Memakai Masker Dapat Menyebabkan Keracunan Karbon Dioksida? Ini Faktanya

motorqq
win228

orang pakai masker

Sejak merebaknya pandemi Covid19, banyak isu yang berkembang di masyarakat, salah satunya adalah terlalu lama memakai masker dapat menyebabkan seseorang keracunan karbon dioksida. Benarkah demikian?

Bagaimana faktanya? Menurut sebuah penelitian terbaru, memakai masker tidak menyebabkan seseorang mengalami keracunan karbon dioksida atau CO2, termasuk pada mereka yang memiliki penyakit paru paru.

Hasil penelitian ini sekaligus meng-counter pendapat yang selama ini berkembang bahwa memakai masker untuk mencegah penularan Covid19 dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah kesehatan.

Memuat...

Kesimpulan ini diperoleh peneliti setelah melakukan perbandingan kadar oksigen dan karbon dioksida sebelum dan setelah memakai masker bedah pada mereka yang sehat dan pada mereka yang menderita penyakit paru menahun.

Mengapa mereka yang menderita penyakit paru menahun juga diikutkan dalam penelitian ini? Karena pada kondisi normal, mereka umumnya mengalami kesulitan bernafas sehingga tampak seperti orang yang sedang sesak.

Menurut peneliti, kesan sesak nafas yang dialami oleh mereka yang memakai masker merupakan respon wajar akibat sulitnya udara masuk ke saluran nafas, tapi hal tersebut bukan berarti seseorang akan mengalami kekurangan oksigen dan kelebihan karbon dioksida. Sulitnya udara masuk ke saluran nafas ini akan direspon tubuh dengan mempercepat frekuensi nafas.

Kesulitan bernafas saat memakai masker terutama dirasakan oleh mereka yang sedang beraktivitas berat seperti berolahraga. Solusinya, turunkan intensitas olahraga atau copot masker dan pastikan berolahraga di tempat yang jauh dari kerumunan.

Apa artinya penelitian ini? Memakai masker dalam kehidupan sehari hari itu aman dan dalam kondisi pandemi Covid19, memakai masker sangat penting dalam upaya pencegahan penularan Covid19.

Penelitian ini dipublikasikan online dalam Jurnal Annals of the American Thoracic Society

loading...

2 thoughts on “Memakai Masker Dapat Menyebabkan Keracunan Karbon Dioksida? Ini Faktanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *