Tips Merawat AC yang Benar Agar Tidak Mudah Rusak

merawat ac

AC termasuk salah satu perangkat elektronik penting yang harus dimiliki di negara tropis seperti Indonesia. Mengingat pada dasarnya cuaca atau iklim terbilang panas. Sehingga agar lebih nyaman bekerja atau sekedar istirahat banyak orang yang memutuskan untuk pasang AC di rumah. Bahkan Anda sendiri juga bisa lebih leluasa dalam pilah-pilih merk terbaik yang mengeluarkannya. Karena memang di Indonesia sendiri ada begitu banyak pilihan merknya. Termasuk yang laris manis adalah dari Daikin Indonesia. Toko AC Daikin ini bisa Anda kunjungi untuk melihat produk-produknya.

Kualitas dari merk Daikin memang tidak perlu diragukan lagi, apalagi dari segi harga jualnya lebih miring dibandingkan dengan brand-brand lain. Hanya saja memang sama seperti perangkat elektronik yang lainnya, maka AC ini juga rentan untuk bermasalah. Apalagi jika seandainya tidak dirawat secara tepat. Untuk itu maka berikut ini diantaranya tips dalam merawat AC secara tepat, yaitu:

  1. Membersihkan filter AC secara rutin, filter ini karena digunakan sebagai sarana untuk menyaring udara, maka paling mudah kotor. AC tidak akan bisa bekerja secara maksimal jika seandainya kondisi filternya kotor. Untuk itu maka pastikan sering membersihkan filter tersebut.
  2. Melakukan pemeliharaan secara rutin, hendaknya Anda juga harus melakukan service AC tersebut rutin kepada ahlinya. Sekarang ini ada banyak sekali diantara jasa service maupun perawatan untuk AC.
  3. Pasanglah thermometer di dalam ruangan, gejala AC rusak dapat dideteksi secara mudah, yaitu dari suhu yang tidak sesuai dikeluarkan oleh AC tersebut. untuk itu maka sebaiknya Anda memasang thermometer di dalam ruangan.
  4. Hendaknya tutup semua ventilasi ketika tengah menyalakan AC, dengan demikian maka beban kerja dari AC tersebut juga tidak terlalu berat.
  5. Cek tekanan freon, memeriksa komponen AC yang satu ini juga tak kalah penting. Karena freon sendiri merupakan bagian yang sangat menentukan apakah pendingin ruangan tersebut bisa bekerja secara maksimal dengan mengeluarkan suhu dingin ataukah tidak. Jika ada kebocoran umumnya tekanan freon juga akan berkurang.

Pastikan untuk melakukan 5 hal tersebut agar AC di rumah tak mudah rusak.

Memuat...
Nih buat jajan