Ini Alasan Mengapa Bisnismu Wajib Pakai Software Akuntansi

motorqq
win228

Bisnis Anda masih stagnan pada posisi yang sama setiap bulannya? Gimana bisa? Apakah keuangan bisnis sudah diatur dengan baik? Kalau belum, ada baiknya Anda memulai menggunakan software akuntansi untuk manajerial finansial bisnis yang dijalankan!

Manfaat Software Akuntansi

Penggunaan software akuntansi yang tepat bisa menjadi pembeda yang signifikan dalam meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Software akuntansi akan membantu Anda dalam menjaga segala sesuatu dalam bisni yang dijalankan lebih teratur. Perangkat lunak bidang akuntansi ini juga akan membuat semua persyaratan akuntansi dalam bisnis terselesaikan dengan baik, serta menyederhanakan prosedur bagi para karyawan saat melakukan tugasnya. Prinsip efektivitas dan efisiensi terpenuhi, pekerjaan yang dilakukan akan terasa lebih ringan. Selain itu, keuntungan yang didapat apabila Anda menggunakan software akuntansi adalah harganya yang lumayan murah, sehingga dapat menghemat biaya untuk membayar akuntan profesional dalam melakukan tugas-tugas yang diperlukan.

Memuat...

Software akuntansi dapat membantu pemilik dalam menyimpan dokumen atas transaksi yang dilakukan pada hari itu. Perangkat ini juga bisa membantu Anda dalam melacak arus kas harian secara mudah pada saat dibutuhkan. Tidak hanya itu, beberapa software akuntansi juga menyediakan fitur pelaporan dan analisis keuangan bisnis secara real time, kapanpun dan dimanapun Anda membutuhkannya. Luar biasa bukan? Software akuntansi sangat diperlukan oleh semua bisnis, terutama yang sedang berkembang untuk menjaga keuangan bisnis dan memberikan gambaran umum, baik terkait pemasukan maupun pengeluaran. Perangkat lunak akuntansi ini mampu mengubah dan menghapus transaksi yang sudah dicatat dengan mudah, jika diperlukan. Beberapa diantaranya juga dapat mengirimkan pengingat pembayaran, bahkan tagihan penjualan secara otomatis kepada pelanggan. Analisis keuangan pun disajikan dalam bentuk bagan dan grafik, sehingga Anda yang tidak mengerti akuntansi tetap bisa memahami dengan baik. Dengan demikian, keputusan bisnis dapat diambil secara tepat dan bijaksana.

Profesionalisme

Apabila bisnis memiliki software akuntansi, kredibilitas perusahaan Anda di mata pelanggan akan meningkat. Anda akan terlihat lebih profesional, software akuntansi untuk bisnis kecil dapat meningkatkan citra di mata para customer. Memiliki software akuntansi untuk bisnis kecil yang Anda jalankan akan menghemat waktu dan menekan biaya. Memasukan data secara manual pada setiap transaksi yang ada, baik penjualan, pembelian, serta transaksi lainnya, pasti sangat melelahkan bagi manajer perusahaan yang sangat sibuk. Namun, ketika Anda memiliki software akuntansi untuk bisnis kecil, itu akan mengubah proses kerja yang sangat sibuk menjadi lebih ringan.

kledo

Siapapun orangnya, hanya dengan pengetahuan sederhana terkait penggunaan komputer dan software akuntansi tersebut, pasti dapat mengoperasikan perangkat lunak dan memastikan tidak ada satupun kesalahan kalkulasi yang terjadi. Anda tidak perlu menjadi lulusan ekonomi atau akuntansi untuk dapat menjalankan software akuntansi kok. Di zaman ini, banyak perangkat lunak bidang akuntansi yang beredar di internet, dikembangkan dengan cara yang sangat sederhana, khusus untuk bisnis kecil yang tidak memahami pembukuan akuntansi. Dengan pengerjaan manual, ada kemungkinan Anda akan kehilangan data yang sudah dicatat, bahkan tidak dapat menemukannya ketika dibutuhkan.

Pencarian dan pelacakan transaksi yang dicatat secara manual agak ribet dan memakan waktu yang lama, membayangkannya saja sudah melelahkan. Tapi, jika Anda memiliki perangkat lunak akuntansi, tentu akan sangat berbeda. Anda dapat membuat salinan atau cadangan data di tempat yang aman, baik di Cloud maupun harddisk eksternal. Ini sangat berguna ketika Anda secara tiba-tiba mengalami kehilangan data atau muncul beberapa masalah tak terduga di komputer. Selain itu, pelacakan transaksi akan jauh lebih mudah. Anda tidak perlu lagi membuka kertas dokumen manual satu per satu, lalu menghubungkan antar transaksi yang rumit.

Begitu pula, ketika terjadi pemeriksaan perpajakan, atau mendadak para pemangku kepentingan membutuhkan dokumen maupun laporan dari bisnis Anda saat itu juga. Dengan adanya software akuntansi, Anda tidak perlu kebingungan menghadapi permintaan mendesak. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan penarikan data atau dokumen dari software, kemudian memberikannya kepada mereka. Sangat simpel, profesional, tidak perlu waktu banyak untuk melakukan hal yang bersifat mendesak. Menyenangkan bukan?

Pertumbuhan Bisnis

Software akuntansi untuk bisnis kecil dapat memberikan jaminan dan kepastian penuh kepada Anda tentang pelaporan, analisis, dan manajerial keuangan perusahaan. Pelacakan dan analisis data yang bisa didapatkan secara otomatis, akan membantu pemilik bisnis dalam membuat keputusan yang tepat. Dengan begitu, bisnis yang dijalankan semakin berkembang dan tumbuh ke arah yang positif, sehingga keuntungan juga akan meningkat. Selain itu, perangkat lunak akuntansi membantu Anda dalam menjaga arus kas. Perusahaan Anda akan dalam keadaan baik-baik saja, ketika kondisi arus kas tetap prima, bahkan dalam menghadapi pandemi seperti saat ini. Memasuki pasar yang lebih besar pun tidak akan menemukan kekhawatiran yang berarti, selama manajerial keuangan Anda bagus. Semua bisnis besar yang telah berkembang selama bertahun-tahun, telah menggunakan perangkat akuntansi yang tepat, serta dapat membantu mereka terus tumbuh secara signifikan.

Memilih Software Akuntansi yang Tepat

kledo

Permasalahannya sekarang adalah bagaimana cara memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis yang Anda jalankan? Memang banyak software akuntansi yang beredar di internet saat ini. Tidak semuanya bisa Anda gunakan untuk membantu perusahaan tumbuh dengan baik. Pertama, Anda perlu mengetahui yang dibutuhkan dalam proses pembukuan atas transaksi pada perusahaan. Selanjutnya, seleksi secara lebih spesifik terkait budget dan fasilitas yang ingin Anda dapatkan. Yang terakhir, manfaatkanlah masa trial secara gratis pada software yang sekiranya Anda pilih. Kenyamanan dalam memilih software itu penting, jika Anda merasa tidak nyaman dalam menggunakannya, baik secara tampilan maupun pemrosesan data, lebih baik dibatalkan. Pilihlah software lain yang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan Anda, minimal dari segala sisi penting dalam pembukuan dan pelaporan, serta analisis.

Untuk produk dalam negeri, Anda bisa mempertimbangkan Kledo sebagai software pilihan. Kledo dapat melakukan back up atas semua proses pemrosesan data akuntansi yang Anda butuhkan. Selain billing, Kledo juga menyediakan fasilitas pelaporan dan analisis secara real time, kapanpun, dan dimanapun Anda membutuhkannya. Manfaatkan masa trial penggunaan Kledo secara gratis selama 14 hari, untuk menikmati fitur lengkap yang disediakan. Ayo daftar Kledo sekarang juga!

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *