Ingin Otak Awet Muda? Berolahragalah…

awet muda
Ingin Otak Awet Muda? Berolahragalah... 2

Ingin otak awet muda? Ingin menjaga otak tetap bugar seiring dengan bertambahnya usia? Menurut studi terbaru, olahraga yang rutin dapat membantu otak tetap bugar seiring dengan bertambahnya usia. Studi ini juga menegaskan bagaimana aktivitas fisik bermanfaat dalam proses pikir orang yang berusia lanjut.

Kapan olahraga sebaiknya dilakukan agar otak awet muda?

Temuan ini tidak mengharuskan orang yang lebih tua agar segera berlari maraton. Lalu? Lakukanlah lebih banyak aktivitas fisik mulai saat ini sehingga kesehatan otak terjaga seiring dengan bertambahnya usia. Dengan kesehatan otak yang terjaga maka ketika berusia lanjut, seseorang akan lebih mandiri.

Peneliti dalam studi ini mengukur kebugaran dan aktivitas fisik 51 orang dewasa. Keterampilan berpikir diukur menggunakan tes fungsi kognitif, sementara fungsi otak dinilai melalui pemeriksaan MRI.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip


Memuat…


Baca juga: Wow! Begini Caranya Media Sosial Mempengaruhi Otak Manusia

Ini merupakan studi pertama yang meneliti bagaimana aktivitas fisik berinteraksi dengan jaringan otak dan pengaruhnya terhadap fungsi otak.

Jaringan otak selalu melakukan komunikasi yang konstan, tapi pada beberapa kesempatan, ada bagian otak yang lebih aktif dibandingkan dengan bagian otak yang lain. Aktivitas otak ini ternyata juga bervariasi pada setiap individu. Ada yang otaknya aktif saat sedang beristirahat, ada pula yang tidak aktif saat orang itu bergerak.

Nah, bila aktivitas yang bervariasi ini tidak terjadi maka itu artinya otak tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini tentu saja mempengaruhi kemampuan otak dalam hal mengatur fungsi dasar sehari hari seperti mengingat informasi penting atau kemampuan pengendalian diri.

Kesimpuan dari studi ini adalah olahraga itu baik dan pada orang yang rutin berolahraga, fungsi fungsi otaknya juga mengalami perbaikan.

Temuan ini penting sebagai salah satu bentuk intervensi pada mereka yang otaknya tidak berfungsi secara optimal. Mereka bisa disarankan melakukan perubahan pola hidup yang radikal khususnya dalam melakukan aktivitas fisik.

Apakah kamu suka berolahraga? Kalau iya, pertahankan kebiasaan kamu itu. Bila kamu gak suka olahraga, jangan tunda lagi untuk melakukannya.

Hasil studi baru-baru ini muncul di Sport Sciences for Health.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip

Bisa klik logo di bawah ini juga:

Nih buat jajan