13 Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

ibu hamil
13 Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil 2

Kehamilan merupakan pengalaman yang tidak terlupakan. Kehamilan merupakan waktu yang menyenangkan dalam kehidupan seorang wanita. Perubahan terjadi setiap hari, mulai dari kadar hormon yang meningkat sampai dengan perubahan pada tubuh dan sikap. Saat hamil adalah saat yang dipenuhi oleh sesuatu yang baru.

Baca juga: Hasil Tes Kehamilan Positif Padahal Tidak Hamil? Ini Penyebabnya

Banyak hal yang perlu diperhatikan agar kehamilan berjalan lancar sesuai dengan harapan. Salah satunya adalah pemilihan makanan yang tepat. Apa yang boleh dimakan dan apa yang sebaiknya dihindari.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip


Memuat…


Saat hamil

Makanan merupakan sesuatu yang sangat penting pada masa kehamilan. Apa yang dimakan oleh seorang ibu saat hamil akan mempengaruhi janin yang ada di dalam kandungannya. Belum banyak ibu hamil yang paham tentang ini sehingga memilih makanan yang tidak tepat saat hamil.

Sebagian besar ahli gizi menyarankan agar ibu hamil berhati hati saat mengonsumsi makanan tertentu. Ada juga jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil. Tidak semua ibu hamil memahami jenis makanan ini, yang ada mereka malah tambah bingung.

Kebingungan semakin meningkat ketika ada pihak ketiga seperti teman dan keluarga yang menawarkan makanan tertentu untuk dimakan. Kadang, saran makanan ini dipengaruhi oleh mitos yang berlaku di masyarakat.

Untuk mengurangi kebingungan, melalui tulisan ini saya mencoba merangkum 13 jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil. Tentu saja daftar makanan ini berdasarkan ilmu kesehatan atau bukan berasal dari mitos.

Berikut ketigabelasan makanan itu:

1. Junk Food.
Junk food merupakan jenis makanan pertama yang harus dihindari saat hamil. Selain kualitas gizinya rendah, junk food juga sangat tinggi kandungan gula dan garamnya. Junk food juga mengandung vitamin A sintetis yang dapat meracuni tubuh.

2. Lemak Trans.
Lemak trans atau trans fat banyak ditemukan pada makanan ringan dan makanan olahan jadi dalam kemasan. Lemak trans sangat tidak baik bagi kesehatan, pun dengan kesehatan janin di dalam kandungan. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan kanker.

3. MSG.
MSG atau (Mono Sodium Glutamate) adalah sat tambahan (aditif) yang banyak digunakan untuk menambah rasa pada makanan. Mengonsumsi MSG berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual dan muntah.

4. Kafein.
Kafein dihubungkan dengan berat badan lahir bayi yang rendah dan harus dihindari saat hamil. Jika tidak bisa dihindari, maka sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang sangat sedikit.

5. Alkohol.
Tidak perlu dijelaskan lagi, minuman beralkohol sudah pasti akan berdampak buruk terhadap janin di dalam kandungan.

6. Kedelai.
Kedelai memang dikenal sebagai salah satu makanan bergizi, tapi pada ibu hamil sebaiknya dihindari karena dapat menghalangi penyerapan beberapa zat gizi penting.

7. Makanan laut tertentu.
Jauhi makanan laut dengan jumlah merkuri yang tinggi. Jenis makanan laut yang masuk kedalamnya antara lain, ikan todak, mackerel, dan hiu. Sebaliknya, ikan ikan yang rendah kadar merkurinya, bisa dijadikan sumber makanan sehat bagi ibu hamil.

8. Daging mentah dan setengah matang.
Hati hati dengan daging dan makanan laut mentah atau setengah matang. Makanan mentah bisa sebagai sarana penularan infeksi seperti salmonela, bakteri coliform dan toksoplasmosis.

9.Telur mentah.
Telur mentah bisa terkontaminasi salmonela. Ini termasuk makanan yang dibuat dan dihidangkan saat belum sepenuhnya matang.

10. Kecambah mentah.
Seperti halnya makanan mentah lainnya, mengonsumsi kecambah mentah bisa sebagai sarana penularan penyakit hepatiti misterius.

Baca juga: 6 Masalah Kulit Yang Kerap Dialami Wanita Hamil

12. Keju lunak
Keju ini bisa mengandung bakteri tersembunyi yang berbahaya.

13. Susu yang tidak dipasteurisasi.
Keju yang tidak dipasteurisasi sebaiknya dihindari karena sudah terkontimasi.

14. Liver.
Liver atau hati merupakan salah satu makanan favorit. Sayangnya, liver sebaiknya dihindari saat hamil karena kandungan vitamin A sangat tinggi sehingga berisiko menyebabkan cacat saat lahir.

Nah, jenis makanan yang harus dihindari ibu hamil cukup banyak ya. Bila saat ini kamu sudah lama menikah, tapi belum dikarunia keturunan, saran saya, tetaplah berusaha dan berdoa. Usaha tidak akan membohongi usaha yang telah kita lakukan.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip

Bisa klik logo di bawah ini juga:

Nih buat jajan