Benarkah Virus Corona Hasil Mutasi Berbahaya?

motorqq
win228

covid19

Baru baru ini kita mendengar kabar mengejutkan dari Inggris. Kabar ini tentu saja masih berhubungan dengan pandemi Covid19. Kabarnya di Inggris terjadi peningkatan jumlah kasus baru Covid19 yang berlangsung sangat cepat dan biang kerok dari peristiwa ini adalah varian baru virus corona hasil mutasi genetik. Benarkah demikian?

Baca juga: Studi: Covid19 Jauh Lebih Berbahaya Dibandingkan Flu

Menurut studi terakhir, virus corona varian baru hasil mutasi memiliki kemampuan menular 56% lebih tinggi bila dibandingkan dengan varian virus corona sebelumnya. Hasil studi ini menyebabkan para ahli di Inggris mendesak pemerintah agar mempercepat program vaksinasi guna mencegah meningkatnya angka kematian.

Menurut studi yang dipublikasikan oleh Centre for Mathematical Modelling of Infectious Diseases pada the London School of Hygiene and Tropical Medicine, varian baru virus corona pertama kali ditemukan di bagian tenggara Inggris sekitar bulan Nopember. Virus ini sangat cepat menyebar dan dikhawatirkan penyebarannya akan menyebabkan terjadinya peningkatan kasus Covid19 yang perlu perawatan rumah sakit dan peningkatan angka kematian tahun depan.

Memuat...

Saat ini para ahli di Inggris sedang fokus meneliti karakteristik virus varian baru ini di bagian tenggara dan timur Inggris serta kota London. Sampai saat ini para ahli belum mengetahui dengan pasti apakah virus corona varian baru hasil mutasi ini lebih mematikan atau tidak.

Para ahli bahkan pesimis pengetatan pergerakan manusia akan mampu menekan laju pertambahan kasus baru Covid19 sampai tahun depan.

Munculnya varian baru virus corona hasil mutasi cukup mengejutkan negara negara yang saat ini sedang mempersiapkan program vaksinasi Covid19. Beberapa dari negara negara ini sudah melakukan pembatasan kunjungan orang dari dan ke Inggris.

Kabar yang cukup menyejukan datang dari BioNTech, menurut mereka, vaksin yang telah dibuat kemungkinan besar tetap bisa digunakan untuk menangkal infeksi virus corona varian baru ini.

Baca juga: Vaksin Covid19 Menyebabkan Bell’s Palsy?

Bagaimana dengan Indonesia? Beberapa hari yang lalu, pemerintah sudah merilis larangan warga negara asing asal Inggris masuk ke wilayah Indonesia. Sampai saat ini, belum ditemukan adanya kasus Covid19 di Indonesia yang disebabkan oleh varian baru virus corona, meskipun kabar terakhir, virus ini telah sampai di Singapura.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *