Mari Mengenal Pubertas Pada Remaja

pubertas
Pubertas remaja

Masa masa remaja katanya adalah masa masa paling indah dalam kehidupan. Masa masa ini pula menjadi masa yang rawan pada tahapan kehidupan manusia karena akan berpengaruh pada masa depannya. Salah satu tahapan kehidupan yang dialami oleh seorang remaja adalah pubertas. Apa itu pubertas? Mari mengenal pubertas pada remaja.

Baca juga: Sekilas Tentang Mimpi Basah

Apa yang terjadi di masa pubertas?

Pada masa pubertas ditandai dengan kematangan organ-organ reproduksi, termasuk pertumbuhan seks sekunder. Pada masa ini juga remaja mengalami pertumbuhan isik yang sangat cepat.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) Donasi


Memuat…


Kapan awal masa puber?

Ada ahli yang mengatakan bahwa masa pubertas terjadi sebelum munculnya menstruasi dan mimpi basah. Secara isik dalam tubuh kita terjadi perubahan-perubahan yang sangat cepat.

Apa penyebab perubahan fisik remaja?

Hingga kini belum jelas. Yang terjadi adalah 4 tahun sebelum menstruasi, bagian otak yang disebut hypothalamus sudah mengeluarkan zat yang disebut faktor pencetus yang menghasilkan hormon pertumbuhan.

Pertumbuhan yang cepat ini dimulai kira-kira 4 tahun sebelum menstruasi, terutama dalam 2 tahun yang pertama dan melambat lagi menjelang menstruasi.

Ada juga para ahli yang berpendapat, masa pubertas ditandai dengan dimulainya seorang perempuan mengalami menstruasi dan mimpi basah pada laki-laki. Secara psikologis mulainya mimpi basah dan menstruasi berpengaruh pada remaja. Mereka mulai menyadari sudah terjadi perubahan pada dirinya.

Apa pengaruh awal masa pubertas terhadap emosi remaja?

Keidaktahuan remaja mengenai apa yang terjadi pada dirinya dan mengapa hal itu terjadi dapat menimbulkan rasa cemas dan malu. Mereka akan bertanya-tanya apakah perubahan itu merupakan suatu hal yang normal, apakah semua orang mengalaminya, apa yang harus mereka lakukan dengan perubahan itu.

Bagaimana reaksi remaja perempuan pada awal masa pubertas?

Pada remaja perempuan, umumnya belajar tentang haid dari ibunya. Sayangnya idak semua ibu/orang tua memberikan informasi yang memadai kepada putrinya dan sebagian bahkan beranggapan tabu membicarakan hal tersebut kepada putrinya. Akibatnya remaja putri menjadi cemas dan berkeyakinan bahwa menstruasi itu sesuatu yang tidak menyenangkan dan membuat dirinya kotor. Khususnya jika remaja putri tersebut mengalami hal-hal yang idak menyenangkan menjelang dan selama ia menstruasi seperi merasa idak enak badan, pusingpusing, perut kembung, leih atau mudah tersinggung.

Baca juga: 7 Manfaat Kunyit Yang Mungkin Belum Diketahui

Bagaimana dengan remaja laki-laki?

Dibandingkan dengan remaja putri, pengalaman mengalami mimpi basah pada laki-laki idak menimbulkan kecemasan yang inggi, karena tidak diperlukan perawatan ekstra seperi menstruasi pada remaja putri.

Donasi seikhlasnya demi keberlangsungan blog ini:

Nih buat jajan

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman.