Turunkan Tensi Dengan Flavanol. Apa Itu?

motorqq
win228

minum teh

Memiliki tekanan darah atau tensi tinggi merupakan masalah bagi sebagian orang. Sebagaimana diketahui, tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler seperti stroke dan serangan jantung.

Baru baru ini ada kabar mengembirakan datang dari daratan Inggris. Sebuah penelitian di sana berhasil membuktikan kandungan zat flavanol pada makanan/minuman dapat membantu menurunkan tekanan darah. Makanan dan minuman yang mengandung zat flavanol itu antara lain teh, apel dan berrie.

Dalam penelitian itu disebutkan, mereka yang rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung flavanol cenderung memiliki tekanan darah yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang mengukur pola makan ribuan penduduk Inggris secara obyektif.

Memuat...

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Scientific Reports ini mempelajar pola makan lebih dari 25ribu penduduk Norfolk, Inggris. Pola makan ini kemudian dibandingkan dengan hasil pemeriksaan tekanan darah. Tidak seperti penelitian lainnya yang hanya meminta para responden melaporkan apa yang mereka makan, pada penelitian ini, dilakukan pengukuran obyektif terhadap zat flavanol yang dikonsumsi oleh para responden.

Perbedaan tekanan darah pada mereka yang rutin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung flavanol dengan mereka yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi jenis makanan itu berkisar antara 2 sampai 4 mmHg.

Hasil penelitian ini tentu saja mengembirakan bagi mereka yang ingin menjaga kestabilan tekanan darahnya tanpa harus disibukan dengan mengonsumsi obat obatan. Bagi yang suka mengonsumsi teh, apel dan buah berrie, kebiasaan itu ternyata memiliki keuntungan lain dari sekedar memberi rasa kenyang.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *