Resep Lezat Sayur Lodeh dan Tips Membuat Sayur Lodeh

sayur lodeh

Sayur lodeh makanan dengan kuah santan ini memang sangat cocok untuk disandingkan dengan nasi. Sayur lodeh juga menjadi salah satu sayur favorit di Indonesia yang hampir di masak tiap minggunya. Tidak hanya itu sayur lodeh juga sangat mudah ditemukan di rumah makan ataupun warteg dengan harga yang terjangkau. Sayur lodeh memiliki berbagai macam varian untuk sayurnya ada yang menggunakan nangka, tahu, tempe, bahkan rebung. Makanan asli suku Jawa ini sudah menyebar luas ke seluruh penjuru Indonesia. Nah untuk kalian yang belum tahu cara membuat dan apa saja resep sayur lodeh berikut ulasannya.

1, Sayur Lodeh Rebung

Untuk jenis sayur lodeh yang ini agak sedikit berbeda rasa dan bahan utamanya yang menggunakan rebung atau bambu muda. Rebung memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tetapi jarang sekali ada rumah makan yang mau mengolah rebung untuk dijadikan menu. Biasanya sayur lodeh diolah dengan nangka dan lainnya tetapi kali ini rebung lah yang menjadi bahan utamanya. Penasaran seperti apa cara pembuatannya berikut ulasannya.

Bahan-bahan/Resep:

-100 ml santan kental
-1/2 kg rebung, cuci bersih, rendam semalaman
-Gula secukupnya
-Garam secukupnya
-1/2 ikat kacang panjang
-2 biji daun jeruk
-7 buah cabai rawit (halus)
-3 buah kemiri (halus)
-8 butir bawang merah (halus)
-1 ruas lengkuas (halus)
-5 siung bawang putih (halus)
-1 buah cabai merah (halus)
-1/2 jempol kunyit (halus)

Memuat...

Cara pembuatan:

-Langkah pertama rebus rebung hingga matang, kemudian tiriskan.

-Selanjutnya rebus air hingga mendidih cukup 500 ml saja, kemudian tumis bumbu halus dan masukan daun jeruk sampai mengeluarkan bau yang harum, tuangkan bumbu halus yang sudah di tumis ke rebusan rebung, lalu tambahkan gula dan garam sesuai selera.

-Selanjutnya masukan kacang panjang dan santan lalu aduk pelan-pelan supaya santan tidak pecah.

-Terakhir kalau kacang panjang sudah matang sayur lodeh siap disajikan.

2. Sayur Lodeh Manisa Dengan Ceker

Nah jika sayur lodeh yang kita bahas di atas memiliki kuah yang kuning dan gurih berbedan dengan sayur lodeh yang satu ini. Sayur lodeh manisa ini memiliki kuah yang bening namun tetap memilih santan sebagai bumbu khas sayur lodeh. Sayur lodeh manisa memiliki perbedaan yang sangat terlihat dari bahan dan agak sedikit berbeda cara pembuatannya. Rasanya yang tidak terlalu gurih sangat cocok untuk menemani sarapan di pagi hari. Nah untuk kalian yang penasaran bagaimana cara membuatnya dan apa saja resepnya simak sebagai berikut.

Bahan-bahan/Resep:

-30 ml santan kental
-5 buah ceker ayam
-3 siung bawang merah (dihaluskan)
-4 buah udang kupas
-1 lembar daun salam
-minyak goreng secukupnya
-4 cabai rawit, biarkan utuh
-1 batang serai, memarkan
-1/2 papan tempe, potong dadu
-1/2 buah labu siam ukuran besar, potong korek api
-1/2 ruas jari kunyit (dihaluskan)
-1/2 papan tahu, potong dadu, goreng setengah matang
-2 siung bawang putih (dihaluskan)
-2 buah kemiri (dihaluskan)
-1 cabai merah (dihaluskan)

Cara pembuatan:

-Langkah pertama tumis bumbu yang suda dihaluskan, masukan serai, daun salam, dan cabai rawit tumis hingga mengeluarkan bau yang harum.

-Selanjutnya masukkan udang dan tumis sampai matang dan berubah warna, tambahkan santan dan air matang lalu tambahkan gula dan garam sesuai selera.

-Terakhir masak semua bahan hingga matang dan masukkan labu Siam hingga matang, lalu sajikan sayur lodeh manisa dengan ceker.

Nih buat jajan