Manakah Yang Lebih Baik? Vaksin Pfizer atau Moderna?

vaksin moderna

Sebuah penelitian terbaru dari Fakultas Kedokteran Universitas Virginia, Amerika Serikat mencoba mengukur respon antibodi yang dihasilkan oleh vaksin Covid19 buatan Pfizer dan Moderna. Ini merupakan kali pertama sebuah penelitian mencoba membandingkan respon antibodi kedua vaksin secara langsung.

Baca juga: Vaksin Covid19 Buatan Moderna Terbukti Efektif Melawan Delta

Hasilnya, respon antibodi pada penerima vaksin Covid19 buatan Moderna sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan penerima vaksin Covid19 buatan Pfizer. Perbedaan ini terutama terjadi pada penerima vaksin yang usianya relatif lebih tua.

Memuat...

Para peneliti sangat berhati hati dalam membuat kesimpulan mengingat kedua vaksin ini secara kinerja sudah sangat baik. Baik vaksin Covid19 buat Pfizer maupun Moderna telah disuntikan pada jutaan orang di seluruh dunai dan selama ini respon antibodi yang dihasilkan sudah sangat baik.

Penelitian terbaru ini merupakan bagian kecil dari teka teki yang jauh lebih besar guna menjawab keingintahuan para ilmuwan tentang jawaban pertanyaan, apakah satu vaksin mungkin lebih unggul dari vaksin lain dalam kondisi demografi tertentu.

“Hal yang menarik adalah mencari tahu apakah mengukur kadar antibodi menjadi penanda yang baik untuk memahami perlindungan vaksin,” kata ahli imunologi UVA Jeffrey Wilson, MD, Ph.D.

Pfizer Vs Moderna

Vaksin Covid19 buatan Pfizer dan Moderna sama-sama menggunakan mRNA untuk membangkitkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus SARS-CoV2. Meksipun demikian, formula yang digunakan kedua pabrikan ini berbeda terutama dalam hal jumlah mRNA yang digunakan. Moderna lebih banyak menggunakan mRNA dibandingkan dengan Pfizer. Karena perbedaan inilah yang mendorong ilmuwan mencari tahu respon antibodi kedua jenis vaksin.

Nih buat jajan