5 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Menggunakan Whey Protein Sekarang

motorqq
win228

whey protein

Tidak semua protein bernilai nutrisi sama. Beberapa jenis protein, seperti whey, lebih baik daripada lainnya. Whey protein adalah salah satu protein utama yang ditemukan dalam produk susu dan produk sampingan dari proses pembuatan keju. Biasanya whey protein berbentuk bubuk dan dapat ditambahkan ke makanan lunak atau minuman, seperti jus atau smoothie.

Kebanyakan orang bisa mendapatkan cukup protein dari makanan yang sehat dan bervariasi. Namun, jika Anda mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan protein harian karena kondisi tertentu, whey protein mungkin dapat membantu. Faktanya, whey protein adalah salah satu suplemen yang paling banyak dipelajari di dunia.

Nah, berikut ini 5 alasan mengapa Anda perlu mengonsumsi whey protein untuk membantu mendapatkan kebugaran dan meningkatkan kesehatan Anda.

Memuat...

1.    Mengandung Banyak Asam Amino Esensial

Protein adalah bahan penyusun utama tubuh manusia. Protein digunakan untuk membangun bagian-bagian tubuh yang penting termasuk tendon, organ dan kulit, hormon, enzim, neurotransmitter, dan berbagai molekul. Whey protein menyediakan sejumlah besar asam amino esensial yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi yang dilakukan protein dalam tubuh.

Whey juga lebih dari sekadar protein karena mengandung banyak nutrisi dengan efek biologis yang kuat. Ini termasuk laktoferin, beta-laktoglobulin, alfa-laktalbumin dan imunoglobulin. Whey adalah protein lengkap yang berkualitas tinggi dan menjadi salah satu sumber protein terbaik.

2.    Cepat Diserap oleh Tubuh

Berbagai asam amino esensial yang terdapat dalam whey protein dapat diserap tubuh dengan cepat. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa hal ini dapat membantu Anda meningkatkan kekuatan otot, membantu mempercepat pemulihan otot setelah latihan intensif, dan menghilangkan lemak tubuh dalam jumlah yang signifikan.

Konsumsi whey protein juga dapat mengatasi kekurangan atau masalah nutrisi karena dapat diserap dan dimanfaatkan secara cepat dan efisien oleh tubuh, dibandingkan dengan jenis protein lainnya. Menambahkan whey protein ke dalam makanan Anda adalah cara yang praktis namun tetap sehat untuk mendapatkan asupan protein yang lengkap.

3.    Merangsang Pertumbuhan Otot

Protein dalam whey memiliki kualitas yang sangat tinggi dan sarat dengan asam amino esensial, termasuk leusin dan sistein. Studi menunjukkan bahwa leusin adalah asam amino yang paling anabolik (memacu pertumbuhan), dan sistein dapat membantu meningkatkan kadar glutathione (antioksidan utama dalam sel).

Whey protein menyediakan protein dan asam amino yang merupakan bahan pembangun untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan bahan penyusun elemen kontraktil di otot Anda. Whey protein efektif untuk mencegah menurunnya massa otot secara alami seiring bertambahnya usia. Penurunan massa otot ini biasanya menyebabkan penambahan lemak dan peningkatan risiko banyak penyakit kronis.

4.    Membantu Menurunkan Berat Badan

Protein dapat membantu menurunkan berat badan karena protein adalah makronutrien yang paling mengenyangkan. Protein dapat meningkatkan pengeluaran energi hingga 80–100 kalori per hari, dan membuat orang secara otomatis makan lebih sedikit kalori (hingga 441 kalori) per hari.

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi protein untuk 25% dari kalori harian dapat mengurangi selera makan hingga 60% dan mengurangi keinginan untuk ngemil hingga setengahnya. Penelitian menunjukkan bahwa mengganti sumber kalori lain dengan whey protein, dikombinasikan dengan olahraga yang cukup dapat menurunkan berat badan Anda sekaligus meningkatkan massa otot tanpa lemak.

5.    Manfaat Kesehatan Lain

Selain membangun otot, kekuatan, dan mengurangi berat badan, whey protein memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya. Ini termasuk menurunkan tekanan darah, gula darah, serta mengurangi gejala stres dan depresi. Whey protein juga melindungi terhadap kanker, mengurangi gejala hepatitis, dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Protein telah terbukti meningkatkan kepadatan mineral tulang sehingga melindungi terhadap osteoporosis, tanpa menimbulkan dampak pada ginjal yang sehat. Whey protein juga mempercepat pemulihan luka, bermanfaat bagi orang yang baru sembuh dari luka bakar dan orang yang mengalami luka kronis.

Berbagai manfaat kesehatan itu bisa Anda dapatkan berkat kadar sistein yang cukup tinggi dalam whey protein. Sistein melakukannya dengan meningkatkan kadar glutathione, zat antioksidan utama dalam sel tubuh Anda.

Ketika digunakan dalam jumlah tepat, whey protein cukup aman dikonsumsi. Dosis yang umum dianjurkan adalah 1-2 sendok (25-50 gram) per hari. Konsumsi yang terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti mual, perut kembung, diare, nyeri, dan kram. Beberapa orang juga alergi terhadap whey. Tetapi secara umum, protein whey memiliki profil keamanan yang sangat baik dan kebanyakan orang dapat mengkonsumsinya tanpa masalah.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *