Radang Tenggorokan (Faringitis Akut)

Posted in Tak Berkategori on Mei 11, 2007

Beberapa dari kita tentu pernah mengalami nyeri tenggorokan yang super hebat sehingga menelan sesuap nasi rasanya susah banget. Nyeri seperti ini tentu sangat sangat menjengkelkan, apalagi di depan kita tersedia makanan kesukaan kita yang lezat dan harum. Alangkah tersiksa rasanya, beberapa obat telah dicoba tetapi tidak juga mempan, begitu pula dengan obat obatan tradisional dari nenek tercinta.

Yap, faringitis atau radang tenggorokan memang merupakan penyakit yang sering diderita oleh pasien yang berobat ke tempat saya. Terkadang pasien dengan faringitis juga disertai dengan gejala flu yang lain seperti demam, sakit kepala, pilek dan batuk. Namun penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus EBV atau kuman Strep. pyogenes ini dengan mudah dapat dikenali dengan pemeriksaan tenggorokan pasien. Pada pemeriksaan ini ditemukan peradangan pada daerah faring dengan tanda berupa kemerahan serta ditemukannya pembesaran pada kelenjar limfe regional disekitarnya. Pada kasus yang berat bisa ditemukan nanah atau eksudat.

Permasalahan faringitis diperparah dengan keadaan pasien yang sulit menelan, bahkan tidak bisa makan. Keadaan ini tentu akan mengurangi asupan makanan yang bergizi ke tubuhnya yang pada gilirannya akan menganggu proses penyembuhan.

Namun tidak perlu khawatir, pada penderita faringitis yang disebabkan oleh virus, akan sembuh sendiri dalam beberapa hari. Pasien hanya diberikan obat symptomatis untuk mengurangi penderitaannya karena kesakitan menelan dan gejala flu yang lain. Sebaliknya bila faringitis disebabkan oleh bakteri, baru diperlukan antibiotika yang adekuat untuk membunuh bakteri jahat tersebut.

Komplikasi terjadi biasanya pada faringitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri, dimana sering terjadi abses peritonsilar dan abses parafaring, yang penanganannya memerlukan tindakan pembedahan.


Technorati : , ,
Del.icio.us : , ,
Ice Rocket : , ,
Flickr : , ,
Zooomr : , ,
Buzznet : , ,
Riya : , ,
43 Things : , ,

Tulisan ini dibaca: 178 kali

FacebookTwitterGoogle+Share
  • Agungdewo

    saya sudah minum amoxilin dan nyeri maupun suara serak sudah hilang padahal obat udah mau habis apa perlu saya balik lagi keklinik thanks dokter

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kalau keluhan udah hilang, tidak usah lagi.

  • Robin_moo

    Saya sakit radang tenggorokan, agak sakit menelan, dan tonsil membesar, ada bercak putih. Saya minum cefadroxil 500mg 2x sehari, tapi rasanya sudah 2 hari ini belum ada perubahan dok. Padahal makanan saya diet minyak dan pedas..
    Oiya, saya juga menghisap F.G Troches kalau tenggorokan terasa sakit.

    Pertanyaan :
    1. Berapa lama kira2 antibiotik harus terus dikonsumsi ?
    2. Saya ingat, bahwa 4 bulan lalu, saya mengkonsumsi obat yang sama, apakah ini mengakibatkan bakteri itu kebal ? Apakah sebaiknya saya mengkonsumsi antibiotik lain ?

    Terima kasih atas jawabannya…

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      1. Minimal 3 hari.
      2. Coba dulu selama 3 hari jika tidak mengalami perubahan baru coba antibiotika yang lain.

  • dwi

    radang tenggorokan bisa menyebabkan nafas tidak segar ngga sih Dok..?

    belakangan ini tenggorokan saya terasa agak panas tapi tidak terlalu sakit cuma nafas terasa ngga segar, apa obat yang tepat ya Dok?

    terima kasih atas jawabannya.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Bisa, karena tenggorokan khan gerbang saluran nafas juga.

  • Amaliahossiatillah

    saya sering sakit radang tenggorokan dan masuk angin,sekarang pun iya sy cb mnm exaplam,obat btk kering,,,,adakah obt alaminya ? apakah radang tenggorok merupakan gejala adanya penyakit lain misalnya TORCH,,makanan atau aktifitas apa yang hrs sy hindari supaya tdk terkena lg. tks

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Masalah tenggorokan yang suka meradang biasanya karena faktor makanan dan kesehatan pencernaan. Coba perbanyak makan buah, sayur dan air.

  • Desi Pujilestari

    saya pernah mengalami sakit yang sangat dibagian tenggorokan, seperti ada yang mengganjal. untuk menelan ludah saja sakitnya minta ampun. ketika dibawa ke dokter, dokter hanya memberikan obat yang lebih seperti permen. sampai obat itu habis sakit tenggorokan saya belum sembuh. akibat itu berat badan saya turun 6 kilo dalam waktu lima hari saja. karena tersiksa tidak mendapatkan asupan makanan yang baik, saya akhirnya paksakan menelan makanan yang bertekstur keras. akibatnya, saya seperti merasakan benjolan di tenggorokan saya pecah dan mengeluarkan nanah. apa iya benjolan tersebut adalah akibat radang yang sudah sangat parah? dan cairan nanah yang ditimbulkan itu apakah berbahay atau tidak?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba kontrol ulang ke dokter kalau bisa ke dokter THT untuk dilihat langsung kondisi tenggorokannya dengan alat khusus.

  • budi

    Salam kenal dok. saya sejak kecil sering radang tenggorokan, sehingga sering konsumsi antibiotik. setiap 2-3 bln sekali akan radang dan harus minum antibiotik. hal ini telah berlangsung kira2 10-12 tahun, dan sangat susah menghentikannya, padahal saya sudah menjauhi gorengan, pedas, atau es. apa tenggorokan alergi pd sesuatu? apa efek konsumsi antibiotik dalam jangka panjang ini dok? adakah solusi spy saya tidak sakit radang tenggoroka setiap 2-3 bulan? terima kasih banyak atas solusinya dok, saya sangat terbantu

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Sudah memeriksakan diri ke dokter THT?

  • Niken

    utk menyembuhkan radang tenggorokan apakah harus mengkonsumsi antibiotik?
    kalo iya, knp?
    apa tdk bisa hanya minum analgesik&vit c saja?
    terima kasih…

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Tidak semua radang tenggorokan harus mengkonsumsi antibiotika.

  • yoonaa

    saya didiagnosa oleh dokter faringitis kronis.
    tp saya masih ragu, karna disekitar pangkal lidah saya terdapat bnyak benjolan, apakah itu termasuk faringitis?
    dan bagaimana cara menyembuhkannya, apa harus minum antibiotik secara rutin?
    terima kasih

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Harus dipastikan dulu dengan melihat langsung apa benjolan tersebut.

  • http://www.facebook.com/people/Rita-Dewi-Suryadi/100000600463298 Rita Dewi Suryadi

    Salam knl dok , bgmana kita dapat mengetahui apakah radang yang kita derita karena bakteri atw bukan ? Sehingga kita tdk perlu mengkonsumsi antibiotik , dok ? Perbedaannya bgtu dok ?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Radang yang bukan karena bakteri biasanya sembuh dalam seminggu.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Hanya dokter yang berpengalaman yang bisa melakukannya. Sebagai
      penanda awam, bila keluhan tidak terlalu berat dan sembuh dalam 3 – 4
      hari maka kemungkinan penyebab adalah virus.

  • baling

    slm knl dok.
    sy randang tenggorokan sudah 6hr .sudah minum obt dn antibiotik tp knp lama kelamaan malah semua lidah sy ikut perih ya ?apa obt yg ampuh ya ?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Tidak semua radang tenggorokan memerlukan antibiotika, coba kontrol ke dokter.

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=1756239108 Adinda Ajeng Cukacoeklat Clalu

    apakah radang tenggorkan yg kronis masih bisa di sembuhkan dok?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Bisa.

  • danielElpur

    saya radang tenggrokan udah 7 hari lebih kalu buat makan sakit ya terus apa lagi kalu buat makan kacang tuh

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba minum air putih yang banyak, bila keluhan menetap, segera memeriksakan diri ke dokter.

  • danielElpur

    bener udah 7 hari nin kalu buat makan sakit nya bukan main bahkan gak bisa tidur ya

  • http://www.facebook.com/arfeny.oktantia Arfeny Vhenouy Nhedy

    salam kenal dok….

    dok saya mau tanya..saya sellu radang sakit tenggorokan,demam,pusing,mual…setiap 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali…saya penyakit seperti ini dari masa saya anak2 dok…selama menderita sakit ini suara saya akan habis..dan tidak bisa bicara..apa saya termasuk penyakit radang tenggorokan akut?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba atur pola makan, perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

  • http://www.facebook.com/people/Deni-Afrodit-Feronika/100000124621621 Deni Afrodit Feronika

     MAAF DOKTER AWALNYA SAYA MENDERITA GERD LALU SETELAH BEBERAPA BULAN
    SAYA MENDERITA TENGGOROKAN SERASA MENGGANJAL… DAN SEKARANG GERDNYA
    SUDAH ENAK.. TP KENAPA KOK TENGGOROKAN MASIH ADA YG MENGGANJAL..
    PEMERIKSAAN APA YG HRS SAYA LAKUKAN… KE DOKTER HANYA DI KASIH ANTI
    BIOTIK.. PADAHAL BELUM JELAS PENYEBABNYA KRN BELUM TES USAP DI LAB..
    MATURNUWUN..

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Coba tanyakan yang lengkap ke dokter anda karena dia yang melihat langsung kondisi tenggorokan.

