Polip Hidung

Posted in Info Penyakit on 03 Jul 2007 Cetak

Bila anda mengalami hidung tersumbat yang menetap dan semakin lama semakin berat ditambah dengan ingus yang selalu menetes serta gangguan fungsi penciuman, kemungkinan besar anda menderita polip hidung. Polip hidung terjadi karena munculnya jaringan lunak pada rongga hidung yang berwarna putih atau keabuan. Jaringan ini bisa diamati langsung dengan mata telanjang setelah lubang hidung diperbesar dengan alat spekulum hidung.

Polip hidung biasanya menyerang orang dewasa yang kemungkinan disebabkan oleh karena reaksi hipersensitif atau reaksi alergi pada mukosa hidung yang berlangsung lama. Beberapa faktor lain yang meningkatkan kemungkinan terkena polip hidung antara lain sinusitis (radang sinus) yang menahun, iritasi, sumbatan hidung oleh karena kelainan anatomi dan adanya pembesaran pada konka.

Prinsip pengobatan dari polip hidung yaitu mengatasi polipnya dan menghindari penyebab atau faktor faktor yang mendorong terjadinya polip. Bila polip kecil dilakukan pengobatan dengan obat obatan oral dan penyemprotan dengan obat semprot hidung. Namun bila polip besar dan tidak dimungkinan dengan pengobatan oral atau semprot maka harus dilakukan operasi pengangkatan polip.

Sayangnya bila faktor yang menyebabkan terjadinya polip tidak teratasi maka polip hidung ini rawan untuk kambuh kembali demikian berulang ulang. Oleh sebab itu sangat diharapkan kepatuhan pasien untuk menghindari hal hal yang menyebabkan alergi yang bisa menjurus untuk terjadinya polip hidung.


Technorati : , ,
Del.icio.us : , ,
Ice Rocket : , ,
Flickr : , ,
Zooomr : , ,
Buzznet : , ,
Riya : , ,
43 Things : , ,

Dibaca sebanyak 2425 kali. Terima kasih.

Merasa terbantu dengan artikel diatas? Mohon peran sertanya disini

Silakan berdiskusi tentang kesehatan disini : www.medisiana.com

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000480516805 Ningshi Juztinbismakharisma Pr

    dok sy mau tanya…..

    sy punya tman umur 16 tahun punya penyakit influenza dr umur 13 tahun dan skarang dia sering mengelu katanya d leher nya sring kyak ada lendir..apakah dia terkena polip atau penyakit apa dok….dan bgaimana cr mengatasi nya….???

    terima kasih

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Belum bisa saya pastikan sebelum dilakukan pengamatan langsung.

  • aidanisyam

    Dok mw tnya. Hidung sya alergi sjk sktr 8thn yg lalu, dlu sya priksa dan katanya sya mnderita polip hidung. Tapi yg sya rasakn sjk 2thn yg lalu, sya srg kesakitan dbgian hidung dan kepala. Tiap hari hidung sya sering tersumbat, ingus kental, trkadang keluar darah tp sedikit, kepala terasa skit (terasa berat bgt), dan penglihatn mata sya agak kabur.
    sebenarnya sya itu menderita polip apa sinusitis? apa bedanya polip sma sinusitis?dan apa pnglihatn mta sya itu ada hubungannya dngan skit sya?

    5kasih..

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kemungkinan keduanya bisa. Bedanya polip ada kayak daging yang tumbuh di dalam rongga hidung dan gejala utama polip adalah hidung tersumbat.

  • http://www.facebook.com/people/Yanti-Zidan/100001599471929 Yanti Zidan

    saya sudah pernah menjalani operasi polip…tp 3 bulan belakangan hidung saya sering mengalami masalah seperti pilek, bersin2 dan gatal di bagian hidung. bagaimana cara mengatasi polip yg sudah dioperasi agar tak kambuh lagi…

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Pilek dan gatal kemungkinan karena alergi. Nah, cara paling ampuh untuk mencegah munculnya gejala alergi adalah mencari pencetusnya lalu hindari.

  • http://www.facebook.com/demas.tan Demas Tan

     dok, mau tanya ni, kenapa setiap kali saya tiduran hidung saya langsung mampat, seperti ada ingus tapi kalo saya berdiri hidung saya normal kembali? apakah itu polip dok? atau apa?
    terus saya ada aktivitas berenang setiap minggunya, tapi setiap kali saya renang, hidung saya langsung banyak mengeluarkan ingus, dan setelah renang saya langsung pilek, pada malam hari setelah saya renang hidung saya makin mampat dok. nah itu kenapa ya dok? terus solusinya bagaimana? terimakasih..


  • You Avatar
    Blog Ini Ditulis Oleh Seorang Dokter Yang Kebetulan Suka Ngeblog dan Berteman.
  • Klik VSI Yusuf Mansur

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Berlangganan Artikel

    Tulis Email Anda


    Preview | Powered by FeedBlitz
  • Konsultasi Online