Mimisan (Epistaksis)

Posted in Tak Berkategori on Jul 30, 2007

Mimisan atau dalam bahasa kedokterannya disebut Epistaksis merupakan gejala yang sangat sering dijumpai pada anak anak, walau demikian banyak orang tua yang ketakutan dan bingung bila anaknya kedapatan sedang mimisan. Mimisan sendiri bukan merupakan suatu penyakit tetapi merupakan gejala dari suatu penyakit, itu artinya mimisan bisa terjadi karena bermacam sebab dari yang ringan sampai yang berat.

Mimisan merupakan gejala keluarnya darah dari hidung yang dapat terjadi akibat sebab kelainan lokal pada rongga hidung ataupun karena kelainan yang terjadi di tempat lain dari tubuh. Kelainan lokal dapat berupa trauma misalnya mengorek hidung, terjatuh, terpukul, benda asing di hidung, dan iritasi gas yang merangsang.

Sebab lokal yang lain adalah infeksi hidung dan organ sekitarnya, tumor baik yang jinak maupun ganas, perubahan lingkungan yang mendadak misalnya perubahan tekanan atmosfir yang mendadak pada penerbang dan penyelam, benda asing yang masuk ke hidung tanpa permisi, dan penyebab yang lain yang belum diketahui dengan pasti.

Sedangkan kelainan di bagian tubuh yang lain yang bisa menyebabkan mimisan antara lain, penyakit jantung dan pembuluh darah seperti tekanan darah tinggi dan kelainan pembuluh darah, kelainan darah seperti turunnya kadar trombosit, gangguan pembekuan darah, leukimia. Kelainan lain yang menyebabkan mimisan yaitu, infeksi seluruh tubuh seperti demam berdarah, gangguan hormonal dan kelainan bawaan.

Memang penyebab mimisan seperti yang dijabarkan diatas sangat banyak dan kompleks, baik yang merupakan penyebab yang ringan (tidak memerlukan penanganan lebih lanjut) maupun yang merupakan penyebab yang berat alias harus mendapatkan penanganan khusus. Maka dari itu perlu dilakukan pemeriksaan yang cermat pada pasien dengan mimisan untuk diobati dengan cermat dan tepat.

Prinsip penanganan mimisan ada tiga yaitu menghentikan perdarahan, mencegah komplikasi dan mencegah terulangnya mimisan. Untuk perdarahan yang ringan, menghentikan perdarahan dapat dilakukan dengan menekan kedua cuping hidung ke tengah selama beberapa menit. Untuk perdarahan yang hebat dan penghentian perdarahan dengan menekan cuping hidung gagal maka pasien perlu segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Komplikasi yang sering terjadi pada pasien dengan mimisan adalah syok dan anemia. Kedua komplikasi ini terjadi akibat perdarahan yang banyak yang tidak tertanggulangi atau terlambat mendapatkan penanganan. Komplikasi yang lain adalah turunnya tekanan darah akibat dari kehilangan darah yang banyak.

Tidak usah khawatir, menurut para ahli 90 persen mimisan akan berhenti sendiri dengan segera, sedangkan yang 10 persen memerlukan tindakan khusus. Asal tidak terlambat mendapatkan penanganan maka komplikasi yang berat tidak terjadi.

Tulisan ini dibaca: 298 kali

FacebookTwitterGoogle+Share
  • Nico larson

    aneh bgt sih menurut ajaran dari sekolah saya penyebab mimisan bukan sepeti itu kok penyebab mimisan adalah pembuluh darah di hidung tidak tahan menahan panas jadi pembuluh itu meneteskan darah sediki demi sedikit itu yang dinamakan mimisan

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Tidak tahan menahan panas? Panas apa?

  • Irwan_nuklir

    cuaca yang panas ya???…
    ponakan saya sering mengalami mimisan..
    kata dokter, selaput hidungnya aja yang sudah tipis, sehingga mudah mengalami pendarahan didaerah hidung. bagaimana cara menanganinya??
    tolong ya..!!!
    thanks a lot,,,

    irwan di makassar..

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Khan sudah tahu biang keroknya yaitu cuaca panas. Usahakan jangan terlalu lama berada di cuaca yang panas.

  • Sri Meladia

    Saya punya anak Laki-laki, umurnya 9 tahun, kalau kecapekan Dan tidak tidur siang mimisan. Kira-Kira berbahaya tidak y dok? Makasih atas jawabannya. Salam Nyonya Busono Bogor

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Tidak, nanti juga akan hilang sendiri seiring dengan bertambahnya usia.

  • http://www.facebook.com/people/Desy-Aprianingsih/100001208110861 Desy Aprianingsih

    anak saya 5,5 thn sering sekali mimisan. terutama bila kelelahan dan kurang tidur. apakah ada tips2 khusus untuk menanganinya?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Saat mimisan, coba kompress pangkal hidung dengan es. Boleh juga
      dengan menekan cuping hidung dengan tangan untuk menghentikan
      perdarahan.

  • http://www.facebook.com/people/Desy-Aprianingsih/100001208110861 Desy Aprianingsih

    adakah tips2 khusus untuk menangani anak yg sering mimisan?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Jaga kondisi fisik anak tersebut, mimisan terjadi bila anak terlalu
      kelahan dan perubahan iklim yang drastis.

  • http://www.facebook.com/people/Desry-Fitria/100000726382175 Desry Fitria

    jadi klo da seseorang anak memang menderita epitaksis dari kelas 2 sd sampai sekarang kelas 5 sd apakah ada pengaruhnya pada saat ibunya mengandung yang mengkonsumsi obat-obatan atau hal yang lain faktor pendukung epitaksis tersebut

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Tidak.

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000169708171 Irenn Ndhutzz

    kakak saya sering mimisan kalo kecapekan, dan itu terjadi sejak dia kecil sampai umur 16 thn. Apakah itu berbahaya dok ?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Tidak selama mimisannya bisa berhenti sendiri.

  • hendry restianto

    cewek saya punya kebiasaan mimisan, setiap ada masalah yang membuat dia sedih pasti keluar darah dari hidung,katanya sih penyakit bawaan, udah ke dokter tapi hasilnya nihil.ada caranya gak yah buat ngatasi hal tersebut..masa iya sih dia hidup jgn ada masalah biar gak mimisan..tu kan gak mungkin banget.saya khawatir kalo dia punya penyakit yg mengakibatkan mimisan..

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Ajari dia tabah menghadapi stress atau masalah. Itu saja solusinya. Kalau perlu bantuan bisa ke psikolog atau psikiater.

  • BungaHati

    ayah ku beberapa hari ni mimisan, tiap hari malah….. Apa sebabnya?????

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba segera ke dokter untuk diperiksa secara lengkap.

  • http://www.facebook.com/people/Vera-Qiuutee/100002440050155 Vera Qiuutee

    saya mempunyai kebiasaan mimisan setiap saya mersa capek or udara pans biasa nya saya langsung mimisan, yg ingin saya tanyakan tu knp hidung saya sakit saat menjelang mimisan, dan setelah itu pasti pusing , apakah itu berbahaya, saya belum pernah k dokter sie,,
     

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara lengkap.

  • Aris Rohmadi

    sejak usia 3 tahun anak saya sering mimisan, misalnya habis main panas-panasan, keningnya terbentur, atau kadang kena tinju temannya, dia mimisan tapi cepat berhenti sendiri, mimisan seperti ini tergolong yang mana ya, terima kasih sharingnya

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Mimisan yang normal terjadi pada anak anak akibat pertumbuhan dinding pembuluh darah yang belum sempurna.

  • http://pulse.yahoo.com/_HQPSMMCB6XVKTG6Y4ROIYDB334 aNda

    dok, saya mau bertanya. kalo mimisan pada orang hamil itu wajar atau gak yah? umur kandungan sekitar 6 bulan. seringkali mimisan tiba-tiba. dan baru berhenti setelah 5 kali mimisan..
    apakah itu menunjukkan adanya penyakit atau kelainan tertentu pada kandungan..?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kalau masih mau berhenti sih tidak masalah namun bila kerap terjadi ada baiknya diperiksa secara lengkap ke dokter.

  • dhita

    halo dokter,,, saya seorang perempuan, usia saya 24 tahun. sedari kecil saya sering sekali mimisan sama seperti ayah saya. namun, ketika dewasa, saya masih mengalami mimisan, sedangkan ayah saya hanya ketika wktu kecikl. apalagi ketika saya bekerja, mimisan semakin sering keluar. bagaimana cara menanganinya ya dokter? dan apakah kesehatan saya terganggu, krn saya juga sering merasa lemas.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba lakukan pemeriksaan darah secara lengkap, bila hasilnya normal maka kemungkinan mimisan terjadi karena memang pembentukan pembuluh darah hidung yang tidak sempurna. Coba ke dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan secara lengkap.

  • prita

    Halo dokter… ini saya juga termasuk yang sering banget mimisan. Seringnya seh mimisan pas lagi tidur. Terus pas bangun di tempat tidur sudah banyak darah hasil mimisan. Saya sudah mimisan dari kecil. Cuma saya pikir, saya mimisan setiap kali saya capek.Biasanya se indikasi sebelum mimisan itu saya ngerti, kalo sudah agak pusing, terus kepala jadi agak panas pasti ntar mimisan. Tapi setelah mimisan kepala jadi ringan dan g pusing lagi. Kira-kira,kalo kayak gitu gimana y?? bingung antara mau ke dokter apa g. Soalnya selalu berhenti sendiri. O iya, seringnya di hidung sebelah kiri saja. Terima kasih….^^

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba ke dokter saja untuk memastikan kelainan, kalau memang tidak apa apa khan jadi tenang. :)

  • FelicEueajah

    hallo dok,, sya mau tanya, knp ya dok setiap keluar drah dr hidung sya sllu mrskan pembengkakan d urat kpla sya dkt mata sblh kiri,, sya menderita epistaksis sdh 5thn trkhir, smnjk itu jg rmbut sya rontok dok, apa itu efek samping dr obt yg sya konsumsi dok?? apa lg sya jg asma..
     

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Sudah memeriksakan diri ke dokter?

  • Pingback: Nose Bleeding (Epistaxis) Treatment | The Health And Life Style()

  • andyucyha

    hallo dok

    saya mau bertanya ni

    adek saya sudah dua kali ini mengalami mimisan di sertai sakit kepala, apakah berbahaya buat dia
    bisa kasi solusinya dok

    trimakasih

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Untuk mengetahui bahaya atau tidak tentu harus diperiksa secara lengkap ke dokter.

  • gustianto rahman

    hmm… dok saya terkena datah rendah, trombosit darah saya memang turun terus dok.. ditambah kalau mimisan gak mau berhenti- berhenti.. apa itu udah termasuk epistaksis dok??? oh iya. kalau saya sedang pendarahan hebat, saliran dikepala saya seperti tertekan an terjepit.. itu kenapa yaa dok??? terimakasih

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Mimisan itu bahasa medisnya epistaksis. Coba kontrol ke dokter dan cari tahu penyebab turunya trombosit. Kemungkinan mimisannya karena penurunan trombosit tersebut.

  • hafia

    Dok saya umur 17thn. Saya memang sering mimisan sejak kecil, tapi sdah berenti semenjak saya SD. Tapi setelah hidung saya cedera(retak) kelas 6SD saya jadi sering mimisan lagi sampau skrg terutama kalau lg kecapean dan cuaca panas. Kata dokter memang berpengaruh. Tapi masa iya dok sampai tahunan pengaruhnya.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kemungkinan pengaruh cideranya sehingga bentuk pembuluh darah pada hidung terganggu.

  • dyah ayu

    dok saya sering banget mimisan tapi gejala awal pusing tus pusing sembuh nanti pusing lagi kalau belum mimisan pusing terus kepala waktu sakit demam pun juga gitu keluar mimisan sembuh kenapa ya dok aku
    pernah kepuskesmas katanya sering mimisan itu karena telat makan betul ya dok

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Banyak hal yang bisa menyebabkan mimisan dan kebanyakan bukan karena sesuatu yang berbahaya. Yang paling sering karena masalah pada pembuluh darah di hidung.


  • You Avatar
  • Tulisan Terbaru

  • Arsip Tulisan

  • Kategori