Siapakah Orang Pertama Yang Menderita Covid19?

menderita Covid19

Meskipun pandemi Covid19 telah berlangsung selama hampir 2 tahun, sampai saat ini asal muasal Covid19 masih menjadi tanda tanya besar. Siapakah orang pertama yang menderita Covid19?

Menurut informasi terakhir, kasus pertama Covid19 diderita oleh seorang pedagang pasar hewan hidup dan seafood di Wuhan, Tiongkok. Sebelumnya, Covid19 diduga dibawa oleh seseorang yang tinggal puluhan kilometer dari Wuhan.

Baca juga: Benarkah Covid19 Berasal Dari Kebocoran Laboratorium?

Memuat...

Menurut seorang ahli dari Universitas Arizona, Amerika Serikat, selama ini organisasi kesehatan dunia atau WHO telah salah melakukan penilaian terhadap asal muasal pandemi Covid19. Masih menurut ahli ini, orang yang pertama menderita Covid19 adalah seorang berjenis kelamin perempuan yang berprofesi sebagai pedagang di pasar seafood Huanan. Perempuan ini mulai sakit sejak tanggal 11 Desember 2019.

Sebelumnya WHO menduga, penderita Covid19 pertama adalah seorang laki laki yang berprofesi sebagai akuntan dan tinggal 20 mil di sebelah selatan pasar.

Laporan ini kembali membangkitkan pertanyaan besar yang sampai saat ini belum terjawab, yakni apakah Covid19 muncul begitu saja di pasar hewan Huanan atau berasal dari kebocoran laboratorium yang berada di kota yang sama.

Menderita Covid19

Tiongkok pertama kali memperingatkan WHO tentang adanya penyakit pneumonia dengan penyebab yang tidak diketahui pada tanggal 31 Desember 2019.

Sejak saat itu muncul perdebatan panas, apakah virus penyebab Covid19 berasal dari hewan atau dibuat di laboratorium. Kapan kontroversi dan perdebatan ini akan berakhir? Kita tunggu saja.

Nih buat jajan