1 dari 6 Pasien Covid19 Usia Muda Adalah Tenaga Kesehatan

motorqq
win228

tenaga kesehatan covid19

Tenaga kesehatan dan keluarganya termasuk mereka yang berisiko terpapar infeksi Covid19. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam versi daring BMJ menyebutkan, 1 dari 6 pasien Covid19 yang masuk rumah sakit pada rentang usia 18 – 65 tahun adalah tenaga kesehatan dan keluarganya.

Meskipun secara umum rentang usia 18 sampai 65 tahun adalah kelompok usia yang jarang masuk rumah sakit karena Covid19, tetapi hasil studi ini cukup memberikan gambaran bahwa pada kelompok usia ini, tenaga kesehatan dan keluarganya memiliki risiko terpapar Covid19 yang relatif cukup tinggi bila dibandingkan dengan pekerjaan yang lain.

Studi ini menggunakan data penduduk Skotlandia yang terdiri dari 158.445 orang tenaga kesehatan, 229.905 anggota keluarga tenaga kesehatan. Data diambil saat terjadi peningkatan kasus Covid19 di Skotlandia antara tanggal 1 Maret 2020 sampai 6 Juni 2020.

Memuat...

Lebih jauh peneliti menemukan, pada kelompok usia 18 sampau 65 tahun, risiko rawat rumah sakit akibat Covid19 sangat rendah yakni kurang dari 0,5%. Namun, bila melihat secara khusus pada tenaga kesehatan dan keluarganya, angka rawat rumah sakit mencapai 17,2% bila dibandingkan dengan seluruh kasus Covid19 yang dirawat di rumah sakit pada rentang usia ini.

Angka ini diperoleh setelah dilakukan penyesesuaian beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, ras dan kormobiditas. Faktor yang diperhatikan juga adalah apakah tenaga kesehatan ini kerap bertemu dengan pasien atau tidak.

Hasilnya, tenaga kesehatan yang berhadapan langsung dengan pasien memiliki risiko tiga kali lipat lebih tinggi masuk rumah sakit akibat Covid19 bila dibandingkan dengan pekerjaan lain di rentang usia 18 sampai 65 tahun. Sementara anggota keluarga dari tenaga kesehatan ini memiliki risiko dua kali lipat lebih tinggi masuk rumah sakit akibat Covid19 bila dibandingkan dengan anggota keluarga pekerjaan lain pada rentang usia yang sama.

Tenaga kesehatan yang paling berisiko adalah mereka yang bekerja di garda terdepan seperti paramedis dan perawat pada instalasi gawat darurat.

Bagaimana dengan di Indonesia? Saya rasa datanya tidak jauh berbeda.

loading...

One thought on “1 dari 6 Pasien Covid19 Usia Muda Adalah Tenaga Kesehatan

  • Rabu, 4 November 2020 pada 11:47
    Permalink

    Fakta yang membuat orang sedikit ngeri untuk mengambil profesi sebagai tenaga kesehatan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *