Bisakah Seseorang Kebal Terhadap COVID-19?

motorqq
win228

covid-19

Akhir akhir ini kita kerap mendengar istilah herd immunity, apa sih arti dari istilah itu dan apa hubungannya dengan covid-19?

Baca juga: Tips Mencegah Tertular Virus Corona Menurut WHO

Herd immunity atau kekebalan kelompok adalah kondisi ketika sebagian besar orang dalam suatu kelompok telah memiliki kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu. Semakin banyak orang yang kebal terhadap suatu penyakit, semakin sulit bagi penyakit tersebut untuk menyebar karena tidak banyak orang yang dapat terinfeksi.

Memuat...

Setelah memahami istilah herd immunity, muncul pertanyaan, apakah seseorang bisa kebal terhadap covid-19? Jika seandainya bisa, untuk berapa lama?

Seperti halnya infeksi virus yang lain, pada infeksi pertama, tubuh akan merespon dengan upaya membersihkan serangan virus sampai ke akar akarnya. Dalam proses melawan virus ini, ada protein yang terbentuk dan tampil dominan melindungi tubuh. Protein tersebut disebut dengan antibodi. Sayangnya, tidak semua infeksi virus dapat membangkitkan respon ini.

Lalu, bagaimana dengan covid-19?

Terdapat beberapa bukti yang menyebutkan detemukannya protein atau antibodi pada darah penderita covid-19. Para ahli berpendapat, dengan ditemukannya antibodi pada pasien pasien covid-19 artinya mereka memiliki kekebalan terhadap virus SARS-CoV2 penyebab covid-19, meskipun dalam durasi yang pendek.

Sayangnya karena kita baru mengalami pandemi ini dalam beberapa bulan, sangat sulit untuk memastikan apakah respon kekebalan tubuh terhadap covid-19 bisa terjadi pada semua orang dan sampai berapa lama kekebalan itu bertahan. Berkaca dari varian lain virus corona, penyebab SARS, kekebalan yang muncul bisa bertahan sampai dengan dua tahun dan pada beberapa kasus bisa bertahan lebih lama.

Baca juga: Mengapa COVID-19 Bisa Lebih Parah Para Pria? Berikut Penjelasannya

Nah, berkaca dari pengalaman di atas, rasanya terlalu dini jika kita berharap herd immunity untuk mengatasi masalah covid-19 ini. Virus SARS-CoV2 masih penuh misteri dan penelitian tentang virus ini masih berlangsung. Jangan menganggap remeh dan lakukan protokol kesehatan dengan disiplin.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *