Ingin Bebas Kanker Serviks? Hanya Butuh Satu Dosis Vaksin Ini

Kanker Serviks
Ingin Bebas Kanker Serviks? Hanya Butuh Satu Dosis Vaksin Ini 2

Kanker serviks adalah salah satu penyakit kanker yang paling banyak membunuh kaum hawa. Meskipun mematikan, kanker serviks sangat bisa dicegah karena penyebab penyakit ini sudah diketahui. Salah satu cara mencegah kanker serviks adalah dengan vaksinasi.

Menurut kabar terbaru dari sebuah studi, dosis tunggal vaksin kanker serviks atau vaksin human papillomavirus (HPV) memiliki perlindungan yang serupa dengan tiga dosis vaksin. Selama ini, vaksin HPV diberikan sebanyak tiga dosis dalam rentang waktu tertentu.

Baca juga: 9 Gejala Kanker Serviks Yang Wajib Diketahui Setiap Wanita

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip


Memuat…


Temuan ini adalah sebuah terobosan penting dalam upaya menurunkan kejadian kanker serviks yang disebabkan oleh HPV. Vaksin HPV dosis tunggal akan meningkatkan cakupan vaksinasi HPV karena biaya yang makin terjangkau dengan efektivitas yang baik. Tentu saja ini akan berdampak baik terhadap kesehatan masyarakat secara umum.

Vaksin HPV yang berbiaya murah juga akan mendukung upaya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencapai tujuan cakupan vaksinasi HPV sebanyak 90% pada perempuan usia 15 tahun di tahun 2030.

Saat ini, baru 15% dari populasi wanita di seluruh dunia yang telah divaksin HPV. Sebagaimana diketahui, HPV merupakan penyebab utama kanker serviks, vagina, vulva, penis, tenggorokan, lidah dan amandel.

Studi ini melibatkan hampir 2.300 wanita yang masih aktif secara seksual di Kenya dengan rentang usia antara 15 dan 20 tahun. Mereka kemudian dibagi menjadi tiga kelompok

Kelompok pertama diberikan vaksin bivalen terhadap dua jenis HPV (16/18). Kelompok kedua diberikan vaksin nonvalen terhadap tujuh jenis HPV (16/18/31/33/45/52/58). Kelompok terakhir merupakan kelompok kontrol yang menerima vaksin meningitis meningokokus.

Setelah dilakukan pengamatan selama 18 bulan, baik vaksin bivalen dan nonvalen, 97,5% efektif melawan HPV 16/18. Sedangkan vaksin nonvalen sendiri, 89% efektif melawan HPV 16/18/31/33/45/52/58.

Bahkan untuk wanita yang telah positif satu jenis HPV, vaksin melindungi mereka dari jenis virus lainnya.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal NEJM Evidence

Kesimpulan dari studi ini, vaksin dosis tunggal memberikan kemanjuran yang sama dengan dosis ganda.

Temuan studi ini akan memperkuat dukungan vaksin HPV dosis tunggal dan meningkatkan aksesibiltas vaksin HPV di negara negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Vaksin HPV merupakan alat yang ampuh guna mengurangi kejadian kanker serviks, sayangnya akses terhadap vaksin HPV bagi wanita dan anak anak di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah masih sangat rendah.

Kanker serviks

Kanker serviks membunuh seorang wanita penduduk dunia setiap dua menit. Sebagian besar kematian tersebut terjadi di Afrika, yang menyumbang 80% dari kasus kanker serviks di dunia. Tetapi biaya dan persediaan vaksin HPV yang terbatas berarti bahwa tingkat vaksinasi rendah di daerah dengan tingkat kanker serviks tertinggi.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip

Bisa klik logo di bawah ini juga:

Nih buat jajan