IPO Adalah : Pengertian, Tujuan, Dan Cara Kerjanya

Initial Public Offering atau IPO adalah kondisi saat suatu perusahaan untuk pertama kali menjual sahamnya kepada masyarakat. Melalui IPO ini, masyarakat umum bisa membeli saham dan perusahaan yang menjual sahamnya bisa mendapatkan dana tambahan. 

Berinvestasi dalam saham memang akan meningkatkan peluang keuntungan, namun tidak luput juga dari adanya risiko. Karena itu, alangkah baiknya kamu pahami terlebih dahulu mekanisme IPO sebelum membeli saham. 

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa pertanyaan yang cukup sering ditanyakan seputar IPO. 

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip


Memuat…


1. Tujuan Perusahaan Melakukan IPO Itu Untuk Apa?

IPO merupakan salah satu opsi diantara berbagai cara yang bisa ditempuh suatu perusahaan demi mendapatkan modal. Dengan go public, suatu perusahaan bisa meningkatkan pemasukannya guna memenuhi biaya operasional maupun membuka peluang bisnis baru. 

Sebenarnya perusahaan bisa mendapatkan modal tambahan dari meminjam, mencari investor, ataupun melalui akuisisi. Meski demikian, IPO masih dipercaya menjadi cara paling efektif untuk mendapatkan pemasukan tambahan. 

2. Apakah Semua Orang Bisa Berinvestasi Di IPO? 

Sejatinya IPO terbuka untuk semua investor yang berminat menanamkan modalnya di suatu perusahaan. Namun, adakalanya jumlah IPO yang ditawarkan suatu perusahaan ke publik, jumlahnya terbatas, sehingga ada kemungkinan ketersediaan IPO tidak mampu mencukupi permintaan. Namun, jika tetap tertarik berinvestasi, kamu bisa melakukannya melalui pembelian reksadana ataupun instrument lainnya yang memiliki fokus pada IPO. 

3. Apakah Saham Perusahaan IPO Sudah Pasti Menjajikan?

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya bahwa tujuan IPO adalah untuk menggalang dana dalam rangka pengembangan bisnis. Sehingga IPO berpotensi bisa menjanjikan ataupun sebaliknya. Misalnya seperti perusahaan yang IPO untuk mendapatkan dana segar agar perusahaan tersebut tetap berjalan akibat adanya krisis keuangan secara internal. Contoh tersebut menunjukkan masalah internal perusahaan yang mungkin saja nantinya akan mempengaruhi harga saham yang diperdagangkan. 

Namun, berkat adanya IPO ini, biasanya suatu perusahaan juga akan mendapatkan sorotan dimana akan berdampak terhadap harga IPO yang fluktuatif dihari peluncuran IPO. Hal tersebut seringkali mendatangkan keungungan karena kenaikan harga yang signifikan. 

Namun, seringkali dimana hari – hari setelah IPO harga akan mengalami koreksi yang bisa saja mengakibatkan kerugian jika harga terus menurun. Sehingga harus diperhatikan sedari awal terkait prospek bisnis dan kondisi perusahaan sebelum membeli IPO. 

4. Bagaimana Cara Kerja IPO?

Terdapat beberapa langkah dan persyaratan yang diperlukan suatu perusahaan untuk go public. Biasanya perusahaan yang berniat ingin go public akan bekerjasama dengan perusahaan penjamin emisi (underwriter), untuk membantu proses IPO. Hal itu dikarenakan diperlukan banyak persyaratan dokumen dan persiapan yang matang sebelum perusahaan tersebut dimiliki dan diawali langsung secara langsung oleh publik. Selain menyiapkan persyaratan, nantinya perusahaan penjamin emisi pun akan mengevaluasi nilai perusahaan yang akan menentukan nilai saham yang akan dijual ke publik. 

Proses IPO umumnya dimulai dengan persiapan awal serta persiapan dokumen. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian permohonan perjanjan pendahuluan pencatatan saham ke Bursa Efek Indonesia (BEI). Selanjutnya, proses yang perlu dilakukan yaitu penyampaian pernyataan pendaftaran ke OJK. Dan proses terakhir yaitu penawaran umum atau pencatatan dan perdagangan saham di BEI. 

Terdapat beberapa kelebihan yang bisa didapatkan perusahaan saat melakukan IPO seperti mendapatkan tambahan modal, membuka peluang keuntungan besar bagi perusahaan, investor mendapatkan likuiditas, saham IPO bisa dijual dengan cepat, meningkatkan citra perusahaan, dan mendapatkan insentif pajak. 

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip

Bisa klik logo di bawah ini juga:

Nih buat jajan