Sakit Kepala (1)

Posted in Tak Berkategori on 05 Des, 2007

Headache

Sakit kepala merupakan gejala yang paling sering dikeluhkan oleh seorang pasien saat berkunjung ke seorang dokter. Sakit kepala sendiri bisa disebabkan oleh karena faktor fisik dan psikis. Untuk sakit kepala yang disebabkan oleh faktor fisik memang mudah untuk mendiagnosa karena pada pasien akan ditemukan gejala fisik lain yang menyertai sakit kepala, namun tidak begitu halnya bila sakit kepala disebabkan oleh karena faktor psikis untuk itu diperlukan waktu lebih lama untuk mencari tahu penyebabnya.

Sakit kepala yang paling umum ditemukan terutama pada pekerja kantoran adalah Sakit kepala tegang atau Tension headaches. Pada sakit kepala jenis ini, pasien akan merasakan kepalanya seperti diikat dengan kain yang sangat erat, ketegangan/sakit pada otot-otot pundak/bahu, leher, kulit kepala dan rahang. Sakit kepala tegang sering dihubungkan dengan stress, depresi, kecemasan, bekerja secara berlebihan, tidur yang kurang, telat makan, peminum alkohol serta pengguna obat-obatan. Gejala sakit kepala bisa timbul dengan dipicu oleh konsumsi cokelat, keju dan penyedap masakan (MSG). Orang yang terbiasa minum kopi akan mengalami sakit kepala bila yang bersangkutan lupa untuk minum kopi.

Penyebab lain dari sakit kepala tipe ini adalah posisi kepala yang menetap pada jangka waktu yang lama seperti saat duduk di depan komputer, mikroskop atau mesin ketik. Kesalahan dalam posisi tidur, dan terlalu memaksakan diri untuk melakukan sesuatu.

Sakit pada awalnya dirasakan pasien pada leher bagian belakang kemudiang menjalar ke kepala bagian belakang selanjutnya menjalar ke kepala bagian depan. Sakitnya dirasakan pada kedua sisi kepala seperti kepala sedang diikat oleh kain yang sangat ketat.

Migrain adalah sakit kepala yang juga sering kita jumpai di masyarakat. Migrain atau migren merupakan salah satu sakit kepala dengan gejala yang cukup berat dan berulang. Selain sakit kepala yang khas pada satu sisi kepala (beberapa kasus bisa menyerang kedua sisi kepala), bersamaan dengan itu pasien juga akan merasakan gejala lain seperti gangguan pada penglihatan dan mual-mual. Sebelum pasien merasakan sakit kepala migren, terlebih dahulu mereka akan merasakan semacam aura (gejala peringatan akan timbulnya migren) seperti kepala terasa berdenyut

Sakit kepala lain yang juga sering dijumpai adalah :
Sakit kepala cluster atau Cluster headaches. Sakit kepala yang tajam seperti ditusuk-tusuk, sangat menyakitkan dan sering kambuh menurut periode tertentu.
Sakit kepala sinus. Sakit dirasakan terutama di bagian depan kepala dan wajah sesuai dengan lokasi sinus yang terkena. Sakit kepala sinus disebabkan oleh karena peradangan yang terjadi pada rongga sinus yang terletak pada dahi, hidung dan sekitar mata. Sakit akan bertambah berat bila kepala ditundukan ke depan dan saat bangun tidur di pagi hari.

Sakit kepala yang disebabkan oleh karena faktor fisik juga timbul saat kita menderita demam, flu, atau mengalami gejala premenstrual syndrome.

Pada orang yang berumur diatas 50 tahun yang mengalami sakit kepala hebat untuk pertama kali, bisa jadi yang bersangkutan menderita apa yang disebut dengan temporal arteritis. Selain sakit kepala, penderita juga akan merasakan gangguan penglihatan, dan sakit saat mengunyah. Terdapat resiko mengalami kebutaan bila gejala ini dibiarkan maka dari itu perlu penanganan dokter dengan segera.

Penyebab lain dari sakit kepala yang relatif jarang adalah :
Anuresma otak yaitu suatu keadaan dimana terjadi gangguan kekuatan pada dinding pembuluh darah otak sehingga pembuluh darah tersbeut mudah pecah dan menimbulkan perdarahan pada otak.
Tumor Otak
Stroke atau TIA
Infeksi otak seperti meningitis atau encephalitis.

Bersambung…

Tulisan ini dibaca: 775 kali

FacebookTwitterGoogle+Share

Merasa terbantu dengan artikel diatas? Mohon peran sertanya disini

  • Omahzee

    saya sering merasakan sakit kepala rasanya senut-senut, mata berkunang-kunang trs penglihatan terasa sedikit kabur lalu berpindah pada sekitar wajah (alis,dahi dll) kalau bangun tidur kadang kepala terasa muter-muter.termasuk gejala sakit kepala apakah yang aku rasakan ?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Belum bisa saya pastikan, harus dilakukan pemeriksaan yang lengkap.

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000488006093 Winda TheSoul Ishak

    kpla bag blakag saya sering sakit rasanya seperti habil dipukul benda keras,, rasanya sakit sekali,,
    qlo dithan” lama” perut saya jadi mual n ingin mntah,, tpi gbsa mntah..
    yg saya rsain ne msuk ke gejala sakit kpla apa??

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Sejak kapan sakitnya?

  • Manchusolaris

    saya juga sama kaya yang di ats ini udah sekitar 3 tahun sering kaya gini

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Tapi khan penyebabnya berbeda.

  • Emil_radhiansyah

    baru baru ini (sekitar 2 mingguan) dibelakang kepala saya sebelah kiri bawah merasa sakit yang disertai benjolan, dan sore ini begitu saya pegang leher belakang kiri juga ada rasa sakit kalau di pegang dan setelah di raba ada seperti ‘grenjelan’ (saya tidak tahu mendeskripsikannya dg kata2), kira-kira saya sakit apa ya..

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba dipastikan dengan ke dokter, sulit saya tebak dari sini.

  • http://pulse.yahoo.com/_6B2QXNVJQM4VB3PCHBSVTC7AVE Uwie

    dok, sy sering sakit kepala terutama di bagian belakang sebelah kiri/kanan dan kadang jg daerah depan, sakitnya sih cuma sebentar2, tapi kalo udh sakit, sakitnya spt di tusuk2, sakit bgt. kadang cm skali, kadang jg berulang2..
    knapa ya?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Gejalanya bisa disebabkan banyak hal, susah menebak dari jauh tanpa pemeriksaan lengkap.

  • Maruf Agung Kurniawan

    Dok, saya punya penyakit pelapa yang aneh yaitu :
    Sakit dibelakang kepala bagian kanan, tiap kali kambuh mata kanan dan gigi sebelah kanan saya sakit.
    Biasanya jika untuk istirahat selama 2-3 jam langsung sembuh dan bisa beraktivitas kembali. Sakit saya ini bisanya berperiode maksud saya, saya sakit 1-1,5 bulan dan nanti kambuh 6-8 bulan.
    Pertanyaan saya :
    1. Saya termasuk sakit kepala golongan apa ya dok?
    2. Penyebabnya apa?
    3. Metode/obat apa yang paling pas?
    Mohon balas secepatnya karena saya lagi kambuh dan tidak tau harus bagaimana lagi..

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      1. Saya curiga anda mengalami migrain.
      2. Penyebab kelainan ini masih belum jelas.
      3. Coba di bawa tidur, kalau masih sakit anda bisa mengkonsumsi obat sakit kepala yang dijual bebas.

  • http://pulse.yahoo.com/_RUJ4APEPQ2HQLIFLLTUPFWUTLI kezia

    dok, saya sering sakit kepala sering sakit kepala sebelah kanan tapi terkadang sebelah kiri tapi sering sakitnya disebelas kanan, perut, badan terasa lemes, tenggorongkan, mata, ada benjolan kecil di leher sblah kanan, pusing dan disekitar kepala sakit kya ditusuk2 dan dipukulin. kira2 sakit apa dan seberapa bahaya nya dok

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Keluhan anda sangat tidak spesifik, perlu dilakukan pemeriksaan yang
      lengkap, coba kontrol langsung ke dokter.

