Radang Tenggorokan (Faringitis Akut)

Posted in Info Penyakit on 11 May 2007 Cetak

Beberapa dari kita tentu pernah mengalami nyeri tenggorokan yang super hebat sehingga menelan sesuap nasi rasanya susah banget. Nyeri seperti ini tentu sangat sangat menjengkelkan, apalagi di depan kita tersedia makanan kesukaan kita yang lezat dan harum. Alangkah tersiksa rasanya, beberapa obat telah dicoba tetapi tidak juga mempan, begitu pula dengan obat obatan tradisional dari nenek tercinta.

Yap, faringitis atau radang tenggorokan memang merupakan penyakit yang sering diderita oleh pasien yang berobat ke tempat saya. Terkadang pasien dengan faringitis juga disertai dengan gejala flu yang lain seperti demam, sakit kepala, pilek dan batuk. Namun penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus EBV atau kuman Strep. pyogenes ini dengan mudah dapat dikenali dengan pemeriksaan tenggorokan pasien. Pada pemeriksaan ini ditemukan peradangan pada daerah faring dengan tanda berupa kemerahan serta ditemukannya pembesaran pada kelenjar limfe regional disekitarnya. Pada kasus yang berat bisa ditemukan nanah atau eksudat.

Permasalahan faringitis diperparah dengan keadaan pasien yang sulit menelan, bahkan tidak bisa makan. Keadaan ini tentu akan mengurangi asupan makanan yang bergizi ke tubuhnya yang pada gilirannya akan menganggu proses penyembuhan.

Namun tidak perlu khawatir, pada penderita faringitis yang disebabkan oleh virus, akan sembuh sendiri dalam beberapa hari. Pasien hanya diberikan obat symptomatis untuk mengurangi penderitaannya karena kesakitan menelan dan gejala flu yang lain. Sebaliknya bila faringitis disebabkan oleh bakteri, baru diperlukan antibiotika yang adekuat untuk membunuh bakteri jahat tersebut.

Komplikasi terjadi biasanya pada faringitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri, dimana sering terjadi abses peritonsilar dan abses parafaring, yang penanganannya memerlukan tindakan pembedahan.


Technorati : , ,
Del.icio.us : , ,
Ice Rocket : , ,
Flickr : , ,
Zooomr : , ,
Buzznet : , ,
Riya : , ,
43 Things : , ,

Dibaca sebanyak 2985 kali. Terima kasih.

Merasa terbantu dengan artikel diatas? Mohon peran sertanya disini

Silakan berdiskusi tentang kesehatan disini : www.medisiana.com

  • danielElpur

    saya radang tenggrokan udah 7 hari lebih kalu buat makan sakit ya terus apa lagi kalu buat makan kacang tuh

  • danielElpur

    bener udah 7 hari nin kalu buat makan sakit nya bukan main bahkan gak bisa tidur ya

  • http://www.facebook.com/arfeny.oktantia Arfeny Vhenouy Nhedy

    salam kenal dok….

    dok saya mau tanya..saya sellu radang sakit tenggorokan,demam,pusing,mual…setiap 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali…saya penyakit seperti ini dari masa saya anak2 dok…selama menderita sakit ini suara saya akan habis..dan tidak bisa bicara..apa saya termasuk penyakit radang tenggorokan akut?

  • http://www.facebook.com/people/Deni-Afrodit-Feronika/100000124621621 Deni Afrodit Feronika

     MAAF DOKTER AWALNYA SAYA MENDERITA GERD LALU SETELAH BEBERAPA BULAN
    SAYA MENDERITA TENGGOROKAN SERASA MENGGANJAL… DAN SEKARANG GERDNYA
    SUDAH ENAK.. TP KENAPA KOK TENGGOROKAN MASIH ADA YG MENGGANJAL..
    PEMERIKSAAN APA YG HRS SAYA LAKUKAN… KE DOKTER HANYA DI KASIH ANTI
    BIOTIK.. PADAHAL BELUM JELAS PENYEBABNYA KRN BELUM TES USAP DI LAB..
    MATURNUWUN..


  • You Avatar
  • Klik VSI Yusuf Mansur

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Berlangganan Artikel

    Tulis Email Anda


    Preview | Powered by FeedBlitz
  • Konsultasi Online