Dampak Pijat Refleksi Pada Penderita Psikosomatis

motorqq
win228

pijat panggilan semarang

Ketika anda mendengar kata pijat refleksi, kesan anda pasti tentang terapi pijat yang ditawarkan banyak rumah pijat disepanjang jalan kian lama semakin menjamur. Tak hanya sepanjang jalan, pusat pusat perbelanjaan pun tak mau kalah seolah berlomba mendirikan jasa spa, ada juga yang menawarkan secara personal keliling menjajakan jasa pijat refleksi serta terapi pijat lain.

Namun pernahkah anda berpikir tehnik ini bisa diaplikasikan sebagai alternative terapi untuk beberapa jenis gangguan mental misalnya psikosomatis, atau gangguan penyakit lain.

Sebagian besar mungkin tidak percaya, bagaimana dampak pijat refleksi pada penderita psikomatis, negative atau positif?

Memuat...

Simak penjelasannya dibawah ini!

APA ITU PIJAT REFLEKSI?

Pijat refleksi adalah salah satu metode pengobatan holistic menggunakan tehnik pemijatan melalui titik titik yang terdapat pada telapak kaki, telapak tangan, telinga, serta pembagian beberapa zona dalam tubuh yaitu zona longitudinal dan zona tranversal. Selain itu refleksi juga menggunakan beberapa metode lain seperti reflesi silang, menyeimbangkan energy melalui tekanan tekanan pada titik yang berhubungan dengan organ.

Refleksi berasal dari kata reflekstion yang berarti cerminan. Cerminan yang dimaksud ialah organ dalam pada tubuh manusia tercermin oleh organ tubuh bagian luar dimana keduanya dihubungkan oleh syaraf syaraf yang tersebar keseluruh tubuh.

Metode holistic ini skarang berjalan berdampingan dengan kedokteran modern atau medis setelah dilakukan berbagai penelitian oleh dokter yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Banyak rumah sakit berstandar international memiliki dan mendirikan klinik pijat didalamnya, sebagai sarana  rehab medis syaraf maupun fisioterapis.

Bahkan saat ini sekolah  tinggi kesehatan maupun kedokteran fisioterapi mulai memasukkan tehnik pijat refleksi sebagai mata kuliah wajib karna dinilai efektif dalam proses penyembuhan serta memiliki manfaat anestesi sebagai penenang  dan pereda nyeri.

APA HUBUNGAN REFLEKSI DENGAN PSIKOSOMATIS, BAGAIMANA DAMPAKNYA?

Psikosomatis adalah suatu kondisi seseorang yang mengalami ketakutan/kecemasan berlebih efek suatu keadaan yang disebabkan seperti stess, adanya gangguan pada organ pencernaan, cardiovaskuler maupun karena penyakit tertentu.

Dimana semua itu mempengaruhi system limbic otak ( tempat untuk fungsi emosi dan perilaku manusia). Di pangkal sitem limbic otak terdapat amigdaloid nucleos sebuah lobus yang terkait erat dengan kelenjar hipotalamus yang berfungsi sebagai pengontrol rasa takut.

Sebagai contoh ketika seseorang dalam keadaan stress akibat tekanan pekerjaan terlalu berat, terkadang melupakan jam makan siangnya lalu mempengaruhi kerja lambung berakibat naiknya produksi asam lambung/ gastrol. Kemudian terjadi refluks hingga mengenai syaraf limbic otak berimbas terjadinya psikosmatis pada penderita GERD.

Penderita GERD biasanya akan diresepkan obat obatan yang berfungsi menekan produksi asam lambung, sehingga gastrol terkontrol untuk menghindari adanya refluks berakibat terganggunya fungsi organ lain. Dan beberapa obat penenang jika terbukti memiliki kecemasan berlebih. Perlu diketahui bahwa pola hidup sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan, disamping penggunaan obat.

Seperti diketahui ODG / orang dengan gangguan GERD tidak boleh ditekan pada area perut sebab asam lambung akan meluber keluar melalui otot LES (lower esophagus) dan menekan diafragma pemicu sesak nafas, jantung berdebar serta dada terasa panas. Kondisi ini mendorong seseorang dalam ketakutan dan kepanikan berlebih sampai gemetar hebat bahkan pingsan.

Maka terapi yang paling aman dilakukan adalah dengan metode pijat refleksi kaki. Pemijatan dilakukan pada titik titik yang berhubungan dengan percernaan untuk membantu proses penyembuhan area yang bersangkutan. Selain itu dilakukan pada titik relaksasi untuk memberi efek nyaman pada pasien psikosomatis misalnya diarea titik dahi, otak, syaraf trigeminus, lalu titik ginjal sebagai detoksifikasi cair, serta kelenjar limfatika sebagai imunitas tubuh, kelenjar tiroid serta paratiroid yang merupakan matrik tulang pada tubuh. Dilanjutkan area titik spinal cord atau tulang belakang sebagai pusat syaraf penghubung.

Tekanan tekanan pada titik refleksi secara otomatis akan menggesek kulit sehingga membuka pori pori pada permukaan kulit yang terdapat volikel rambut. Dibawah volikel rambut terdapat sebuah kelenjar, yang mana kelenjar tersebut akan aktif ketika volikel rambut bergoyang. Saat kelenjar aktif, secara otomatis tubuh akan memproduksi sebuah hormone endorphine.

Hormone endorphine mempunyai sifat seperti morfine atau obat bius yang diproduksi secara alami oleh tubuh manusia, berfungsi sebagai anti inflamasi atau peradangan, pereda nyeri serta memberi efek nyaman dan tenang.

Sehingga pijat refleksi sangat efektif dilakukan pada seseorang yang memiliki gangguan psikosomatis karena bekerja tepat sasaran dengan membantu mempercepat penyembuhan pada organ yang menyebabkan terjadinya gangguan limbic otak. Serta menjadi anestesi alami efek kinerja dari hormone endophine yang menenangkan sehingga kecemasan dan ketakutan berkurang tanpa ada efek samping yang membahayakan tubuh maupun fungsi organ lain seperti penggunaan obat obatan kimia berlebih.

Jadi sudah tau kan pijat refleksi sangat aman dilakukan oleh semua orang dari berbagai macam usia mulai dari anak anak hingga lanjut usia, bahkan pada penderita psikosmatis serta dampak positifnya, jika dilakukan oleh terapis yang terampil dan tangan professional?

Bingung nyari terapis atau tempat pijat refleksi yang ahli dibidangnya? Anda bisa menghubungi pijat panggilan semarang, untuk menikmati pengalaman massage yang menyenangkan dan menyehatkan tanpa takut karna ditangani oleh terapi yang mumpuni serta memiliki berbagai sertifikasi pijat ya guys, Silahkan mencoba!

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *