Menolak Vaksinasi Covid19? Siap Siap Kena Denda

menolak vaksinasi

Pandemi Covid19 belum memperlihatkan tanda tanda akan berakhir. Setiap hari, kasus baru Covid19 masih terus diumumkan meskipun ada kencenderungan menurun akhir akhir ini. Berbagai upaya dilakukan untuk mengendalikan pandemi Covid19 termasuk salah satunya dengan vaksinasi covid19.

Baca juga: Vaksin Covid19 Pfizer Mampu Menurunkan Viral Load

Sebagai salah satu negara yang terdampak cukup parah, Indonesia pun ikut serta dalam program vaksinasi Covid19. Dimulai sejak awal januari 2021, vaksinasi Covid19 menyasar tenaga kesehatan sebagai prioritas pertama. Lebih dari sejuta tenaga kesehatan telah mendapatkan suntikan pertama vaksin Sinovac.

Memuat...

Program vaksinasi Covid19 ini bukannya tidak mengalami hambatan. Sebagian masyarakan Indonesia masih enggan divaksinasi dengan berbagai macam alasan. Mulai dari tidak percaya dengan efektivitas vaksin Covid19, takut efek samping yang mungkin terjadi setelah divaksinasi dan ragu akan kualitas vaksin buatan Tiongkok.

Pemerintah tidak kehilangan akal ‘memaksa’ masyarakat mengikuti program vaksinasi Covid19. Melalui Perpres No, 14 tahun 2021, pemerintah mengancam mereka yang enggan divaksinasi dengan berbagai macam sanksi. Mulai dari penundaan atau penghentian pemberian jaminan sosial atau bantuan sosial, penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintahan, sampai dengan denda yang tidak disebutkan dengan jelas nominalnya.

Berikut petikan Perpres No. 14 tahun 2021:

vaksinasi covid19

Pandemi Covid19 memang telah berdampak pada seluruh sendi kehidupan dan vaksinasi covid19 merupakan salah satu upaya agar negeri ini bebas dari belenggu pandemi. Namun demikian, tepatkah jika pemerintah menerapkan aturan yang memaksa rakyatnya divaksinasi Covid19?

Jika melihat dari aturan yang selama ini berlaku, tidak ada kewajiban bagi orang dewasa untuk divaksinasi. Artinya, vaksinasi dewasa sifatnya sukarela. Yang mau divaksinasi silakan, yang tidak mau jika silakan. Organisasi kesehatan dunia atau WHO juga melarang negara negara anggotanya memaksakan vaksinasi ke masyarakat umum. Lalu, mengapa masyarakat Indonesia dipaksa? Hanya pemerintah yang tahu jawabannya.

Baca juga: Awal Yang Menjanjikan Untuk Vaksin Covid19

Sebagaimana diketahui, program vaksinasi Covid19 di Indonesia telah dimulai sejak awal Januari 2021 dengan menggunakan vaksin Coronavac yang merupakan vaksin buatan perusahaan Sinovac asal Tiongkok. Sebagai prioritas pertama adalah seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan dengan jumlah sekitar 1,6 juta orang.

Nih buat jajan