Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk

asuransi mobil
Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk 2

Ada banyak list asuransi mobil terbaik yang bisa dipilih untuk memberikan proteksi bagi kendaraan kesayangan.

Seperti diketahui, asuransi mobil memiliki dua jenis yang umum dipilih pemilik kendaraan. Yaitu, asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi mobil All Risk dengan coverage berbeda-beda.

Pertanyaannya kini. cara klaim asuransi mobil all risk gimana? Sebenarnya cara klaim mobil, tidak sulit asalkan Anda mengikuti langkah-langkah yang benar dan melampirkan seluruh dokumen yang dipersyaratkan.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip


Memuat…


Setelah itu, Anda bisa mendapatkan penggantian atas kerusakan mobil ataupun kehilangan. Namun, perlu tahu dulu bahwa terdapat dua jenis pertanggungan dalam asuransi mobil terbaik, yakni all risk dan total loss only (TLO).

Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil All Risk merupakan salah jenis asuransi yang akan menanggung seluruh risiko, mulai dari kerusakan kecil, besar, hingga kehilangan.

Pasalnya, asuransi mobil All Risk menjadi salah satu produk yang paling banyak dipilih, khususnya bagi pemilik kendaraan dengan harga yang tinggi.

Berikut ini adalah tahapan-tahapan untuk klaim asuransi mobil All Risk:

1. Dokumentasikan Kerusakan

Hal paling mendasar yang harus dilakukan bila ingin mengajukan klaim asuransi mobil all risk, yaitu mendokumentasikan kerusakan pada kendaraan. Setelah mendokumentasikannya, And harus segera membuat laporan ke pihak asuransi dengan melampirkan bukti kerusakan.

Selain itu, lampirkan dokumen pendukung lainnya, seperti fotocopy SIM, STNK, buku polis, serta surat keterangan dari kepolisian (bila perlu).

2. Hubungi Agen Asuransi

Dalam pengajuan klaim asuransi all risk tidak harus dilakukan di kota asal. Umumnya, Anda juga bisa melakukannya saat sedang berada di luar kota.

Caranya menghubungi agen asuransi dan menjelaskan kronologi kejadian atau kerusakan yang dialami. Apabila klaim disetujui, maka agen asuransi akan merekomendasikan bengkel rekanan yang berada di kota tersebut.

3. Mengisi Formulir Klaim

Setelah mendapatkan rekomendasi bengkel untuk pengajuan klaim, maka selanjutnya adalah mengisi formulir yang tersedia. Isi formulir secara lengkap dan pastikan Anda sudah melampirkan seluruh dokumen syarat klaim asuransi mobil.

4. Konfirmasi ke Pihak Asuransi

Apabila seluruh persyaratan sudah dipenuhi, maka pihak bengkel akan melakukan konfirmasi kepada perusahaan asuransi. Apabila klaim diterima, maka pihak bengkel akan langsung melakukan proses perbaikan ke kendaraanmu itu.

Cara klaim asuransi mobil all risk berlaku untuk kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga. Namun, Anda harus menambahkan bukti foto dan surat keterangan dari pihak ketiga terkait kerugian yang dialami.

Alasan Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Pada umumnya, terdapat keadaan tertentu yang menyebabkan pengajuan klaim asuransi mobil ditolak. Berikut ini beberapa alasan asuransi mobil ditolak:

1. Polis Lapse

Keadaan polis yang tidak aktif atau lapse bisa membuat klaim ditolak. Keadaan seperti ini dapat terjadi, jika premi belum dibayar melebihi batas waktu maksimum sehingga perusahaan asuransi tidak dapat membayar klaim kamu.

2. Kerusakan Terjadi Sebelumnya

Apabila Anda mengajukan klaim kerusakan yang sudah ada sebelum mendaftar asuransi. Maka dipastikan pengajuan klaim tersebut tidak akan diterima.

3. Melanggar Aturan

Apabila pengemudi mobil yang diasuransikan melanggar aturan lalu lintas, klaim juga akan ditolak. Contoh pelanggaran yang sering terjadi adalah tidak mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) atau mengemudi selagi mabuk.

Selain itu, Anda tidak menaati rambu lalu lintas sehingga terjadi kecelakaan. Jadi perhatikan juga lokasi terjadinya kecelakaan, bila mobil mengalami lecet dan tidak termasuk ke dalam kontrak kesepakatan mak klaim akan ditolak.

4. Polis Tidak Dalam Masa Tunggu

Masa tunggu termasuk periode satu bulan setelah polis terbit, di mana nasabah belum bisa mengajukan klaim. Apabila terjadi risiko pada masa waktu tersebut, bisa jadi klaim akan ditolak.

5. Kerusakan yang Disengaja

Anda tidak bisa mengajukan klaim, bila kerusakan mobil terjadi atas kesengajaan. Contohnya saja, sengaja menabrakkan mobil ke mobil lainnya atau memukul kendaraan sampai rusak.

Selain itu, klaim karena terkena banjir dan mesin kemasukan air juga tidak dapat diterima. Oleh sebab itu, penting sekali menghindari berkendara saat banjir.

6. Ada Aksesori Tambahan yang Tidak Dilaporkan

Penting sekali melaporkan aksesori tambahan yang dipasang pada mobil ke perusahaan asuransi agar nilai pertanggungan dapat dihitung secara tepat. Umumnya, jika Anda lupa mengajukan laporan ini, bisa-bisa klaim langsung ditolak.

7. Dokumen Klaim Tidak Lengkap

Dokumen merupakan salah satu persyaratan wajib dalam mengajukan klaim asuransi mobil. Berkas yang akan Anda serahkan bakal di-review perusahaan asuransi sehingga sebaiknya perhatikan kelengkapannya agar klaim tidak ditolak.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip

Bisa klik logo di bawah ini juga:

Nih buat jajan