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000432825385 Vita IKu ImuEdz

    dokter saya sering sakit tenggokan, apalagi kalau mkan-makanan yg banyak pewarnanya dan es yg banyak pemanis buatan…
    rasa sakiitt bgtttt buat nelan, bicara dan kering bangett rasanya….
    tapi kalao saya minum antibiotik 2-3 obat sembuh…
    itu gejala sakitt apa????????  mkasiih

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Radang tenggorokan dan obatnya bukan antibiotika. Waktu 3 hari memang waktunya sembuh walau tanpa antibiotika.

  • liusrumbiak

    Dokter Adik saya sdh 2 bulan sakit radang tenggorokan.sebelumnya dia sakit Mag.menurut dokter yg pertama menanganinya sakit radang tenggorokan itu di sebabkan oleh bakteri yg berasal dr lambungnya yg sakit mag.sebelumnya dia pernah sakit radang tenggorokan tapi dia sembuh dengan obat yg dia beli sendiri tanpa resep dokter.sekarang dia sdh berobat dengan beberapa dokter dan telah minum banyak obat yg mereka berikan tetapi sampai sekarang tidak sembuh.sekarang kami bingung bagai mana cara menyembuhkannya. mungkin dokter punya saran?terima kasih.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Radang tenggorokan paling banyak disebabkan oleh virus sehingga dalam seminggu akan sembuh sendiri. Sembari menunggu sembuh perbanyak minum air dan bila menganggu proses makan, minumkan obat penghilang sakit.

  • http://www.facebook.com/people/Wahyu-Timbul/100001587325637 Wahyu Timbul

    Dok, saya mau tanya setiap habis makan, kita kan biasa sendawa trus sehabis sendawa itu tenggorokan saya sakit apa itu gejala kena radang tenggorokan. Trima kasih.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kemungkinan iya, pengaruh iritasi asam lambung.

      I Made Cock Wirawan
      http://www.blogdokter.net
      Powered by BlogDokter.Net BlackBerry®

  • http://www.facebook.com/people/Wahyu-Timbul/100001587325637 Wahyu Timbul

    Dok, saya mau tanya sehabis makan dan terus bersendawa setelah bersendawa tenggorokan terasa sakit apa itu gejala radang tenggorokan? dan apa solusi penyembuhannya? trima kasih?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Ada masalah di lambung, gas lambung yang asam mengiritasi tenggorokan. Solusi sementara, coba minumkan obat maag untuk menetralisir asam lambung dan bila tenggorokan sangat nyeri minum obat penghilang nyeri dan minum air yang banyak.

  • http://pulse.yahoo.com/_2XRSN4MMZ4PVEEABCBPYBHIFJE Leli laelatul Badriah

    Dokter, saya mau tanya anak saya umurnya 4thn termasuk agak sering kena radang tenggorokan, antara 3-6 bulan jaraknya, klo kena radang panas badannya akan tinggi sekali bahkan sempat sampai 40,5’C dan panasnya nggak akan turun klo saya hanya obati dengan obat turun panas, kalaupun panasnya turun hanya sementara saja.
    Setiap saya bawa berobat, pasti dokter kasih antibiotik, dan setelah minum antibiotik panasnya akan berangsur turun. Suami saya juga sering menderita radang tenggorokan dan akan sembuh juga setelah minum antibiotik. Pertanyaan saya, kalau sering terkena radang tenggorokan apakah itu mengindikasikan penyakit lain yang lebih berat?. Apakah saya harus memeriksakan anak saya ke dokter THT? dan apakah radang tenggorokan termasuk bisa menjadi penyakit turunan?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Radang tenggorokan bukan penyakit turunan, lebih baik memang memeriksakan diri ke dokter THT sehingga diketahui dengan pasti kondisi tenggorokan kenapa mudah sekali meradang. Apakah ada masalah dengan tonsil atau kelenjar yang lain disana.

  • rafika m

    Dok bedanya faringitis akut dg ispa apa ya? Kok penjelasannya mirip is. Trs saya juga mudah terkena ispa padahal udah voba mengurangi mie, es dan pedas. Trs biasanya saya sekitar bahu terasa pegel sebeum sakit dan akhirnya lari ke leher dan ada yg bengkak biasanya limfanya. Terus kira2 penyebab sering pegelnya bahu itu gimana solusinya dok. Terimakasih

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Faringitis itu bagian dari ISPA.

  • ayu

    Dok sudah 3 hari ini tenggorokan saya terasa tidak enak. Untuk menelan tidak terlalu sakit tapi pangkal hidung terasa sakit. Lidah terasa pahit dan sering agak meriang. Saya minum paracetamol. Apakah saya perlu obat kumur atau bagaimana dok? Trimakasih.

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Minum air yang banyak saja.


  • You Avatar
  • Tulisan Terbaru

  • Arsip Tulisan

  • Kategori