  • http://pulse.yahoo.com/_AJLIKO6XXQHAMSFIVDFHOVLDMA Heni

    DOK , sya suka skit kpla d bagian belakang,., tadi nya tiap ad benjolan kecil tiap d tekan , trss sya coba brobat alternatf , memang benjolan nya hilang tp skit nya tdak hilang mlah sprti pndah d dekat telinga …
    kira” skitt sya berbahaya gak ya dok ???

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Benjolan begini sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter.

  • http://pulse.yahoo.com/_RNFGCZDFVMMIVPJCLCDOW44JIA Komsatun Miss

    salam kenal dok, saya perempuan berusia 25 tahun. terkena hipertensi dan sakit bronkitis. sudah 3 minggu ini bronkitis saya kambuh, jadi saya batuk pilek. sudah 3 hari ini saya sakit kepala di bagian ubun-ubun sampai ke mata dan hidung. sakitnya setelah tengah hari sekitar jam 12 siang sampai malem. apakah sakit kepala saya ini termasuk sakit kepala sinus? apa obatnya? dan apa bahayanya? terimakasih jawabannya.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Bisa juga karena hipertensinya. Kalau karena sinus pasti ada keluhan pada daerah sinus.

  • http://pulse.yahoo.com/_U7FEQGAAHDCWYAUPBSCK7JDLMA Yossi

    dok, ketika saya jogging. .
    kpla blkang sya yg disebelah kiri dan kanan yg bgian blkang skit…
    sprti di tusuk2
    dan saat itu jga, penglihtan saya jdi gag jelas…

    stlh berhnti jogging. mta yg sblah kiri ber air terus..

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba ke dokter untuk diperiksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh terutama tekanan darah.

  • http://pulse.yahoo.com/_35X64UBWQKIWFST3PFZESJ7HLY Mmozambik Mbsu

    Dok, sudah 3 bulan terakhir ini saya  sering mengalami sakit kepala bagian belakang, terutama saat posisi tidur. Sakitnya terasa dekat telinga sebelah kanan, kadang pindah ke sebelah kiri dan bagian depan. Leher saya juga sering terasa kaku dan tegang.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba periksakan tekanan darah ke dokter dan mata.

  • Nor Aida

    assalamualaikum doktor, dok saya tak tahu lah dok kenapa ye sejak kebelakangan ni saye slalu rase benda cucuk di belakang kepala saya. sakit sangat2 dok.kadang2 pening tibe2 dan rasa macam nak pengsan.mata pulak pun kadangkala kabur.tapi kadang2 je dia sakit.saya tak makan ubat pun dok sebab takut. Selain tu kan doktor kaki saya selalu kebas.ni pun sakit jugak dok.kanapa yang dok? dan ada tak cara lain untuk mengatasi selain dari pergi hospital? 

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Umur berapa?

  • fikhian Ha

    selamat pagi dok,
    saya pria 19 th, setiap bangun tidur saya sering mengalami sakit kepala, apa lagi kalau abis tidur siang. kadang mata saya yang merasa sakit. terus juga kalau kepala saya gelengkan terasa sakit. terkandang kalau kepala kita ditundukan terasa sakit (ini hanya terkadang). sepertinya gejalanya sama seperti sakit kepala sinus. Sakit ini sangat mengganggu aktifitas saya.
    terus penyebab penyakit ini karena apa dok? apa karena pola hidup yang salah?
    terus saya harus meminum obat apa dok?

    terima kasih… :)

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kalau saya curiga karena posisi tidur yang kurang nyaman.

      On Mon, 02 Apr 2012 07:55:04 +0800, Disqus

      • fikhian Ha

        terus posisi tidur yang nyaman itu gmn dok?

        • http://www.blogdokter.net dokter Made

          Tiap tiap orang berbeda beda, yang utama adalah posisi bantal harus bisa menopang kepala dengan baik.

          On Mon, 02 Apr 2012 21:57:05 +0800, Disqus

  • http://profile.yahoo.com/6UVBTHY5G24HSJYLTSHIGAVWAQ Badai

    selamat malam dok
    saya pria usia 30th, saya sudah lama dan sering mengalami  dibagian belakang, biasanya dibarengi dengan daerah sekitar dahi dan mata
    saya terkena sinusitis, hidung berair dan sering bersin, sakit kepala saya terus menerus dok
    apakah sakit kepala saya ini disebabkan oleh sinusitis atau yang lain?apakah saya perlu melakukan scan kepala bagian belakang saya?sebaiknya saya berkonsultasi kedokter spesialis THT langsung atau dokter spesialis apa?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Sudah dijawab via email.

      On Sun, 08 Apr 2012 02:16:25 +0800, Disqus

  • http://twitter.com/Rhifz_cha Rifka Indah

    Dok saya seorang mahasiswi, saya dalam 1 minggu sangat sering mengeluh sakit kepala, tapi setelah diperiksa ke dokter tekanan darah saya normal, keluhan lain yang saya rasakan saya sangat sering melupakan sesuatu dan untuk mengingatnya itu sangat sulit dan membuat kepala saya semakin sakit, saya sering sekali salah dalam berkomunikasi, selain itu pada saat saya berdiri saya harus perpegangan krena merasa sangat pusing. Wajah saya juga keliatan Pucat (menurut tman2 saya). mohon penjelasan dokter Trimakasih.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba periksakann kadar Hb untuk mendeteksi adanya anemia.

  • pahmi

    salam dok..
    sudah satu minggu ini,, saya sakit kepala sperti ditusuk2 dan perut seperti di iris2,,gejala apa ya dok? dan badan pun panas

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Susah bagi saya untuk memastikan penyakit tanpa memeriksa langsung.


      I Made C. Wirawan
      http://www.blogdokter.net
      Powered by Thunderbird Email Client

  • Emi Hartati

    Dok kepanakn saya sudah dua hari ini sakit kepala seperti ditusuk-tusuk sampai ingin membenturkan kepala nya sendiri ke dinding, setiap kambuh butuh waktu kurang lebih satu jam setengah baru reda, terulang lg keesokan harinya jg mlmnya.
    Dia seorg mahasiswi umur 20 thn. Mojon petunjuk bgmn cr mengatasinya karna kl kambuh sampai meraung raung kesakitan, makasih

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kalau memang sudah lama seperti itu, coba ke dokter spesialis syaraf untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai kondisi di dalam kepalanya.

  • trifosa

    saya merasakan sakit spt ketat di bagian bawah kepala sebelah kanan bagian belakang, yg mau saya tanyakan adalah apa yg sebaiknya sy lakukan,terima kasih sebelum dan sesudahnya

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Sementara coba minum obat pereda sakit saja dulu, saya nggak bisa ngasi solusi selanjutnya karena belum memeriksa langsung sehingga belum diketahui penyebab sakitnya.

  • Romy

    selamat malam dok,
    sudah 3 bulan ini saya sering menggertakan gigi pada saat tidur,dan saya sering sakit kepala didaerah didahi,yang saya mau tanyakan bagaimana cara mengatasi penyakit tersebut

    terima kasih

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba periksakan diri langsung ke dokter.

  • lina

    Dok saya d diagnosa sefalgia.. sebenarnya sefalgia itu penyakit apa dan bahaya ndak dok?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Sefalgia itu istilah medis untuk sakit kepala.

  • Pingback: Sakit Kepala Tension - dailynow science site()

  • umi muslimah

    assalamu’alaikum,,dok saat saya mengunyah makanan di sebelah kiri otot otot otak sebelah kiri merasa sakit,terpaksa disaat makan saya harus memegang kepala saya yang sakit itu.kira kira kenapa itu dok?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Sakitnya sejak kapan? Sudah minum obat?


  • You Avatar
  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori