Kanker Payudara

Posted in Info Penyakit on 13 Mar 2007 Cetak

Kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara. Kanker bisa mulai tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak maupun jaringan ikat pada payudara.

Penyebab
Penyebabnya tidak diketahui, tetapi ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seorang wanita menjadi lebih mungkin menderita kanker payudara.

Faktor Risiko
Beberapa faktor risiko yang berpengaruh adalah :
1. Usia.
Sekitar 60% kanker payudara terjadi pada usia diatas 60 tahun. Risiko terbesar ditemukan pada wanita berusia diatas 75 tahun.
2. Pernah menderita kanker payudara.
Setelah payudara yang terkena diangkat, maka risiko terjadinya kanker pada payudara yang sehat meningkat sebesar 0,5-1%/tahun.
3. Riwayat keluarga yang menderita kanker payudara.
Wanita yang ibu, saudara perempuan atau anaknya menderita kanker, memiliki risiko 3 kali lebih besar untuk menderita kanker payudara.
4. Faktor genetik dan hormonal.
5. Pernah menderita penyakit payudara non-kanker.
6. Menarke (menstruasi pertama) sebelum usia 12 tahun, menopause setelah usia 55 tahun, kehamilan pertama setelah usia 30 tahun atau belum pernah hamil.
7. Pemakaian pil kb atau terapi sulih estrogen.
8. Obesitas pasca menopause.
9. Pemakaian alkohol.
10 Pemakaian alkohol lebih dari 1-2 gelas/hari bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.
11. Bahan kimia.
Beberapa penelitian telah menyebutkan pemaparan bahan kimia yang menyerupai estrogen (yang terdapat di dalam pestisida dan produk industri lainnya) mungkin meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.
12. DES (dietilstilbestrol).
Wanita yang mengkonsumsi DES untuk mencegah keguguran memiliki risiko tinggi menderita kanker payudara.
13 Penyinaran.

Gejala dan Tanda
Gejala awal berupa sebuah benjolan yang biasanya dirasakan berbeda dari jaringan payudara di sekitarnya, tidak menimbulkan nyeri dan biasanya memiliki pinggiran yang tidak teratur.

Pada stadium awal, jika didorong oleh jari tangan, benjolan bisa digerakkan dengan mudah di bawah kulit. Pada stadium lanjut, benjolan biasanya melekat pada dinding dada atau kulit di sekitarnya. Pada kanker stadium lanjut, bisa terbentuk benjolan yang membengkak atau borok di kulit payudara. Kadang kulit diatas benjolan mengkerut dan tampak seperti kulit jeruk.

Gejala lainnya yang mungkin ditemukan adalah benjolan atau massa di ketiak, perubahan ukuran atau bentuk payudara, keluar cairan yang abnormal dari puting susu (biasanya berdarah atau berwarna kuning sampai hijau, mungkin juga bernanah), perubahan pada warna atau tekstur kulit pada payudara, puting susu maupun areola (daerah berwana coklat tua di sekeliling puting susu), payudara tampak kemerahan, kulit di sekitar puting susu bersisik, puting susu tertarik ke dalam atau terasa gatal, nyeri payudara atau pembengkakan salah satu payudara. Pada stadium lanjut bisa timbul nyeri tulang, penurunan berat badan, pembengkakan lengan atau ulserasi kulit.

Pencegahan
Banyak faktor risiko yang tidak dapat dikendalikan. Beberapa ahli diet dan ahli kanker percaya bahwa perubahan diet dan gaya hidup secara umum bisa mengurangi angka kejadian kanker.

Diusahakan untuk melakukan diagnosis dini karena kanker payudara lebih mudah diobati dan bisa disembuhan jika masih pada stadium dini.

Sadari, pemeriksan payudara secara klinis dan mammografi sebagai prosedur penyaringan merupakan 3 alat untuk mendeteksi kanker secara dini.

Penatalaksanaan
Biasanya pengobatan dimulai setelah dilakukan penilaian secara menyeluruh terhadap kondisi penderita, yaitu sekitar 1 minggu atau lebih setelah biopsi. Pengobatannya terdiri dari pembedahan, terapi penyinaran, kemoterapi dan obat penghambat hormon.

Terapi penyinaran digunakan untuk membunuh sel-sel kanker di tempat pengangkatan tumor dan daerah sekitarnya, termasuk kelenjar getah bening.

Kemoterapi (kombinasi obat-obatan untuk membunuh sel-sel yang berkembangbiak dengan cepat atau menekan perkembangbiakannya) dan obat-obat penghambat hormon (obat yang mempengaruhi kerja hormon yang menyokong pertumbuhan sel kanker) digunakan untuk menekan pertumbuhan sel kanker di seluruh tubuh. Dibaca sebanyak 4280 kali. Terima kasih.

Merasa terbantu dengan artikel diatas? Mohon peran sertanya disini

Silakan berdiskusi tentang kesehatan disini : www.medisiana.com

Obat Peninggi Badan Tiens

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100000498432087 Fiintta Feliix ToeLoes

    saya remaja usia 16 thn, sya mempunyai bnjoln d dlm payudra sya sblah kiri, saya kira tu hl biasa yg d mliki olh smua wnta, tpi stlh sy priksa tu knker, tp yg sy tkutkan mnurut artkel d ats klau kanker d angkat mka akan mmpunyai resiko lbih 0,5-1% per thun.. apa yg hrus sy lkukn dok??

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kanker? Periksa dimana? Umur 16 tahun jarang banget kanker payudara. Kemungkinan tumor jinak payudara yang tidak berbahaya.

  • http://pulse.yahoo.com/_ZFGEJGTAMZYK24VNLYP4PE56XU Sriwahyuningrum

    Saya seorang ibu menyusui, usia 29thn. sejak semalam payudara sebelah kanan sy, dekat ketiak hingga ke puting terasa nyeri dan saat sy merabanya terasa ada benjolan sebesar satu ruas jari. awalnya kupikir pembengkaka itu hanya karena payudara sy sedang penuh, namun hingga skr sakitnya masih terasa padahal payudara sy sdg tdk penuh.apakah itu gejala kanker dok?

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Kemungkinannya kecil, apalagi saat ini anda sedang menyusui. Kemungkinan akibat infeksi pada kelenjar limfe ketiak.

  • Vynia

    Kalo payudara terasa sakikalo dipegang , trus puting dan daerah sekitarnya gatal2 it apa yak dok?
    Umur sy 13 th ,
    kalo bkn it penyakit apa yah

    • http://www.blogdokter.net dokter Made

      Peraddangan bisa, coba pastikan dengan memeriksakan diri ke dokter.

  • http://www.facebook.com/people/Jarjit-Singh/100001651245539 Jarjit Singh

    saya seorang ibu menyusui, usia 25 tahun,

    tadi pagi payudara saya terasa sakit dan kelihatan bengkak,

    agak sedikit berwarna kemerahan,

    tp pas saya raba sepertinya tidak ada benjolan,

    tp rasanya sakit sekali,

    apakah ini gejala kanker payudara?

  • http://pulse.yahoo.com/_36EGGVZSAQE4BUM7RMHCXVETVQ Tika

    dokter, saya remaja 17 tahun, dok. mengapa ya dok, puting payudara saya melekuk ke dalam? tapi kalo sedang mandi, kadang2 putingnya keluar(tidak melekuk ke dalam lg) saat putingnya itu keluar, ada cairan putih gtu, tp ga banyak. tp saat saya selesai mandi, puting payudara saya melekuk ke dalam lagi. ini knp dok? jujur saya takut bwt periksa. saya takut itu kanker ato apa. ini terjadi dari saya kelas 2 SMP dl sampai skrg. saya biarkan sja, dok. krn saya ga tau, kalo trrnyta salah satu gejala kanker payudara, ya seperti ini. saya takut, dok. itu penyakit apa? :(


  • You Avatar
  • Klik VSI Yusuf Mansur

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Berlangganan Artikel

    Tulis Email Anda


    Preview | Powered by FeedBlitz
  • Konsultasi Online

  • Pengunjung

    web counter

    Klik Untuk Statistik

  • Umur Blog

    Blog ini telah online sejak 7 tahun, 5 bulan dan 2 hari yang lalu.