Pijat Bayi

jokerxxi
motorqq
win228

pijat bayi
baby hands massage mother massaging

Pernahkah anda merasa kebingungan ketika si kecil rewel tidak bisa tidur dengan nyenyak, atau bahkan  seperti kesakitan merasa tidak nyaman dengan anggota badan balita tercinta kita? Namun karena masih terlalu kecil dan belum bisa menyampaikan keluhan yang dirasakan, sering kali kita tidak mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi buah hati.

Jika bunda melihat baby kesayangan sama dengan kondisi di atas, mungkin anak anda sedang kecapekan dan membutuhkan pijatan untuk meredakan rasa sakit dan sehingga membuatnya nyaman kembali.

Yuk bunda, kita belajar bersama mengenai cara pijat bayi yang benar!

Memuat...

luxury poker

Manfaat Pijat Bayi

Ada beberapa orang tua enggan untuk melakukan terapi pijat untuk balitanya, karena berbagai alasan seperti takut adanya kontra indikasi setelah pemijatan, tidak mendapatkan terapis yang tepat dan berbagai macam stigma yang beredar.

Sebelum anda berbikir terlalu jauh tentang bayangan dan ketakutan ketakutan yang anda rasakan, ada baiknya bila kita para orang tua mengetahui tentang manfaat pijat  bayi. Agar lebih bijak dalam menentukan tindakan apa saja yang akan dilakukan untuk mendapatkan terapi yang efektif pada anak dan meminimalisir pemakaian obat obatan kimia pada anak.

Lalu apa saja manfaat pijat bayi:

  • Gerakan lembut yang dilakukan pada permukaan kulit bisa menimbulkan rasa nyaman, sehingga anak akan lebih rileks.
  • Si kecil akan tidur lebih nyenyak dan pulas, karena efek rileks yang dia rasakan.
  • Bayi jarang menangis dan tidak rewel lagi karena kehangatan dari tangan anda dapat menyalurkan kasih sayang serta membuatnya merasa aman dan diperhatikan.
  • Istirahat yang cukup akan memicu kenaikan berat badan anak.
  • Mengurangi rasa sakit karena kekakuan otot.
  • Melancarkan sirkulasi peredaran darah sehingga kesehatan jantung bayi akan lebih baik.
  • Dapat membantu mempercepat pemulihan penyakit kuning bawaan, akibat bilirubin tinggi diatas normal pada kelahiran bayi.
  • Mengurangi rasa sakit sewaktu gigi susu akan tumbuh.
  • Melancarkan pencernaan, jadi bayi tidak mudah masuk angin.

Butuh teman sharing tentang manfaat pijat bayi? Anda bisa berkonsultasi di Pijat panggilan Semarang untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat ya.

Persiapan dan alat pijat bayi

Sebelum melakukan pijat bayi ada baiknya anda melakukan beberapa persiapan dan alat yang memudahkan terapi seperti:

  1. Pastikan anda mengatur suhu ruangan menjadi hangat sekitar dua puluh empat derajat celsius agar si kecil tidak kedinginan, mengingat saat terapi semua pakaian harus dibuka.
  2. Siapkan handuk kering, alas bayi seperti bedong atau perlak, megantisipasi saat anak mengompol.
  3. Gunakan minyak yang aman untuk kulit lembutnya yang sangat sensitif. Anda disarankan menggunakan baby oil atau minyak zaitun.
  4. Siapkan pakaian bayi, disamping tempat terapi yang mudah anda jangkau saat selesai melakukan treatment.
  5. Cuci tangan anda menggunakan sabun, membersihkan adanya kuman, virus maupun bakteri yang menempel ditangan anda, supaya tidak menginfensi buah hati.
  6. Mulailah beraksi sesuai dengan tehnik pijat bayi yang baik dan benar.

Langkah langkah pijat bayi

Setelah semua peralatan dan persiapan untuk terapi siap, dan kondisi si kecil juga mendukung untuk dimassage, bunda cantik bisa mulai memberikan pijatan ya.

Adapun langlah langkah pijat bayi adalah:

Kaki

Mulailah pijatan ringan dengan jempol tangan  dari telapak kaki, dengan gerakan dari tungkai ke arah jari jari kaki. Tekan jari jemarinya satu persatu kurang lebih satu sampai dua menit setiap jari ya bunda.Tuangkan minyak secukupnya lalu gosok merata tungkai hingga pangkal paha, lanjutkan dengan pijatan sesuai kemampuan bayi, jangan terlalu keras karena bisa menyakitinya. Lakukan dari bawah ke atas sampai pangkal paha, ini termasuk area yang kurang sensitif sehingga sangat tepat untuk langkah awal pemitan. Ulangi langkah ini pada bagian punggung kaki dan kaki bagian depan juga secara merata.

Lengan

Usai bagian kaki, anda bisa beralih ke lengan, dimulai dari lengan atas menuruh ke pergelangan tangan, memutar lembut kembali ke atas. Jangan lupa gosokkan minyak di setiap bagian yang akan anda pijat. Tekan telapak tangan yang berakir di jari jari tangan mungilnya.

Dada

Oleskan minyak, gosok merata pada telapak tangan mama, lalu letakkan kedua tangan anda di atas dada, tekan selembut dan senyaman mungkin bayi anda menikmati relaksasi pijatanya. Dari dalam ke arah luar, ulangi gerakan ini sepuluh sampai lima belas kali.

Perut

Olesi miyak lagi telapak tangan ibu, lakukan gerakan melingkar sangat lembut, dari sisi kanan perut menuju sisi kiri, lanjutkan gerakan menurun kemudian horizontal kembali lagi ke atas ke titik awal.

Punggung

Rubah posisi bayi menjadi tengkurap, usap merata oil dipunggung anak, setelah itu lakukan tekan punggung anak diari bawah menuju ke atas sampai pundak, pada area kanan dan kiri sebelah tulang belakang.

Lanjutkan dengan gerakan dari dalam menuju keluar mirip saat memijat bagian dada. Ulangi beberapa kali, dan akhiri pijatan dari leher sampai bokong serta pijatan panjang mulai bahu hingga telapak kaki.

Tips memijat bayi

  1. Waktu pijat yang terbaik adalah ketika buah hati sedang terjaga.
  2. Bayi dalam kondisi tenang, tidak terlalu lapar maupun kekenyangan.
  3. Berikan sedikit asi sebelum dilakukan terapi agar bayi tidak menangis ditengah pemijatan.
  4. Hindari memijat saat bayi sedang mengantuk atau hindari jam tidur seperti bobok siang maupun malam.
  5. Jadwalkan terapi rutin untuk mendapatkan manfaat terbaik.
  6. Segera hentikan pijatan jika bayi menangis keras, karena itu adalah tanda bahwa pijatan sudah cukup, atau anda bisa lebih pelankan tekanan pijat ketika bayi menangis kesakitan. Karena bisa saja bayi menangis karena pijatan kita terlampau keras.

Demikianlah tips memijat bayi yang baik dan benar. Anda juga bisa mengkuti kelas khusus pijat bayi seperti swedish massage, untuk mengetahui lebih detail dan cara memberi terapi pijat yang jauh lebih bermanfaat.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *