Studi: Covid19 Jauh Lebih Berbahaya Dibandingkan Flu

pasien covid19

Bila sebelumnya banyak yang mengatakan Covid19 tak ubahnya seperti flu biasa, tidak demikian halnya dengan sebuah studi yang dilakukan di Perancis. Dalam studi yang dipublikasikan dalam The Lancet Respiratory Medicine menyimpulkan, Covid19 jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan penyakit flu musiman.

Jumlah pasien yang dirawat dengan Covid19 dua kali lipat lebih banyak bila dibandingkan dengan pasien yang dirawat dengan flu musiman. Bicara angka kematian, pasien yang meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid19 jumlahnya hampir tiga kali lipat lebih banyak bila dibandingkan dengan jumlah pasien yang meninggal dunia karena flu musiman.

Pasien Covid19 juga lebih banyak memerlukan tindakan invasif bantuan nafas mekanis, 9,7% berbanding 4%. Sedangkan untuk lama rawat di ICU, pasien Covid19 rata rata dirawat selama 15 hari, sementara pasien flu dirawat rata rata selama 8 hari.

Memuat...

Virus SARS-CoV-2 penyebab Covid19 memiliki potensi patogenitas saluran nafas yang lebih berat bahkan pada pasien pasien dengan komorbid ringan. Kondisi ini menyebabkan risiko kematian yang lebih tinggi pada pasien pasien ini.

Studi ini merupakan studi terbesar yang berhasil membandingkan antara Covid19 dengan Flu musiman. Angka kematian Covid19 yang tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan musim flu terburuk dalam sejarah Perancis yakni periode 2018/2019.

Studi perbandingkan ini menggunakan data nasional Perancis, 89.530 pasien Covid19 yang masuk rumah sakit periode 1 Maret sampai 30 April 2020, sedangkan untuk pasien flu sebanyak 45.819 yang masuk rumah sakit periode 1 Desember 2018 sampai 28 Februari 2019.

Studi ini sekaligus jawaban atas pernyataan sebagian orang yang meremehkan Covid19 karena dianggap seperti flu biasa.

Nih buat jajan