Mengejutkan! Virus Corona Ditemukan Pada Air Laut

motorqq
win228

pantai

Sebuah kabar mengejutkan datang dari daratan Amerika Serikat khususnya dari Universitas Minnesota. Para peneliti dari universitas tersebut berhasil mendeteksi adanya novel coronavirus pada sampel air laut. Temuan ini berhasil mereka dapatkan setelah mengumpulkan sampel air laut setiap akhir pekan di delapan pantai sepanjang Lake Superior sejak tanggal 4 Juli 2020.

Dari delapan pantai yang diteliti, empat diantaranya mengandung virus SARS-CoV2 pada sampel air lautnya. Temuan virus corona penyebab Covid19 pada air laut ini terjadi pada tanggal 11 dan 18 September 2020.

Meskipun sampai saat ini belum ada bukti yang menyatakan virus corona dapat menular melalui air tawar atau air laut. temuan ini sedikit banyak bisa dijadikan petunjuk bagaimana virus corona menyebar dalam sebuah komunitas.

Memuat...

Menurut rilis resmi dari penelitian ini, para peneliti berhasil mengumpulkan antara 100 sampai 1.000 virus dalam satu liter air laut. Jumlah ini sekitar 10.000 kali lebih rendah bila dibandingkan temuan virus pada air buangan limbah rumah sakit yang merawat pasien Covid19.

Adanya virus corona pada air laut kemungkinan besar berasal dari para perenang yang terinfeksi Covid19. Sebagaimana diketahui, selain keluar dari percikan ludah, virus corona pada pasien Covid19 juga bisa keluar melalui feses sampai satu bulan setelah gejala Covid19 hilang.

Jadi, adanya virus corona pada air laut kemungkinan berasal dari kontaminasi feses manusia saat aktivitas mereka di laut atau terbawa angin pantai saat penderita Covid19 bercakap cakap di sekitar pantai.

Namun jangan khawatir, sampai saat ini belum ada bukti yang menyatakan manusia bisa terinfeksi virus corona dari air seperti halnya yang bisa terjadi pada bakteri salmonella atau E. coli.

Jadi, jangan takut untuk berenang.

loading...

One thought on “Mengejutkan! Virus Corona Ditemukan Pada Air Laut

  • Rabu, 25 November 2020 pada 10:09
    Permalink

    Wah sedih juga mendengarnya. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan keselamatan dan jangan lupa kunjungi waroengmbokavila.blogspot.com

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *