Mengapa Orang Suka Berbohong?

suka berbohong

Mengapa sih orang suka berbohong? Sengaja atau tidak, setiap orang pernah berbohong selama hidupnya. Pada kasus kasus tertentu, kebohongan kadang dianggap sebagai sesuatu wajar. Misalnya, pedagang yang berbohong tentang kondisi barang dagangannya atau orang tua yang membohongi anaknya karena alasan tertentu.

Baca juga: Perlukah Anak Dihukum Karena Berbohong?

Sejak kapan sih orang berbohong?

Ternyata menurut sebuah survei, berbohong sudah dimulai sejak jaman anak anak. Kebohongan pertama kali dilakukan anak anak saat mereka menginjak usia 2 sampai 3 tahun. Bisa jadi kebohongan pada anak anak ini terbentuk dari upaya mereka ‘menyelamatkan’ diri dari sesuatu yang tidak diharapkan. Misalnya agar tidak dimarahi orang tua atau teman yang diajak bermain.

Memuat...

Seberapa sering seseorang berbohong?

Ketika bertemu dengan orang yang baru dikenal, rata rata orang akan berbohong sebanyak 2 sampai 3 kali dalam 10 menit. Sebagian besar orang berbohong sebanyak 4 kali dalam sehari, atau rata rata 1.460 kebohongan dalam setahun. Laki laki dua kali lebih sering berbohong dibandingkan dengan perempuan dan kebohongan yang kerap diucapkan baik oleh laki laki maupun perempuan adalah, “gak apa apa, saya baik baik saja”.

Apa sih alasan orang berbohong?

Ada beberapa alasan yang diungkapkan seseorang saat ditanya mengapa dia berbohong, diantaranya;

  1. Agar dirinya terlihat baik. Lebih dari sepertiga orang mengaku berbohong saat menulis lamaran pekerjaan.
  2. Agar terhindar dari masalah. Lebih dari 40% pasien berbohong pada dokter yang merawatnya guna menghindari obat obatan yang dia tidak sukai.
  3. Agar tidak menyakiti perasaan orang yang disayangi. Lebih dari 80% perempuan mengaku berbohong demi keharmonisan hubungan percintaan.

Lalu kamu yang mana?

Apakah semua kebohongan itu jelek?

Meskipun tidak semua kebohongan itu jelek tapi sebagian besar memang dapat menimbulkan dampak yang tidak menyenangkan. Kebohongan menyebabkan terjadinya kecurangan, ini diakui oleh 9 dari 10 pelajar sekolah yang mengaku berbuat curang saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah. Kebohongan dan penipuan itu merugikan secara finansial, hal ini kerap terjadi di dunia maya yang menyebabkan kerugian finansial jutaan rupiah. Kebohongan juga bisa mengganggu hubungan rumah tangga. Lebih dari 50 persen pria dan wanita pernah berbohong kepada pasangannya tentang hubungan terlarang dengan orang lain.

Apa ciri ciri orang yang sedang berbohong?

Memang agak sulit mengetahui apakah orang itu sedang berbohong atau tidak, tapi ada beberapa ciri yang bisa kamu lihat saat seseorang tidak jujur dengan apa yang dia katakan. Berikut beberapa cirinya;

  1. Menghindari tatapan mata saat berbicara.
  2. Kata katanya datar dan kadang terbata bata.
  3. Sering memegang wajah dan bibir, tapi menghindari menyentuh dada dan jantung.

Bagaimana? Apakah kamu masih suka berbohong?

Nih buat jajan