiri atau ke laboratorium minta pemeriksaan alergi.

      Dari: Disqus
      Dikirim: ‎Rabu‎, ‎04‎ ‎September‎ ‎2013 ‎17‎:‎03
      Kepada: blogdokter@gmail.com

      Disqus Settings

      A new comment was posted on Blog Dokter

      This comment is awaiting moderator approval.

      Ulis

      Dok saya penderita kulit atopik d wajah ud bolak balik k doktr sembuh tp kambuh lg dlm setelah sebulan/2 bln. Kl saya baca dr tanya jwb d bawh,, dokter menyarankan agar d temukan pencetus alergi’y. Yg mo saya tanyakan bgm cara utk menemukan’y ??
      Mohon jwb’an nya.
      Trmksh..

      5:03 a.m., Wednesday Sept. 4

      Moderate this comment by email

      Email address: zee_uliest@yahoo.com | IP address: 112.215.66.69

      Reply to this email with “Delete”, “Approve”, or “Spam”, or moderate from the Disqus moderation panel.

      You’re receiving this message because you’re signed up to receive notifications about activity on threads authored by imcw.
      You can unsubscribe from emails about activity on threads authored by imcw by replying to this email with “unsubscribe” or reduce the rate with which these emails are sent by adjusting your notification settings.
      Disqus

  • Fauzan Iryan Arzha

    maaf sebelumya dok gambarnya ganggu

    temen saya punya penyakit eksim di tanganya tuh gatal gatal sampai keluar nanah sampai klo mau nulis sakit gimana dok cara menyembuhkanya
    dan saya mau tanya apa penyakit eksim bisa menular

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Eksim bukan penyakit menular.

  • diian anggraeni

    saya punya penyakit eksim kering dok, saya sudah berobat ke dokter spesialis tpi tak kunjung sembuh, itu krna apa ya dok??

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Pencetusnya masih ada dan belum dihindari.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Pencetusnya masih ada dan belum dihindari.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Pencetusnya masih ada dan belum dihindari.

      • NevifeL Tommy

        halo dokter, syterkena exim hampir kmbuhan selama 5thn, kalo laaydak minum obat, kadang kambuh gatal
        dan saya memiliki riwayat asma, exim saya tipe kering, apakah saya harus minum obat berkepanjngan, agar exim tidak kambuh? terimkasih dokter, mohon di balas? by Nev 30th

        • http://www.blogdokter.net dokter Made

          Agar eksim tidak kambuh, coba cari apa apa yang menjadi pencetus eksimnya lalu hindari.

  • yanhie

    dok sudah kurang lebih 3 bulan sering muncul bintik merah di ketiak sebelah kiri, saya pernah memberikan salep Gentamicin tapi tidak hilang malahan semakin banyak, saya mencoba salep Benoson dan bisa hilang, tetapi apabila saya berkeringat akan muncul lagi dan semakin melebar, saya merasa tidak gatal tp kadang-kadang terasa agak perih jika bintik merahnya banyak.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Untuk kelainan kulit sebaiknya diperiksa langsung.

  • Lita Kurnia Muliawati

    saya baru sembuh dermatitis dgn ciri melepuh, terbakar, ruam meluas tapi belum hilang bekasnya sudah kena lagi tapi ini tidak melepuh, tapi sangat gatal dan ternyata mnyebar saya sangat stress dan pusing dok mohon bantuannya saya sudh ke dokter dan diberi krim bevalex, antibiotik, vitamin, dan 2 obat minum lainnya.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kalau keluhannya tetap, sebaiknya kontrol ulang ke dokternya.

  • bebek penyu

    Dok, dermatiitis saya makin hari makin menyebar. Saya sudah coba cari tau penyebabnya, tapi sdah hampir 5tahun nggak ketemu2 juga. Saat lagi nggak gatal, kulit saya jadi keriput kayak nenek2. Saya jadi takut dan risih karena penyakit ini harus bergantung sma salep dktr

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Udah pernah ke dokter?

  • Yovita

    saya belum periksa ke dokter,
    sekitar dua bulan lalu ketiak kiri-kanan saya gatal dan ternyata itu adalah Dermatitis kontak akibat deodoran, padahal sebelum-sebelumnya, saya gak ada masalah dengan deodoran, terus sekarang gak hanya di ketiak dan sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain yang gak ada hubungannya sama deodoran, jadi?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kalau dermatitis kontak nya menyebar ke seluruh tubuh berarti kemungkinan bukan karena deodoran.

      • Yovita

        bisa gak gini, misalkan dari make deodoran, terus deodorannya kena tangan. terus belum cuci tangan malah megang (garuk) bagian tubuh yang lainnya karena gatel. bisa gitu gak? soalnya kadang-kadang karena buru-buru lupa cuci tangan hehehe…

        • http://www.blogdokter.net dokter Made

          Tidak.

  • kristina

    saya sudah periksa ke dokter sekitar 2 bulan yang lalu dan setiap berobat saya di suntik di berikan pil serta salep racikan stelah pemakaian gatal pada tangan,siku dan jari2 kaki yg menurut dokter adalah alergi sabun dan menurut dokter spesialis kulit saya eksim kering keturunan yg kebetulan mama saya juga memiliki riwayat yang sama dgn pemakaian obat secara rutin penyakit saya sembuh,tetapi apabila saya hentikan pemakaian karena saya tidak mau minum obat terus menerus penyakit saya ini kambuh lagi… ada pengobatan alternatif lain yg tradisional tidak agar tidak mengkonsumsi obat2an kimia secara berkala,mohon penjelasannya dokter….

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Eksim akan kambuh jika penyebab atau pencetusnya masih ada. Agar tidak kambuh lagi maka pencetus ini harus dideteksi dan dihindari.

  • Santi Ss

    Dok, di punggung tangan saya sepertinya terkena eksim. Karena dari ciri-ciri yg dokter sebutkan hampir semuanya benar. Dulu gatal di tangan saya telah hilang, karena saya menggunakan salep “betamethasone”. Namun setelah saya sembuh dan tidak memakai salep tersebut, gatal itu muncul lagi di tangan saya. Sekarang saya kembali menggunakan salep tersebut. Apakah salep yg saya gunakan telah benar dok? Mohon jawabannya. Terimakasih

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Benar tapi ada baiknya dicari penyebab eksimnya lalu dihindari agar eksimnya gak sering kambuh.

  • Neka

    Dok kalo gatal2 yg bentuknya meruntus2 kecil berair dan klo didiamkn bisa tmbh byk ky kulit melepuh dan gatal bgt itu termasuk eksim bukan?sudah serin kedoktek kulit bolak balik tp klo obat udah hbs kok msh kbuh2 lg itu gmn dok, sbenernya sdh bosan kedokter soalnya sama aja hasilnya tdk bs memberantas, dokter mengatakn sebabnya dr stres ato debu ato makanan, sdh sy hindari semua itu tp sama aja, gmn dok ada obat yg lbh manjur tdk??

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Dermatitis memang kambuh kambuhan sebelum penyebabnya diketahui.

    • tety

      Sama banget dengan sy….baru muncul setelah usia diatas 40 tahun sebelomnya ga ada riwayat eksim kecuali kaligata…..sampe bosaann bolak balik dokter. Ga kambuh kl minum obat begitu obat habis gatal kumat lagi. Malah bikin tambah stressss

      • http://www.blogdokter.net dokter Made

        Kalau alergi memang begitu, sangat menjengkelkan.

  • eneng galuh

    Dok, saya penderita eksim juga, setiap saya ke dokter saya diberitahu kalo jangan makan2nan yang berprotein tinggi, setiap habits dikasih obat pasti sembuh Dan biasanya eksim saya muncul 2 tahun sekali, namun baru akhir2 ini sering kambuh, padahal saya juga sudah menghindari makan ayam dsb, itu bagaimana ya dok?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Eksimnya kemungkinan disebabkan oleh alergi, kudu dicari makanan penyebabnya untuk dihindari.

  • Lastri Effendi

    Dok saya mempunyai masalah di kaki.sering timbul dgn gejala kaki bengkak gatal terus keluar butiran nanah kecil di sertai nyeri.obat apa yang cocok utk penyakit ini? Trimakasih Dok.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Untuk kelainan kulit sebaiknya diperiksa langsung.

  • Nico Tigi

    dok, saya punya masalah kulit, pernah berobat ke dokter, katanya jamur tapi tidak sembuh2. obat apa yang bisa menyembuhkan jamur ini?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Untuk mengobati jamur memang butuh waktu dan harus rajin berobat.

  • Poli Bagri

    pagi dok, 2 hari ini sy terasa gatal dari telapak kaki terus ke telapak tanganyang muncul bintik merah dan timbul. apa ada pengaruh dari sabum baru yg digunakan dok? kalau boleh jenis sabun apa yg bagus dan yang dihindari? terimakasih sebelumnya

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba gunakan sabun yang berbeda dengan yang sekarang, apakah keluhannya masih?

  • Ajeng Kartika H

    ibu saya menderita dermatitis stasis, pergelangan kaki kananya menjadi keras dan berwarna hitam, awalnya varises namun dipencet, jadi pecah. sudah setahun, kulit kerasnya menyebar mengelilingi pergelangan kaki. harus dibawa ke dokter apa ya dok? atau ada rekomendasi obat tradisional. terima kasih sebelumnya

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba ke dokter kulit atau ke dokter bedah vaskuler.

  • Pingback: Herbal Eksim – Your Source of Health()

  • Pingback: Penyakit Eksim Kering | Sehat Pintar()

  • Pingback: Penyakit Kulit Eksim | Sehat Pintar()

  • Pingback: Penyakit Eksim | Sehat Pintar()

  • Pingback: Penyakit Dermatitis | Sehat Pintar()

  • Pingback: cara menyembuhkan penyakit kulit eksim basah | Cara Mengobati Penyakit()

  • Pingback: cara mengatasi penyakit kulit eksim kering | Cara Mengobati Penyakit()

  • Pingback: cara menyembuhkan penyakit kulit eksim kering | Cara Mengobati Penyakit()

  • Pingback: cara penyembuhan penyakit kulit eksim | Cara Mengobati Penyakit()

  • Pingback: cara menyembuhkan penyakit kulit eksim | Cara Mengobati Penyakit()

  • Pingback: cara menyembuhkan penyakit eksim pada kulit | Cara Mengobati Penyakit()

  • Pingback: cara mengobati penyakit kulit eksim basah | Cara Mengobati Penyakit()

  • Pingback: cara mengobati penyakit eksim kering | Cara Mengobati Penyakit()


  • You Avatar
  • Tulisan Terbaru

  • Arsip Tulisan

  • Kategori