Gastritis (Penyakit Radang Lambung)

jokerxxi
motorqq
win228

gastritis

Gastritis adalah istilah medis untuk inflamasi pada dinding lambung. Gastritis sendiri bukanlah penyakit tunggal, artinya setiap kondisi yang menyebabkan terjadinya inflamasi atau radang pada dinding lambung akan disebut dengan gastritis. Radang pada gastritis sebagian besar disebabkan oleh infeksi bakteri penyebab ulkus lambung.

Gastritis bisa terjadi tiba tiba (gastritis akut), atau bisa juga terjadi pelan pelan dalam jangka waktu lama (gastritis kronis). Pada beberapa kasus, gastritis dapat menyebabkan terjadinya ulkus yang dapat meningkatkan risiko kanker lambung. Sebagian besar kasus gastritis merupakan kasus ringan yang bisa sembuh dengan obat obatan.

Gejala Gastritis

Memuat...

luxury poker

Tanda dan gejala gastritis antara lain:

  • Rasa tidak nyaman atau sakit pada ulu hati yang bisa membaik atau memburuk setiap kali makan.
  • Mual
  • Muntah
  • Rasa penuh atau kembung pada ulu hati

Harap dicatat, gastritis tidak selalu menimbulkan tanda dan gejala. Penderita gastritis merasa sehat sehat saja, padahal di dinding lambungnya sudah terjadi proses inflamasi.

Faktor risiko gastritis

Berikut beberapa faktor risiko terjadinya gastritis:

Infeksi bakteri. Infeksi bakteri yang bisa menyebabkan terjadi gastritis adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori, tapi tidak semua orang yang terinfeksi bakteri ini akan mengalami gastritis.

Pengunaan obat obatan pereda sakit dalam waktu lama. Beberapa obat pereda sakit yang dapat menyebabkan radang lambung adalah aspirin dan ibuprofen.

Usia lanjut. Orang usia lanjut berisiko menderita gastritis karena lapisan lambungnya menipis seiring dengan bertambanya usia. Disamping itu, orang usia lanjut juga rentan terinfeksi H. Pylori dengan gejala yang parah.

Minum minuman beralkohol secara berlebihan. Minuman beralkohol dapat mengiritasi lapisan lambung sehingga lapisan lambung menjadi rentan terhadap asam lambung. Minum minuman beralkohol kerap menyebabkan gastritis akut.

Stress. Salah satu penyebab asam lambung naik adalah stress. Jenis gastritis yang terjadi adalah gastritis akut.

Kapan harus ke dokter?

Hampir semua orang pernah mengalami masalah pada lambung. Kebanyakan dari masalah tersebut berlansung singkat dan tidak perlu perawatan medis. Segera ke dokter jika gejala gastritis berlansung lebih dari seminggu. Ceritakan masalah lambungnya ke dokter dan riwayat pengobatan yang telah dilakukan.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *