Apakah Kamu Kurang Tidur? Berikut Penjelasannya

kurang tidur
Apakah Kamu Kurang Tidur? Berikut Penjelasannya 2

Tahukah kamu? Tidur yang cukup sangat penting bagi tubuh agar tetap sehat dan berfungsi optimal. Tidak memandang berapapun usiamu, kamu harus bisa tidur yang cukup setiap harinya. Jangan sampai mengalami gejala kurang tidur.

Orang sering mengurangi jatah tidurnya untuk bekerja, keperluan keluarga atau bahkan ada yang begadang untuk menonton acara favorit di televisi. Nah, jika kebiasaan kurang tidur itu terus kamu lakukan maka kamu akan berisiko menderita obesitas, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke, gangguan kesehatan mental dan bahkan kematian dini. Serem bukan?

Kurang Tidur

Kurang tidur bahkan bisa langsung dirasakan dampaknya di keesokan harinya. Keluhan kurang tidur yang paling banyak dirasakan adalah mengantuk, gangguan suasana hati, kurang produktif di tempat kerja dan yang paling parah adalah berisiko mengalami kecelakaan lalu lintas.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip


Memuat…


Berapa lama sih sebaiknya kita tidur dalam sehari?

Durasi tidur yang dibutuhkan setiap orang akan berubah seiring dengan bertambahnya usia.

American Academy of Sleep Medicine dan Sleep Research Society merekomendasikan berdasarkan kelompok umur:

Bayi 4-12 bulan 12-16 jam per 24 jam (termasuk tidur siang)
Balita 1-2 tahun 11-14 jam per 24 jam (termasuk tidur siang)
Pra-Sekolah 3-5 tahun 10-13 jam per 24 jam (termasuk tidur siang)
Usia Sekolah 6-12 tahun 9-12 jam per 24 jam
Remaja 13-18 tahun 8-10 jam per 24 jam
Dewasa 18-60 tahun 7 jam atau lebih per malam.

Pertanyaan selanjutnya, apa yang harus dilakukan agar tidur bisa berkualitas?

Pertama adalah konsisten. Pastikan kamu pergi tidur dan bangun tidur di jam yang sama setiap harinya. Misalnya kamu pergi tidur jam 10 malam, lalu bangun jam 6 pagi, lakukanlah itu setiap hari secara disiplin meskipun besoknya adalah hari libur.

Kedua, pastikan kamar tidurmu tenang, gelap, santai dan pada suhu yang nyaman.

Ketika, lepaskan semua perangkan elektronik dari kamar tidur. Artinya, di kamar tidur sebaiknya kamu tidak berdampingan dengan televisi, komputer, dan telepon seluler.

Baca juga: Kurang Tidur Dapat Meningkatkan Risiko Diabetes

Ketiga, hindari mengonsumsi makanan yang terlalu banyak di malam hari. Hindari pula kafein dan minuman beralkohol sebelum tidur.

Keempat, jangan merokok.

Kelima adalah lakukan beberapa gerakan olahraga di sore hari. Bergerak aktif di siang sampai sore akan membantu kamu tertidur lebih mudah di malam hari.

Bagaimana dengan kualitas tidur?

Tidur yang cukup memang penting, tetapi jangan abaikan kualitas tidur karena sama pentingnya. Tanda tanda kualitas tidur yang buruk adalah merasa mengantuk atau lelah bahkan ketika durasi tidurnya sudah cukup, terbangun berulang ulang di malam hari dan memiliki gejala gangguan tidur seperti mendengkur atau terengah engah saat tidur.

Kebiasaan tidur yang baik adalah dengan meningkatkan kualitas tidur pada durasi yang cukup. Jika kamu mengalami gejala gangguan tidur, segeralah ke dokter agar masalahmu segera teratasi.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip

Bisa klik logo di bawah ini juga:

Nih buat jajan