Daftar Kasus Emergency Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Sebagai dokter yang berdinas di unit gawat darurat, menangani kasus kasus gawat darurat merupakan pekerjaan sehari hari. Kondisi sedikit berubah ketika era BPJS Kesehatan dimulai. Tidak sedikit peserta BPJS Kesehatan yang datang ke UGD dengan keluhan yang tidak bisa dikatakan sebagai suatu kegawatan atau masuk ke daftar kasus emergency BPJS Kesehatan. Padahal kita ketahui bersama, untuk kasus kasus non emergency, UGD tidak diperkenankan melayani peserta BPJS Kesehatan. Bagaimana jika mereka ngotot minta dilayani? Risiko yang dihadapi fasilitas kesehatan adalah klaimnya tidak dibayar oleh BPJS Kesehatan.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Melahirkan Normal Di Rumah?

Berbagai alasan dikemukakan oleh peserta BPJS Kesehatan mengapa mereka sampai nekat ke UGD untuk kasus kasus non emergency. Alasan yang paling banyak adalah menghindari antrean di faskes pertama atau poliklinik. Mereka beranggapan, dengan mendatangi UGD, mereka bisa dilayani dengan cepat tanpa harus mengantre lebih lama. Alasan lainnya adalah mereka tidak paham dengan kasus kasus emergency yang bisa dilayani di UGD. Apa yang menurut mereka suatu kegawatan ternyata bukan kasus emergency menurut dokter UGD.

Memuat...

Untuk alasan kedua saya rasa masuk akal karena tidak semua peserta BPJS Kesehatan paham dengan kasus kasus emergency yang bisa dilayani di UGD. Kurangnya sosialisasi dari BPJS Kesehatan menjadi salah satu penyebab disamping karena memang rendahnya pengetahuan peserta BPJS Kesehatan dengan penyakit mereka derita.

Kita ambil contoh keluhan demam. Menurut peserta BPJS Kesehatan, demam merupakan kasus gawat yang harus ditangani segera, namun menurut dokter UGD, demam merupakan keluhan biasa yang bisa diatasi di rumah atau menunggu sampai fasilitas kesehatan pertama buka keesokan harinya.

Untuk mengurangi ketidaktahuan masyarakat tentang penyakit penyakit emergency yang dilayani di UGD, berikut saya tampilkan daftar penyakit emergency yang dilayani di UGD bagi peserta BPJS Kesehatan.

Daftar Kasus Emergency BPJS Kesehatan:

Daftar Kasus Emergency
Daftar Kasus Emergency
Daftar Kasus Emergency
Daftar Kasus Emergency
Daftar Kasus Emergency
Daftar Kasus Emergency

Dengan mengetahu kasus kasus emergency di atas diharapkan peserta BPJS Kesehatan bisa mengetahui kapan dia harus berkunjung ke UGD. Dokter dan petugas di UGD pun bisa melayani dengan baik sesuai dengan kegawatan yang dihadapi oleh pasien.

Semoga informasi ini bermanfaat dan tidak ada lagi orang ke UGD hanya untuk mengobati sakit kepala.

Nih buat jajan