Lagi Lagi Ngonten Berbuah Petaka

konten viral
Lagi Lagi Ngonten Berbuah Petaka

Pagi ini saya dikejutkan oleh sebuah konten video TikTok di Twitter yang menampilkan aksi beberapa bidan yang berjoged di samping pasien dan seorang penunggu pasien. Di dalam video juga terdapat caption yang kurang lebih isinya, si bidan bergoyang saat menunggu ketuban pecah (yang artinya pasien sedang dalam proses persalinan).

Bila dilihat dari sisi etika tentu saja ini sebuah kesalahan yang fatal. Konten ini mengabaikan privasi pasien (yang seharusnya sangat dilindungi oleh tenaga kesehatan). Apalagi tindakan yang dilakukan termasuk ke dalam tindakan yang membutuhkan privasi tingkat tinggi. Di video juga tampak wajah keluarga pasien yang kebetulan sedang menunggui pasien yang sedang terbaring di tempat tidur.

Tenaga kesehatan adalah profesi yang ‘diikat’ oleh etika profesi yang sangat ketat. Setiap tindakan yang dilakukan pada pasien harus memperhatikan etika. Bahkan ketika tidak sedang bersama pasien, seorang tenaga kesehatan tetap harus memperhatikan etika saat bergaul dalam lingkungan pekerjaan.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip


Memuat…


Euforia media sosial, khususnya TikTok telah membuat banyak orang hanyut dalam kemeriahannya. Orang orang berlomba membuat konten viral dan menjadi terkenal. Entah apa motivasinya, setiap hal bisa dijadikan konten yang viral dan terkenal. Euforia ini juga menghinggapi para tenaga kesehatan.

Masih jelas dalam ingatan beberapa waktu yang lalu, seorang siswa perawat viral setelah membuat konten pemasangan kateter pada pria, kini muncul lagi konten serupa dalam versi berbeda.

Sebagai seorang yang setiap hari bekerja di dunia kesehatan sangat berharap ini menjadi yang terakhir. Jika tidak, konten konten seperti ini dapat menggerus kepercayaan pasien terhadap tenaga kesehatan. Pasien menjadi was was setiap ke fasilitas kesehatan karena takut dijadikan konten.

Untuk tenaga kesehatan saya mengingatkan kembali. tolong ingat ingat kembali etika profesi saat berhadapan dengan pasien. Privasi pasien adalah segalanya, apalagi berhubungan dengan tindakan tindakan yang membutuhkan privasi tingkat tinggi. Jangan sampai gara gara kepentingan konten dan ingin terkenal kita mengabaikan hak hak pasien.

Ngonten boleh, etika profesi jangan dilupakan.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip

Bisa klik logo di bawah ini juga:

Nih buat jajan