Mengenal Manfaat dan Dampak Inhalasi Hidrogen

Mengenal Manfaat dan Dampak Inhalasi Hidrogen
Mengenal Manfaat dan Dampak Inhalasi Hidrogen

Beberapa waktu lalu, viral video sekumpulan ibu-ibu menggunakan alat terapi inhalasi hidrogen. Dalam video tersebut disebutkan bahwa inhalasi hidrogen digunakan agar tubuh makin sehat.

Apa itu inhalasi hidrogen? Benarkah terapi ini bermanfaat atau justru berbahaya bagi kesehatan? Simak terus ulasan di bawah ini, ya!

Apa Itu Inhalasi Hidrogen?

Inhalasi hidrogen adalah terapi yang dilakukan dengan menghirup hidrogen melalui hidung hingga masuk ke paru-paru. Hidrogen (H2) adalah gas yang mudah terbakar, tidak berwarna, dan tidak berbau.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip


Memuat…


Menurut penelitian yang dimuat jurnal Oncotarget, manfaat inhalasi hidrogen dapat membantu melawan sejumlah penyakit yang disebabkan oleh stres oksidatif akut. Stres oksidatif adalah kondisi rusaknya sel dan jaringan akibat kadar radikal bebas melebihi antioksidan di dalam tubuh.

Inhalasi hidrogen berpotensi sebagai antioksidan. Selain itu, inhalasi hidrogen diduga dapat memberikan efek antiperadangan, antialergi, dan antiapoptosis (mencegah kematian sel secara terprogram).

Disampaikan dr. Theresia Rina Yunita, terapi inhalasi hidrogen sedang marak dilakukan untuk pengobatan peradangan pada organ pernapasan, seperti paru-paru.

Inhalasi biasanya dilakukan menggunakan hidrogen berkonsentrasi rendah, sekitar 1-4 persen. Hidrogen bisa dihirup melalui masker wajah, ventilator, atau nasal kanul. Umumnya, inhalasi hidrogen dapat memberikan efek yang cepat.

Baca juga: Deretan Manfaat Air Hidrogen untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Inhalasi Hidrogen
Manfaat Inhalasi Hidrogen
Manfaat Inhalasi Hidrogen

Ada sejumlah manfaat inhalasi hidrogen untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mengurangi Risiko Kerusakan Sel dan Jaringan

Menurut riset yang dirilis jurnal Current Pharmaceutical Design, hidrogen berpotensi sebagai antioksidan. Antioksidan dapat mengurangi kadar radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel dan jaringan.

Baca juga: Mari Mengenal Trans Fat

2. Mengatasi Peradangan

Kerusakan sel dan jaringan akibat stres oksidatif dapat menyebabkan peradangan pemicu berbagai penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, hingga penyakit jantung.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa inhalasi hidrogen bertekanan tinggi dapat menyembuhkan peradangan hati yang disebabkan oleh infeksi parasit. Hidrogen dapat menghambat risiko cedera jaringan akibat peradangan yang dipicu oleh stres oksidatif.

Menurut penelitian pada tikus asma yang dimuat jurnal Asthma Research and Practice, inhalasi hidrogen bermanfaat meningkatkan fungsi paru-paru dan mengurangi risiko peradangan saluran napas. Meski begitu, diperlukan penelitian lanjutan pada manusia.

3. Mendukung Pemulihan Tubuh

Apoptosis adalah kematian sel secara terprogram. Efek antiapoptosis hidrogen dapat mencegah kematian sel di semua jaringan tubuh yang terjadi selama proses perkembangan dan penuaan.

Sebuah riset menemukan bahwa manfaat hidrogen bisa mendukung proses metabolisme serupa efek yang dihasilkan usai berolahraga. Hidrogen diduga dapat mendukung proses pemulihan tubuh.

4. Melindungi Pembuluh Darah

Berdasarkan penelitian yang digagas Boston Children’s Hospital, inhalasi hidrogen bermanfaat melindungi organ pembuluh darah. Hidrogen dalam dosis yang tepat bisa mendukung pengobatan pasien stroke dan serangan jantung.

Sebab, hidrogen bisa mencegah terjadinya iskemia, yaitu kondisi kekurangan aliran darah akibat terganggunya pembuluh darah.

Adakah Bahaya Inhalasi Hidrogen?

Dokter Theresia Rina mengatakan penggunaan inhalasi hidrogen tidak menimbulkan dampak serius bagi kesehatan.

“Bahaya penggunaan inhalasi hidrogen juga tidak ada, asalkan digunakan sesuai anjuran dokter,” katanya.

Menurut studi yang dipublikasikan Critical Care Explorations, terapi tidak menimbulkan efek samping kesehatan pada orang dewasa, ketika hidrogen yang dihirup sebanyak 2,4 persen.

Inhalasi hidrogen adalah terapi yang menjanjikan untuk mengobati berbagai penyakit. Meski terapi ini menunjukkan manfaat yang besar, tetap diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui efektivitas inhalasi hidrogen.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip

Bisa klik logo di bawah ini juga:

Nih buat jajan