Memakai Kacamata Menurunkan Risiko Menderita Covid19. Benarkah?

motorqq
win228

wanita berkacamata

Apakah memakai kacamata dapat menurunkan risiko menderita Covid19? Ternyata jawabannya adalah benar. Menurut penelitian terbaru, pemakai kacamata lima kali lebih kecil kemungkinannya menderita Covid19 bila dibandingkan dengan mereka yang tidak memakai kacamata.

Baca juga: Mengenal Istilah Baru Covid19 Versi KMK Terbaru

Peneliti melakukan pengamatan terhadap hampir 300 pasien Covid19 dan diantara para pasien ini, hanya 5,8% yang memakai kacamata lebih dari 8 jam setiap hari. Penelitian ini dikuatkan dengan adanya data dari Propinsi Hubei, China yang menyebutkan 31,5% dari mereka yang menderita Covid19 adalah pemakai kacamata.

Memuat...

Apa yang dapat disimpulkan dari kedua penelitian ini? Bukti yang diperoleh dari kedua penelitian ini mengidikasikan, mereka yang memakai kacamata memiliki risiko menderita Covid19 lima kali lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang tidak memakai kacamata.

Sebagaimana diketahui, mata merupakan salah satu port de entry atau tempat masuknya virus corona saat menginfeksi tubuh. Masuknya virus corona ke mata bisa berasal dari percikan ludah (droplet) yang terbang di udara atau sentuhan dari tangan yang terkontaminasi viru corona.

Dengan memakai kacamata maka risiko masuknya virus corona ke mata menjadi lebih rendah karena terhalang oleh kacamata.

Menurut peneliti dari Nanchang University, China, adanya reseptor ACE-2 pada mata merupakan penyebab utama virus corona begitu mudah menginfeksi seseorang lewat mata. Sebagaimana diketahui, reseptor ACE-2 merupakan tempat melekatnya virus corona saat menginfeksi sel manusia.

Baca juga: Inilah Daftar Kondisi Yang Dapat Memperparah Covid19

Temuan ini kembali menegaskan pentingnya pelindung mata bagi para tenaga kesehatan disamping keharusan mencuci tangan dan menghindari sentuhan pada wajah.

Peneltian ini dipublikasikan pada edisi terakhir dari JAMA Ophthalmology.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *