Sistem Denda BPJS Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Denda BPJS Kesehatan

Pertanyaan:

Bagaimana sistem denda dalam BPJS Kesehatan?

Jawaban:

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip


Memuat…


Setiap bulan, peserta BPJS Kesehatan, khususnya peserta mandiri, berkewajiban membayar iuran yang besarnya bervariasi menurut kelas perawatan yang diinginkan. Iuran ini paling lambat harus dibayar sebelum tanggal 10 setiap bulannya.

Bagaimana kalau peserta telat membayar iuran? Jika iuran telat dibayar atau pembayaran dilakukan setelah tanggal 10 maka peserta dikenakan denda yang wajib dibayar saat peserta rawat inap. Masa denda ini berlaku 45 hari sejak peserta melakukan pembayaran iuran. Besaran denda per bulan adalah 5% dari biaya perawatan yang dihitung dengan e-klaim atau inaCBG sampai maksimal 30 juta rupiah. Misalnya peserta nunggak iuran selama 5 bulan dan saat ini butuh rawat inap dengan perkiraan besaran biaya perawatan sebesar 5 juta, maka perhitungan dendanya adalah 5% dikalikan 5 juta, lalu hasilnya dikalikan dengan jumlah bulan tertunggak (5 juta X 5% = 250.000 lalu dikalikan 5 = 1.250.000). Jadi, total yang harus dibayar peserta saat rawat inap adalah tunggakan iuran selama 5 bulan ditambah dengan denda 1.250.000.

Masa denda ini berlaku selama 45 hari sejak peserta membayar iuran terakhir dan dikenakan setiap kali rawat inap selama rentang waktu itu. Artinya, bila dalam rentang waktu 45 hari itu peserta dua kali rawat inap maka peserta harus dua kali membayar denda yang besarannya disesuaikan dengan besaran biaya perawatan kasus yang menyebabkan peserta rawat inap.

Denda hanya dikenakan saat peserta rawat inap, tidak untuk rawat jalan. Jadi, selama tidak butuh rawat inap maka peserta atau pasien tidak perlu membayar denda misalnya saat berobat rawat jalan atau perawatan gawat darurat di IGD.

Mudah mudahan paham, jika belum paham silakan bertanya di kolom komentar.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip

Bisa klik logo di bawah ini juga:

Nih buat jajan