Dukungan Kimin Tanoto dan Gunung Raja Paksi Terhadap Melalui Program Karbon Netral

Kimin Tanoto

Gunung Raja Paksi telah menjadi salah satu perusahaan baja yang memiliki pelanggan di 40 negara. Selaku komisaris Gunung Raja Paksi, Kimin Tanoto terus mendorong perusahaan ini untuk berkembang dan bertransformasi agar lebih baik lagi. Melalui inovasi yang baru-baru ini dilakukan, Kimin Tanoto sedang mengimplementasikan program karbon netral pada Gunung Raja Paksi yang nantinya akan berdampak positif bagi lingkungan.

Komitmen Gunung Raja Paksi untuk berkontribusi pada dampak lingkungan terbukti nyata dengan adanya program karbon netral ini. Kimin Tanoto berharap, Gunung Raja Paksi dapat berperan dalam pengurangan emisi karbon melalui carbon trading. Upaya yang menjadi bagian dari strategi Kimin Tanoto ini menjadi langkah awal yang positif dan diharapkan perusahaan lain juga dapat melakukan hal yang sama.

Kepedulian Kimin Tanoto Terhadap Lingkungan

Keputusan yang diambil Kimin Tanoto untuk menjalankan aksi ESG (environmental, social and governance) ini tentu membutuhkan strategi dan kajian yang matang. Sebab, ini berhubungan dengan kelangsungan hidup pada lingkungan sekitar. Penerapan ESG telah menjadi bagian dari komitmen direktur perusahaan untuk berkontribusi dalam menjaga lingkungan yang akan berdampak pada perusahaan, lingkungan dan dampak sosial pada masyarakat.

Memuat...

Dalam melakukan pengurangan gas emisi, Kimin Tanoto menyusun strategi jangka pendek terlebih dahulu. Salah satunya adalah melaksanakan carbon trading dan menjalin kerjasama dengan ICDX yang berada di Singapura. Untuk mencapai zero emission terlebih lagi pada perusahaan industri manufaktur dapat dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan energi pengganti dan efisiensi energi.

Seperti yang kita ketahui, perusahaan manufaktur masih menggunakan energi tradisional semacam batubara yang berdampak negatif pada lingkungan. Kimin Tanoto sadar bahwa tidak selamanya Gunung Raja Paksi menggunakan energi tradisional dan harus mengambil langkah untuk berubah ke zero emisi.

Pengaruh Program Karbon Netral Pada Perusahaan

Penerapan kebijakan melalui program karbon netral ini akan memberikan dampak pada industri baja, terutama pada harga. Jika Kimin Tanoto tidak melakukan penyusunan strategi yang matang dan berfokus pada aksi ESG, ia khawatir bahwa Gunung Raja Paksi nantinya tidak dapat bersaing dengan perusahaan lain di seluruh dunia. Maka dari itu, dengan menerapkan strategi ini, diharapkan Gunung Raja Paksi dapat menuju ekonomi hijau yang berkelanjutan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa semua perusahaan yang melakukan bisnis tentu akan mengedepankan keuntungan dan tidak terlalu melihat dampak pada lingkungan sekitar. Maka dari itu sulit untuk menjalankan bisnis yang memiliki keseimbangan antara bisnis dan dampaknya pada lingkungan. Dengan melakukan program ini, Kimin Tanoto berusaha untuk membuat Gunung Raja Paksi tetap menjalankan bisnis dan bertanggung jawab dengan dampak lingkungan yang ada.

Mekanisme yang akan diberlakukan oleh pelaku industri baja dapat dilihat saat mereka akan melakukan ekspor baja ke pasar global, misalnya ke pasar Eropa. Nantinya, mereka akan dikenakan biaya tambahan berupa pajak karbon. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengendalikan emisi karbon yang dapat memperbaiki kualitas lingkungan.

Dengan adanya aturan mengenai perpajakan ini, diharapkan pelaku industri baja dapat berpartisipasi dalam menangani dampak negatif dari emisi gas rumah kaca. Kebijakan yang dilakukan ini termasuk ke dalam Long Term Strategy pada Low Carbon and Climate Resilience tahun 2050. Jika dilakukan secara bersamaan, tentu akan berdampak positif pada industri nasional.

Nih buat jajan