Benarkah Tersenyum Bisa Mengurangi Rasa Sakit Saat Divaksin?

motorqq
win228

suntik vaksin

Sebentar lagi akan dilaksanakan vaksinasi massal Covid19 sebagai salah satu cara pengendalian pandemi Covid19. Vaksin yang diberikan dengan cara disuntik ini menyasar 70 persen populasi di Indonesia. Disuntik? Yap, vaksin Covid19 diberikan dengan cara disuntik.

Mendengar kata disuntik tentu yang kita bayangkan adalah rasa sakitnya. Itu juga yang menjadi perhatian para peneliti dari Universitas California, Amerika Serikat. Mereka mencoba meneliti cara cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit saat disuntik. Hasilnya?

Berdasarkan kesimpulan penelitian yang mereka lakukan, tersenyum dapat mengurangi rasa sakit saat disuntik sampai dengan 40%. Tersenyum juga dapat meredakan stress psikologis saat melihat jarum suntik. Sebagaimana diketahui, stress psikologis saat melihat jarum suntik dapat menyebabkan rasa berdebar atau peningkatan detak jantung. Nah, tersenyum dapat meredakan rasa berdebar ini.

Memuat...

Selain tersenyum, meringis juga memberikan respon yang sama. Artinya, semua ekspresi muka yang mengaktivasi otot otot mata dan rahang dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit dan stress psikologis saat disuntik.

Penelitian ini melibatkan 231 responden yang diminta menuliskan tingkat rasa sakit yang mereka alami saat disuntik. Tingkat rasa sakit yang ditulis adalah saat mereka tersenyum alami, tersenyum yang dibuat buat, meringis dan tanpa ekspresi. Hasilnya, mereka yang tersenyum alami dan meringis merasakan rasa sakit yang lebih ringan dibandingkan dengan mereka yang tanpa ekspresi atau yang senyumnya dibuat buat.

Penelitian sederhana yang dipublikasikan dalam jurnal Emotion ini sedikit banyak bisa dipakai sebagai masukan kepada mereka yang akan melaksanakan program vaksinasi Covid19. Petugas bisa membuat pasien tersenyum sebelum disuntik sehingga rasa sakit dan stress yang mereka lakukan bisa diminimalisir.

loading...

One thought on “Benarkah Tersenyum Bisa Mengurangi Rasa Sakit Saat Divaksin?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *