Benarkah Manusia Memiliki Indra Keenam?

indra keenam
S

Benarkah manusia memiliki indra keenam? Menurut penelitian terbaru, indra keenam pada manusia itu nyata adanya, namun tidak semua orang menyadari dan menggunakannya. Meskipun demikian, penggunaan infra keenam ini sangat bisa dipelajari.

Praktek penggunaan indra keenam ini bisa kita temukan pada tuna netra, dengan cara yang sama juga dilakukan oleh lumba lumba saat bernavigasi di bawah air dan kelelawar yang bisa menemukan jalan dalam kegelapan. Hanya masalah waktu sebelum semua orang bisa melakukan hal yang sama.

Panca indera (penglihatan, pendengaran, penghidu, perasa, dan peraba), membantu manusia memahami dan merasakan dunia di sekitarnya. Menurut penelitian terbaru, manusia juga bisa memanfaatkan apa yang disebut indra keenam sehingga mereka bisa berjalan/menemukan arah saat berada di kegelapan atau saat mata tidak mampu menembusnya.

Memuat...

Lumba-lumba dan beberapa hewan lain menggunakan sonar biologis, yang disebut ekolokasi sebagai alat untuk ‘melihat’ saat mereka berkeliling di dalam air dengan pencahayaan redup atau air keruh. Kelelawar menggunakan pantulan suara dari suatu rintangan saat mereka terbang melalui ruangan yang gelap.

“Selama ini, orang telah menggunakan ekolokasi secara pasif,” menurut Lore Thaler, PhD, seorang profesor psikologi di Universitas Durham, Inggris.

Ketika seseorang masuk ke sebuah ruangan dan secara intuitif dia akan memahami apakah ruangan itu kecil atau besar dan apakah di dalam ruangan itu berisi furnitur atau tidak. Kemungkinan intuisi ini timbul dari gema dan gaung yang diterima saat berada di dalam ruangan itu, Thaler menjelaskan.

Tuna netra menggunakan tongkat atau injakan kaki untuk membantu mereka merasakan lingkungan yang ada di sekitarnya. Manusia juga dapat melakukan ekolokasi dengan menjentikan jari atau membuat suara klik dengan mulut mereka. Gelombang suara yang dihasilkan ini kemudian dipantulkan oleh benda benda yang ada di ruangan itu.

Siapapun bisa melatih atau mempelajari penggunaan gema tersebut untuk menentukan bentuk, ukuran atau tekstur suatu obyek.

Nah, apakah kamu mau melatih kemampuan ini?

Nih buat jajan