Vaksin Covid19 Pfizer Mampu Menurunkan Viral Load

Vaksin Covid19 Pfizer

Mereka yang terinfeksi virus SARS-CoV2 pasca penyuntikan pertama vaksin Covid19 buatan Pfizer, memiliki jumlah virus empat kali lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang tidak disuntik vaksin. Apa artinya? Apakah vaksin Covid19 Pfizer mampu menurunkan viral load?

Apa itu viral load?

Viral load adalah jumlah virus yang terdapat dalam volume darah orang yang terinfeksi. Secara spesifik, istilah ini merujuk pada banyaknya partikel virus dalam setiap mililiter darah. Dalam konteks Covid19, viral load menunjukkan jumlah virus SARS-CoV2 yang diukur dari darah pasien.

Baca juga: Studi: Covid19 Jauh Lebih Berbahaya Dibandingkan Flu

Memuat...

Beberapa jenis vaksin Covid19 yang beredar saat ini memang telah terbukti efektif mencegah seseorang menderita Covid19 dengan gejala yang parah, tapi yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apakah setelah disuntik vaksin, orang tersebut masih mampu menularkan virus corona penyebab Covid19 ke orang lain? Sampai saat ini belum ada satupun studi yang berhasil menjawab pertanyaan ini.

Mesipun demikian, sebuah studi terbaru menyebutkan, viral load pada mereka yang telah menerima suntikan pertama vaksin Covid19 buatan Pfizer mengalami penurunan sebanyak 4 kali lipat pada rentang waktu 12 sampai 28 hari sejak vaksin disuntikan bila dibandingkan dengan mereka yang tidak disuntik. Tentu saja studi yang melibatkan sekitar 4000an orang di Israel ini masih memerlukan penelahaan lebih lanjut dari ahli yang lain.

Diperkirakan jumlah virus atau viral load akan menurun lagi pasca penyuntikan yang kedua. Hasil studi ini tentu saja sangat mengembirakan sekaligus bisa menjawab pertanyaan, apakah penularan masih bisa terjadi pada mereka yang telah divaksinasi.

Israel menjadi salah satu negara yang mengijinkan penggunaan vaksin Covid19 buatan Pfizer untuk penggunaan emergency. Saat ini cakupan program vaksinasi Covid19 di Israel menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Baca juga: Vaksin Covid19 Menyebabkan Bell’s Palsy?

Situasi di Indonesia

Bagaimana dengan Indonesia? Belum bisa dijawab karena program vaksinasi Covid19 di Indonesia menggunakan vaksin Coronavac buatan perusahaan Sinovac dari Tiongkok. Mudah mudahan efektifitas menurunkan viral load pada vaksin Covid19 buatan Sinovac juga mirip dengan vaksin Covid19 buatan Pfizer sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama bebas dari pandemi Covid19 bisa segera tercapai.

Nih buat jajan