Benarkah Covid19 Berasal Dari Kebocoran Laboratorium?

Covid19

Narasi pandemi Covid19 berawal dari kebocoran laboratorium yang secara tidak sengaja terekspos keluar kembali mengemuka. Kali ini, fakta tersebut diungkap dalam sebuah dokumenter yang ditayangkan oleh TV Denmark.

Baca juga: Vaksin Covid19 Pfizer Mampu Menurunkan Viral Load

Sebelumnya Tiongkok telah menentang setiap asumsi yang mengatakan pandemi Covid19 yang telah menewaskan sedikitnya 4.3 juta orang terjadi akibat keteledoran di salah satu laboratoriumnya.

Memuat...

Namun, asumsi asumsi yang berkembang itu tetaplah sebagai suatu kemungkinan menurut kepala misi WHO yang bertugas menyelidiki asal mula pandemi Covid19.

“Seorang karyawan (laboratorium) yang terinfeksi saat melakukan pengambilan sampel menjadi salah satu hipotesis yang mungkin terjadi. Di sinilah awal mula virus berpindah langsung dari kelelawar ke manusia,” kata Peter Embarek kepada saluran publik Denmark TV2.

Dalam tayangan dokumenter tersebut, kepala delegasi ilmuwan internasional yang dikirim oleh WHO ke Wuhan sangat kritis terhadap Tiongkok.

Fase pertama studi WHO, yang dilakukan pada awal tahun, menyimpulkan bahwa hipotesis insiden laboratorium tetap “sangat tidak mungkin”. Namun, Embarek mengatakan sulit bagi timnya untuk mendiskusikan teori ini lebih lanjut dengan para ilmuwan Tiongkok.

Hanya 48 jam sebelum misi berakhir, mereka masih belum setuju untuk menyebutkan insiden laboratorium dalam laporan, katanya dalam film dokumenter itu.

Selanjutnya, delegasi WHO mendapatkan izin untuk mengunjungi dua laboratorium tempat penelitian dilakukan pada kelelawar. Selama kunjungan tersebut, “kami diijinkan melakukan presentasi, berbicara dan mengajukan pertanyaan yang ingin kami tanyakan, tetapi kami tidak diberi kesempatan berkonsultasi tentang dokumen apa pun”, kata Embarek.

Nih buat jajan